Istilah manajemen produksi tentu tak asing lagi di dunia bisnis. Manajemen produksi adalah salah satu elemen penting yang mendukung kelancaran operasional bisnis.

Namun, masih banyak orang yang belum mengenal seluk-beluk elemen tersebut, terutama para fresh graduate yang baru terjun ke dunia kerja atau orang yang sebelumnya bekerja di divisi lain.

Ingin tahu apa tentang pengertian manajemen produksi, fungsi, ruang lingkup, serta manfaatnya? Yuk, simak dulu ulasan berikut ini.


Pengertian Manajemen Produksi

Manajemen produksi adalah upaya perencanaan, pengarahan, dan pengambilan keputusan di bidang kegiatan produksi untuk mencapai target perusahaan.

Konsep manajemen ini menyatukan prinsip 6M, yaitu Man (manusia), Money (uang), Machines (mesin), Materials (material), Method (metode), dan Markets (pasar).

Ada dua faktor penting yang sangat mempengaruhi keberhasilan manajemen produksi, yaitu:

  • Division of Labour: pembagian tugas secara efektif sehingga proses produksi mampu menghasilkan produk atau jasa sesuai permintaan dan selera pasar.
  • Revolusi Industri: peralihan pemanfaatan tenaga manusia ke mesin atau robot supaya target produksi tercapai. Faktor ini membuat Sumber Daya Manusia (SDM) harus berupaya meningkatkan kemampuan agar perannya tidak tergantikan kecanggihan teknologi.

Apa Saja Fungsi Manajemen Produksi?

Penulis buku berjudul Manajemen Produksi dan Operasi, Sofjan Assauri, empat fungsi manajemen produksi yang penting bagi perusahaan adalah sebagai berikut:

  • Perencanaan: berkaitan dengan proses produksi yang dilakukan pada waktu dan periode tertentu. Perencanaan yang baik dapat meminimalkan biaya produksi sehingga perusahaan bisa menentukan harga yang paling tepat dan berpeluang mendapatkan keuntungan besar. Contohnya, perusahaan yang memproduksi camilan berbahan dasar durian melakukan produksi besar-besaran saat musim durian tiba karena harga buah tersebut sedang murah.
  • Jasa Pendukung: sarana yang digunakan untuk menetapkan metode produksi dikenal dengan istilah jasa pendukung. Penentuan jasa pendukung penting agar perusahaan bisa menghasilkan produk berkualitas dan bersaing secara sehat. Contohnya, perusahaan yang memproduksi camilan melakukan upgrade terhadap mesin-mesin yang digunakan agar kapasitas produksinya meningkat dan mencapai target dalam waktu lebih singkat daripada saat menggunakan mesin teknologi lama.
  • Proses pengolahan: merupakan teknik yang digunakan untuk mengolah produk dengan memanfaatkan sumber daya secara efisien dan efektif. Contohnya, produksi camilan di suatu perusahaan harus mengikuti Standar Operation Procedure (SOP) agar kualitasnya tetap terjaga dan tidak menghasilkan sisa bahan baku dalam jumlah banyak.
  • Pengendalian atau pengawasan: proses produksi yang sudah berlangsung efektif harus diimbangi dengan pengendalian secara ketat agar seluruh proses tersebut selalu berjalan sesuai rencana. Contohnya: divisi produksi di perusahaan diperkuat tim quality control yang bertugas memeriksa kelayakan produk sebelum dikemas dan dipasarkan.

Ruang Lingkup Manajemen Produksi

Berdasarkan tingkat keputusan strategis yang mempengaruhi sistem produksi, maka ruang lingkup manajemen produksi dikelompokkan menjadi tiga, yaitu:

Keputusan dan Kebijakan Tentang Desain

Beberapa hal yang berkaitan dengan kebijakan tentang desain antara lain lokasi atau tata letak pabrik, desain job specification dan job description, teknologi pengolahan, serta desain kemasan produk. Aspek ini harus dipertimbangkan secara matang karena bersifat jangka panjang.

Keputusan dan Kebijakan Tentang Proses Transformasi

Keputusan yang satu ini mencakup jadwal produksi, shift kerja, anggaran produksi, jadwal penyerahan ke sistem pengolahan, serta jadwal penyerahan ke pelanggan.

Keputusan tentang proses transformasi bersifat jangka pendek sehingga bisa diubah berdasarkan permintaan pasar, persediaan barang, dan kondisi khusus lainnya (misalnya saat krisis akibat pandemi).

Keputusan dan Kebijakan Tentang Perbaikan

Kebijakan perbaikan harus berkesinambungan sehingga dilakukan secara rutin.

Hal-hal yang terkait kebijakan perbaikan meliputi peningkatan kualitas terhadap output produksi, keefektifan sistem, kompetensi para pekerja, perawatan sarana kerja, dan perbaikan metode pengerjaan produk secara terus menerus (continuous improvement).


Manfaat Manajemen Produksi

Implementasi manajemen produksi secara tepat dapat memberikan beberapa manfaat ini bagi perusahaan:

  • Mencapai target perusahaan: manajer yang menangani unit produksi harus bertindak secara cermat agar proses produksi berlangsung tepat sasaran karena minim biaya, menghasilkan produk berkualitas, dan tidak menyebabkan penumpukan persediaan barang secara berlebihan.
  • Meningkatkan reputasi perusahaan: kualitas produk dan jasa yang selalu terjaga akan meningkatkan reputasi perusahaan di pasaran karena dikenal mampu memberikan yang terbaik bagi pelanggan.
  • Melipatgandakan keuntungan: upaya meminimalkan biaya produksi yang berlangsung mulus akan membuat keuntungan perusahaan berlipat ganda, terutama bila omzet penjualan meningkat.
  • Mendukung perekonomian negara: jika sebagian besar perusahaan di tanah air mampu memanfaatkan sumber daya secara maksimal dan mencapai target, maka perekonomian negara akan membaik.
  • Selain itu, upaya penghematan sumber daya untuk generasi mendatang pun akan terwujud.

Jadi, apakah bisnismu sudah diperkuat oleh sistem manajemen produksi yang tepat?

Kalau belum, kamu masih punya waktu untuk memperbaikinya.

Sambil memperbaiki manajemen produksi, jangan lupa menyiapkan modal tambahan untuk mendukung kelancaran operasional bisnismu, ya.

Soal urusan modal bisnis, kamu tak perlu resah bila harus menyiapkannya.

Sekarang, KoinWorks berkomitmen membantu para pengembang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tanah air melalui layanan KoinBisnis.

KoinBisnis adalah fasilitas pinjaman tanpa agunan yang dapat dimanfaatkan untuk memperoleh tambahan modal bisnis.

Bunga cicilan yang rendah (berkisar antara 0,75% sampai 1,67%), proses pencairan dana yang cepat, dan cara membayar cicilan yang mudah membuatmu tak perlu ragu memanfaatkan KoinBisnis.

Layanan KoinWorks yang satu ini sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga keamanannya terjamin.

Yuk, cari tahu info selengkapnya soal KoinBisnis yang akan memfasilitasi kelancaran bisnismu.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.