HomeIde BisnisCara Berjualan di Shopee untuk Pemula Cepat dan Mudah

Cara Berjualan di Shopee untuk Pemula Cepat dan Mudah

Cara Berjualan di Shopee untuk Pemula – Sebagai pebisnis dan pelancong internet, tentunya anda tidak asing mendengar nama Shopee. Website yang identik dengan warna oranye ini menjadi idaman para pembeli untuk berbelanja secara online. Sampai sekarang Shopee adalah marketplace paling tenar yang ada. Dengan menjual berbagai macam barang dan kebutuhan, Shopee juga menawarkan berbagai macam bonus dan diskon yang tentunya selalu menarik minat beli.

Karena banyaknya pembeli, tentu saja banyak penjual yang mulai membuka bisnis di website marketplace satu ini. Para penjual ini tentu saja menjual berbagai macam kebutuhan baik itu berupa pangan maupun mangan.

Sebelum masuk ke tutorial cara berjualan di shopee, alangkah lebih baiknya jika kamu mengerti apa yang dimaksud dengan Shopee.


Apa Itu Shopee?

Shopee adalah situs komersial online yang mempunyai kantor pusat di Singapura. Website jual beli yang populer ini resmi rilis pada pasar online sejak 2015. Enam tahun berjalan, Shopee dengan cepat berkembang karena menawarkan bonus-bonus gratis ongkir dan bonus lainnya. 

Sampai hari ini, Shopee sudah membuka cabang kantor pada berbagai Negara, seperti Malaysia, Thailand, Indonesia, dan lain-lain.

Pada tahun 2017 lalu, Shopee menempati peringkat paling atas sebagai pilihan platform belanja bagi para warga Indonesia dengan total unduhan aplikasi sebanyak 80 juta orang. Baik dari smartphone, maupun dari web laptop.


Keuntungan Berjualan Pada Platform Shopee

Sebagai platform bisnis paling populer pada warga Indonesia setiap kalangan, memiliki toko online Shopee tentu saja sangat menggugah minat para penjual. Namun, sebelum kita memasuki dunia perdagangan Shopee. Tentunya kita harus tahu dulu, dong, Apa-apa saja sebenarnya keuntungan dari memiliki toko online di Shopee.

1. Promo Gratis Ongkir

Sebagai penjual online yang memasarkan bisnisnya pada jaringan internet, tentu saja kita tidak bisa selalu berharap pelanggan kita tinggal pada daerah yang sama dengan kita. Dengan kondisi alamat kirim yang jauh dan mungkin saja mahal, hal itu tentu saja menjadi momok untuk penjual.

Apalagi jika barang yang kita kirim lebih murah dari ongkos kirim. Mengesalkan, bukan? Maka dari itu, Shopee memanjakan para seller nya dengan memberi promo gratis ongkir pada pembeli. Hal ini tentu saja membuat jualanmu bisa laris manis karena para pembeli senang bertransaksi denganmu.

Baca juga: Seller, Ini Cara Daftar Gratis Ongkir Shopee

2. Pengiriman Paket yang Mudah

Keuntungan berjualan di shopee yang akan menjadi salah satu alasan berjualan di Shopee selanjutnya adalah karena pengiriman paketnya yang mudah. 

Pada setiap penjualan suatu produk, Shopee akan secara otomatis menghubungkan anda dengan layanan pengiriman paket yang ada. Hal ini tentu saja memudahkan penjual karena penjual hanya perlu mencatat kode pengiriman barang saja.

3. Modal Berkurang

Salah satu keuntungan lainnya adalah modalmu sebagai penjual berkurang drastis. Jika kamu berjualan offline, tentu kamu harus membayar berbagai sewa yang ada. Sewa-sewa tersebut seperti sewa toko, sewa situs pengiklan, dll.

4. Promo yang Luas

Dengan sistem online Shopee, tentu saja kamu tidak perlu khawatir akan sistem operasional. Pelangganmu bisa tetap melihat barang jualanmu selagi kau tertidur. Anda juga tidak perlu khawatir barang anda akan hilang karena semua transaksi jual beli dilakukan secara online.

Baca juga: Flash Sale Shopee, Bagaimana Cara Daftarnya Bagi Seller?


Sistem Berjualan di Shopee

Sistem dan cara berjualan di Shopee dilakukan online secara keseluruhan. Anda diharuskan memasarkan barang jualan anda pada akun khusus milik anda, lalu para pembeli akan melihat iklan dan penawaran anda. Jika mereka tertarik untuk membeli, mereka akan menghubungi anda melalui tombol khusus yang tersambung.

Setelah itu, para pembeli haruslah terlebih dahulu membayar barang yang akan mereka beli lalu pihak Shopee akan mengirimkan notifikasi pada anda. Notifikasi tersebut mewajibkan anda mengirimkan barang dengan batas waktu. Batas waktu pengiriman pada Shopee berbeda-beda sesuai dengan permintaan. Ada barang yang membutuhkan waktu satu sampai tiga hari untuk pengiriman, namun beberapa barang juga membutuhkan waktu sampai satu minggu.

Baca juga: 5 Cara Menjadi Reseller di Shopee dengan Mudah

Untuk kasus-kasus tertentu yang mengharuskan barang wajib terlebih dahulu memesan atau sistem PO atau pre order. Para pembeli harus menunggu sekitar dua sampai satu bulan sampai barang selesai kirim.

Jika barang sudah terkonfirmasi sampai ke tangan pembeli, Shopee akan otomatis mentransfer uang pembelian ke rekening penjual. Uang tersebut sebelumnya akan masuk ke rekening Shopee sampai pembeli mengkonfirmasi pembeliannya. Hal ini tentu saja dilakukan untuk mencegah penipuan pada kedua belah pihak.

Lalu selain dari sistem penjualan yang telah tersebut sebelumnya, Shopee juga menghadirkan sistem COD. Sistem COD adalah sebuah sistem dimana para pembeli akan membayar uang pembelian saat barang sudah sampai ketangannya. Hal ini kurang populer pada kalangan penjual karena banyaknya para pembeli yang tidak jadi membeli setelah barang sudah sampai.

Baca juga: Cara Menjadi Dropshipper Di Shopee, Mudah, Tanpa Modal!


Cara Berjualan di Shopee untuk Pemula

Untuk anda yang ingin memulai berjualan di Shopee, namun tidak mengerti caranya, berikut cara berjualan di shopee

  1. Pertama, anda haruslah mendaftar untuk membuat sebuah akun pada Shopee. Hal ini membutuhkan nomor anda untuk memverifikasi pendaftaran.
  2. Pada aplikasi Shopee, klik tombol “Akun saya” lalu tekan pilihan “Mulai Menjual” yang ada pada aplikasi tersebut.
  3. Pilih tombol “Tambah produk baru”. Hal ini bertujuan agar anda memasukan produk baru anda ke halaman Shopee agar para pembeli dapat melihatnya.
    Tambah Produk Shopee
  4. Pada halaman produk, tulis nama produk anda dan pilih kategori apa yang ingin anda jual.
    Tulis Nama Produk Shopee
  5. Lalu, anda haruslah memasukkan spesifikasi barang yang ingin anda jual. Hal ini termasuk nama produk, deskripsi produk, kategori produk, nama brand, dan lain-lain.
    Masukkan Spesifikasi Barang
  6. Masukkan harga, jumlah stok, variasi produk, dan promo (jika ada).
    Masukkan Harga Jumlah Barang
  7. Setelah itu anda harus memasukkan foto produk anda untuk dapat mengiklankan produk anda kepada para pembeli. Terdapat 9 foto yang dapat anda masukkan dan juga 1 video jika ada.
    Tambahkan Foto Produk
  8. Anda harus memasukkan beberapa komponen penting pada barang anda yang bertujuan untuk pengiriman. Hal itu seperti berat produk, ukuran, dan opsi perusahaan pengiriman seperti pada berikut.
    Masukkan penyedia pengiriman barang
  9. Anda juga bisa mengaktifkan mode preorder jika barang anda mengharuskan pembelian luar.
    Bisa Mengaktifkan menu preorder
  10. Setelah itu, klik selesai maka produk anda sudah dapat terjual kepada pembeli.
    Selesaikan Penambahan Produk

Tips-Tips Sukses Cara Berjualan di Shopee

Setelah melihat bagaimana cara berjualan di shopee, kamu juga harus mengetahui beberapa tips suksesnya. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan:

1. Foto yang menarik

Untuk dapat sukses berjualan, foto produk memang sangatlah penting untuk anda pertimbangkan. Pastikan produk yang anda jual terpotret dengan jelas dan menarik. Agar para pembeli menyadari bahwa toko anda adalah toko professional.

Semakin HD foto anda, akan semakin bagus produk anda untuk mata para pembeli.

2. Beri Deskripsi Produk yang Jelas

Sebagai Salah satu hal yang tampil pada setiap produk yang terpilih oleh pembeli, pasti para pembeli membaca deskripsi produk. Deskripsi produk yang tertulis jelas dan bagus akan semakin menarik minat pembeli untuk membeli barang anda.

Usahakan memakai EYD yang baik, dan jangan terlalu bertele-tele untuk memasarkan barang anda. Ada baiknya anda to the point dan jangan membuat deskripsi yang terlalu panjang. Buatlah deskripsi yang singkat namun informative tentang barang yang anda jual.

Baca juga: Upload Produk di Shopee Pakai HP, Begini Caranya!

3. Jadilah Penjual yang Ramah

Kata orang, pembeli adalah raja. Hal ini tentu saja tetap berlaku walaupun anda berjualan pada toko online. Layani para pembeli anda dengan baik dan ramah. Jangan terlalu terbawa hati jika pada akhirnya para pembeli anda tidak jadi membeli barang yang anda jual. Sebaliknya, beritahu pada mereka bahwa anda tetap akan menunggu jika mereka ingin kembali untuk berbelanja.

4. Lakukan Promosi

Sebagai para penjual, pastilah kita pernah merasakan menjadi seorang pembeli. Maka dari itu anda pasti tahu bahwa sifat para pembeli adalah ingin selalu untung. Barang yang berkualitas dan murah akan menjadi barang yang memenangkan hati para pembeli. Maka dari itu, usahakanlah barang anda memiliki promo yang dapat menarik minat.

5. Beri Harga Terbaik

Harga yang anda patok juga sangat berpengaruh untuk performa toko anda. Jangan menjual barang yang tidak sinkron dengan harga. Pastikan harga barang yang anda jual tidak terlalu mahal untuk barang yang memiliki keuntungan yang pasti. Contohnya : anda menjual mainan toyo biasa dengan harga seratus ribu.

Baca juga: Cara Membuat Diskon Shopee, Mudah dan Cepat!

Seperti itulah tips dan cara berjualan di shopee. Semoga artikel ini membantu anda untuk dapat mengembangkan toko online yang baik dan menguntungkan. Selamat mencoba!


Temukan berbagai informasi memulai bisnis dan ide bisnis lainnya hanya di entrepreneurcamp.id.



Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Pengertian Produk Digital dan Cara Menjualnya

Sejak pandemi, bisnis online semakin marak bermunculan dengan produk yang semakin variatif. Hal ini juga membuat kita menyadari bahwa tingginya peluang bisnis di ranah...

Jenis-Jenis Pembayaran Online yang Perlu Diketahui

Jenis-jenis Pembayaran Online - Sebagai seorang shoppaholic rasanya tidak afdol kalau belum pernah mencoba belanja online. Selain mudah untuk dilakukan, belanja online juga lebih...

Apa itu COD? Bagaimana sistem COD bekerja dan manfaatnya?

Apa itu COD? - Pasti kamu pernah mendengar soal pemberitaan mengenai pembeli yang bersitegang dengan kurir saat menerima paket. Diketahui pembeli tersebut menggunakan sistem...

Mini Survey
Dapatkan ebook untuk meningkatkan performa toko onlinemu dengan cara isi survey ini