HomeMemulai BisnisStartup Decacorn Indonesia Beserta Contohnya

Startup Decacorn Indonesia Beserta Contohnya

Startup Decacorn Indonesia – Pelaku bisnis mana yang tidak ingin usahanya mencapai titik kesuksesan yang amat sangat? Tentu semua menginginkannya. Kesuksesan dalam berwirausaha tidak semata-mata didapatkan begitu saja, pastinya ada berbagai macam usaha yang dilakukan untuk sampai pada titik tersebut. Salah satu tolak ukur kesuksesan sebuah usaha biasanya dinilai dari penghasilannya dan juga keberdayaannya di masyarakat. Hal inilah yang nantinya dapat menggiring bisnis menjadi penyandang status tertentu jika sudah mencapainya. Sebut saja decacorn, kelanjutan dari unicorn dan jalan menuju hectocorn, sebagai hasil dari jerih payah suatu bisnis dalam menuai sukses. Apa sih decacorn itu? Yuk, kita bahas bersama agar lebih mengenal lagi!

Mengenal Startup Decacorn

Sebagai salah satu status yang disandang oleh bisnis startup, decacorn merupakan tolak ukur bahwa kesuksesan suatu bisnis telah melampaui unicorn. Alasannya, pada titik ini bisnis sudah memiliki nilai lebih dari US$ 10 Miliar sehingga bisa dibilang sudah berada di level menengah, meninggalkan unicorn pada level terendah.

Selain itu, untuk mencapai level ini tentu saja membutuhkan waktu. Bagaimana tidak? Sebuah bisnis harus bisa mencapai level unicorn terlebih dahulu sebelum nantinya berkembang ke arah decacorn. Itu sebabnya perlu ditingkatkan komponen dari berbagai sisi di dalam bisnis, mulai dari kinerja para karyawan, nama baik bisnis itu sendiri hingga bagaimana perannya untuk mengubah hidup para konsumen.

Mencapai titik decacorn memang bukan perkara mudah bagi bisnis startup. Dunia pun baru memiliki sekitar 20 perusahaan startup yang sudah mencapai level decacorn, diantaranya adalah Bytedance, Uber, WeWork, Airbnb, SpaceX, Pinterest, Grab, dan masih banyak lagi. Memang tidak mudah untuk mencapai level ini, diperlukan konsistensi dalam berbisnis dengan skala besar dan menyeluruh di segala komposisinya.

Startup Decacorn Di Indonesia

Lalu bagaimana dengan startup decacorn di Indonesia sendiri? Melihat jumlahnya yang belum banyak di dunia sekalipun, Indonesia seharusnya cukup berbangga karena ternyata ada perusahaan asli anak bangsa yang terlah mencapai level decacorn.

Pada tahun 2019, Go-Jek berhasil mencapai titik tersebut, yaitu US$ 10 miliar. Hal ini ditandai dengan masuknya investasi berjumlah besar dari Formation Group, Sequioa Capital India dan Warburg Pincus.

Bukan hanya itu, beberapa nama besar lainnya yang juga ikut mendanai adalah Google, JD.com, Tencent Holdings, Astra International dan Djarum Group. Go-Jek pun terus melakukan ekspansi hingga saat ini beberapa layanannya dapat dinikmati oleh beberapa negara di Asia Tenggara.

Disamping itu, perusahaan saingan asal Singapura yang juga beroperasi di Indonesia telah lebih dulu menjadi startup decacorn di tahun yang sama. Hal ini didapatkan setelah Grab melakukan merger dengan Uber dan menjadikannya layanan transportasi digital terbesar di Asia Tenggara. Hingga kini, nilai Grab sudah mencapai US$ 11 miliar dan telah beroperasi di 366 kota.

Walaupun baru terdapat satu perusahaan startup decacorn Indonesia yang asli besutan anak bangsa, tidak menutup kemungkinan lainnya bahwa akan muncul startup dengan valuasi tinggi lainnya.

Beberapa bahkan sudah diperkirakan akan segera menggapainya pada suatu saat nanti, yaitu Tokopedia dan Traveloka. Masing-masing telah menjadi perusahaan startup unicorn dengan nilai sebesar US$ 7 Miliar dan US$ 1 Miliar. Hal ini tentu akan tidak mudah mengingat pandemi yang terus bergulir hingga saat ini dan cukup mempengaruhi berbagai aspek dalam kehidupan masyarakat dan juga bisnis.


Itu dia pembahasan mengenai startup decacorn Indonesia, cukup inspiratif kan? Jika kamu tertarik untuk menjadi wirausahawan sukses yang bisnisnya akan menginjak level decacorn suatu hari nanti, KoinWorks siap untuk mewujudkan mimpimu.

Lewat KoinBisnis kamu bisa mendapatkan akses permodalan usaha dengan mudah hingga Rp 2 miliar. Bunga cicilannya pun rendah, yaitu sekitar 0.75%  sampai 1.67% per bulan. Yang pasti kamu tidak perlu khawatir, karena KoinWorks sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, wujudkan bisnis impianmu!

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Apa Itu Valuasi: Cara Menghitung, Manfaat, dan Faktornya

Ketika mendengar berita, membaca artikel, ataupun melakukan diskusi seputar ekonomi dan investasi, kamu akan sering menemukan suatu istilah penting yakni valuasi. Istilah ini memang...

Apa itu Newsletter? Ini Manfaat dan Cara Membuatnya

Mungkin kamu belum memahami betul apa itu newsletter? Namun, tanpa sadar kamu bisa saja sudah menemukannya jika sering memeriksa email. Email yang berisikan promosi...

Apa itu Profit? Berikut Jenis dan Cara Menghitungnya

Melakukan bisnis harus melalui berbagai riset dan strategi, terutama dalam pengembangan produk dan pemasaran. Apabila kamu telah melakukan pemasaran dengan baik, maka kamu akan...

Ketahui Apa Itu ROI dan Cara Penghitungannya!

Setiap investasi pasti memiliki resiko keuntungan dan kerugian. Oleh karena itu, kedua aspek untung dan rugi tersebut perlu dilakukan perhitungan dan proyeksi terhadap investasi...

Apa Itu Seed Funding? Begini Cara Mendapatkannya

Apa itu seed funding? Seed funding adalah pendanaan tahap awal berbasis ekuitas yang dilakukan secara resmi. Setiap perusahaan pasti membutuhkan modal awal untuk bisa...
Berlangganan Email

Berlangganan Email

Dapatkan panduan mengembangkan bisnis gratis lewat email. Masukkan email Anda dan dapatkan panduannya!

You have Successfully Subscribed!