Pernah mendengar tentang LSI Keyword? Apa itu LSI Keyword?

Google senantiasa berinovasi demi menyajikan performa terbaik bagi warganet di seluruh penjuru dunia.

Platform penyedia mesin pencarian internet terpopuler di dunia tersebut juga selalu melakukan perbaikan sistem algoritma untuk memaksimalkan hasil pencarian.

Salah satu komponen algoritma yang sangat berpengaruh terhadap hasil pencarian di Google adalah LSI keyword.

Kepanjangan LSI adalah Latent Semantic Indexing .

Baca juga: Melihat Tantangan Dan Solusi Transformasi Digital Bisnis Lokal Indonesia

Kalau kamu ingin mempelajari LSI keywords secara mendalam agar bisa mengaplikasikannya dalam konten yang kamu sajikan, yuk simak dulu ulasan selengkapnya berikut ini:


Apa Itu LSI Keyword?

LSI keyword adalah sekumpulan kata kunci pendukung yang berkaitan dengan kata kunci utama.

Prinsip kerja LSI sebenarnya sangat rumit karena menggunakan rumus matematika yang kompleks untuk menerjemahkan hubungan antar kata.

Contohnya, kata kunci tips bisnis modern memiliki beberapa LSI seperti trend bisnis 2021, jenis-jenis bisnis modern, dan contoh bisnis modern di Indonesia.

Jika kamu melakukan pencarian di internet dengan kata kunci tips bisnis modern, maka Google akan memperlihatkan konten dengan cakupan yang lebih luas karena banyak sekali konten yang mengandung kata kunci tersebut.

Oleh sebab itu, kamu harus lebih cermat menggunakan LSI bila ingin membuat atau mencari konten di internet sehingga hasil pencariannya jadi lebih spesifik.


Tips Efektif Mencari LSI Keyword

Kalau kamu ingin membuat artikel berbobot yang mudah muncul pada halaman pertama mesin pencarian, sebaiknya kamu menyertakan LSI yang tepat.

Sebelum membuat artikel, jangan lupa mencoba beberapa tips ini untuk mendapatkan LSI yang berhubungan dengan kata kunci utama:

Memanfaatkan Fitur Autocomplete di Google

Fitur Autocomplete di Google sangat bermanfaat untuk mempermudah proses pencarian kata kunci.

Misalnya, saat kamu mengetik kata “bulan”, kolom pencarian Google akan menampilkan referensi kata kunci yang bisa kamu gunakan seperti bulan sabit, bulan puasa, dan bulan ramadhan 2021.

Autocomplete menunjukkan kata kunci yang paling sering digunakan warganet.

Konten-konten yang memuat kata kunci populer tersebut akan muncul di posisi teratas mesin pencarian.

Baca juga:Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas


Melihat Hasil Pencarian Terkait

Proses mencari LSI keyword di Google juga bisa dilakukan dengan melihat hasil pencarian terkait.

Ketika mesin pencarian menampilkan hasil berdasarkan kata kunci yang kamu gunakan, bagian halaman paling bawah akan menampilkan hasil penelusuran terkait.

Contohnya, bila kamu menggunakan kata kunci resep makanan sehat, maka hasil penelusuran terkait akan menampilkan beberapa opsi lain, yaitu resep makanan sehat untuk diet, resep makanan sehat sederhana, resep makanan sehat tanpa minyak, dan resep masakan kuah sehat.

Baca juga: 4 Tips Meningkatkan Jumlah Share Artikel Website Anda


Menggunakan LSI Keyword Tools

Kamu juga bisa mengandalkan LSI keyword tools untuk mendapatkan kata kunci pendukung yang populer. Beberapa LSI keyword tools yang sering digunakan warganet antara lain:

  • LSI Keywords: perangkat gratis yang satu ini menyediakan tiga metrik, yaitu Monthly Volume (rata-rata hasil pencarian kata kunci tertentu dalam waktu satu bulan), CPC (jumlah yang dibayar pengiklan untuk setiap klik kata kunci melalui fitur Google Ads), dan Competition (mengukur jumlah pengiklan yang mengincar keyword tersebut).
  • Google Keyword Planner: selain berfungsi untuk membantu pengguna Google Ads mencari kata kunci terbaik ketika membuat iklan, perangkat ini juga bisa dimanfaatkan untuk mencarinya.
  • UberSuggest: perangkat gratis ini memiliki kualitas yang tak kalah istimewa dibandingkan Google Keyword Planner. Bahkan, kamu bisa melihat tren pencarian kata kunci dalam kurun waktu tertentu sehingga kamu dapat memilih LSI keyword paling populer.

Baca juga: Cara Membuat Artikel SEO Friendly


Memperhatikan Google Image Tags

Cara sederhana berikutnya untuk menemukan LSI keyword terpopuler adalah melakukan pencarian di Google Image.

Contohnya, jika kamu melakukan pencarian dengan kata kunci resep makanan sehat di Google Image, maka ada beberapa tag yang muncul seperti jantung, penyakit jantung, ibu hamil, makan siang, sayur, dan penderita jantung. Beberapa tag tersebut dianggap sebagai LSI keyword karena relevan dengan kata kunci utama yang kamu gunakan.

Bagaimana Cara Terbaik Menggunakan LSI Keywords?

Kalau ingin menggunakan LSI keyword untuk menyempurnakan artikel yang kamu buat, kamu harus melakukan beberapa cara berikut ini:

  • Menyertakan LSI keyword pada judul artikel.
  • Memasukkan LSI keyword pada bagian Meta Description (meta tag).
  • Menggunakan LSI keywords dengan intensitas secukupnya pada artikel agar tidak menimbulkan keyword stuffing (penilaian buruk yang diberikan Google untuk artikel yang dianggap memuat kata kunci secara berlebihan hingga terkesan tidak wajar).

Kalau kamu sudah memahami konsep Latent Semantic Indexing (LSI) dan cara memanfaatkannya, niscaya kamu bisa membuat konten yang menarik dan populer untuk mendukung bisnismu.

Artikel yang dilengkapi kata kunci utama dan LSI yang tepat pasti lebih mudah muncul di halaman teratas mesin pencarian.

Sambil mempelajari strategi digital marketing, jangan lupa menyiapkan modal untuk memperbesar bisnismu, ya.

Bila kamu sedang membutuhkan pinjaman modal usaha, kamu bisa mengandalkan KoinBisnis dari KoinWorks.

KoinBisnis adalah layanan pinjaman tanpa agunan yang bertujuan membantu para pebisnis yang butuh tambahan modal.

Tak perlu khawatir soal masalah legalitasnya karena KoinBisnis terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kamu berkesempatan mengajukan pinjaman hingga 2 milyar rupiah dengan bunga cicilan rendah (antara 0,75% hingga 1,67%).

Pencairan dananya hanya butuh waktu satu hingga tiga hari sehingga tidak membuatmu menunggu lama.

Pembayaran cicilan bulanan bisa dilakukan dengan mudah melalui nomor rekening virtual sehingga kamu bisa melunasinya via ATM, mobile banking, atau internet banking.