HomeIde BisnisCara Dropship di Tokopedia & Tips Sukses untuk Pemula

Cara Dropship di Tokopedia & Tips Sukses untuk Pemula

Cara Dropship di Tokopedia –  Bisnis dropship merupakan usaha yang berpeluang untuk dilakukan saat ini. Terlebih karena modalnya yang minim, sehingga membuat para pemula dalam bisnis tertarik untuk mencobanya.

Banyak platform yang dapat digunakan sebagai media untuk memulai bisnis dropship, salah satunya adalah menggunakan e-commerce. Dalam hal ini, Tokopedia bisa menjadi salah satu opsinya. Sebagai salah satu paltform belanja online favorit Indonesia, Tokopedia memiliki banyak sekali pengguna. Latar belakangnya pun bermacam-macam, mulai dari kelas menengah hingga atas.

Tokopedia juga memiliki sistem dropship yang bisa kamu gunakan. Lewat sistem dropship ini, kamu tidak perlu mengeluarkan modal besar-besar. Cukup memasarkan produk yang kemudian jika ada pemesanan diteruskan kepada supplier utama.

Baca juga: Apa Itu Dropshipper dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Walaupun terbilang mudah tetap ada beberapa kebijakan tertentu yang harus diikuti agar dapat menjadi dropshipper di Tokopedia. Lantas, bagaimana caranya? Berikut kami rangkum di bawah ini cara dropship di Tokopedia yang mudah untuk pemula. Yuk, simak bersama!

Cara Dropship di Tokopedia

Sudah memutuskan akan menjual apa dan mendapatkan supplier yang sesuai? Kini saatnya kamu membuat akun penjual di Tokopedia. Sama seperti saat menjadi pembeli, untuk menjadi dropshipper di Tokopedia kamu juga perlu untuk membuat akun.

Berikut langkah cara dropship di Tokopedia:

  • Buatlah akun Tokopedia sebagai pembeli seperti biasa, kemudian jika sudah bergabung baru registrasikannya sebagai toko.
  • Selanjutnya kamu bisa membuka toko dengan mengetik “buka toko” pada kolom pencarian.
  • Setelah itu, kamu bisa memasukkan beberapa data yang diperlukan, seperti nama, domain toko dan juga alamat.
  • Jika sudah terdaftar, kamu bisa segera menambahkan produk untuk memulai proses berjualanmu.
  • Pastikan untuk mengupload foto yang menarik dengan resolusi baik agar tetap signifikan. Selain itu, kamu juga perlu menambahkan deskripsi produk supaya lebih ramah pembeli.

Baca juga: Cara Dropship dari Tokopedia ke Shopee? Gampang Banget!

Syarat Berjualan Sebagai Dropship di Tokopedia

Dilansir dari tokopedia.com, sebagai seorang dropshipper kamu tidak diperbolehkan melakukan internal drosphipper, dimana penjual di Tokopedia membeli produk dari sesama penjual di Tokopedia juga setelah itu menjual kembali kepada pembeli di Tokopedia. Perihal ini disebabkan satu nomor resi cuma bisa diinput oleh satu penjual. Untuk lengkapnya mengenai syarat dropship Tokopedia bisa dilihat disini.

Baca juga: Keuntungan dan Cara Menjadi Power Merchant Tokopedia


Tips Sukses Menjadi Dropship di Tokopedia

Berfokus Pada Satu Bidang

Pertama-tama, cara dropship di Tokopedia yang bisa kamu lakukan adalah berfokus pada satu jenis bidang. Dalam artian, kamu harus memilih salah satu kategori produk dalam bidang tertentu yang nantinya akan kamu jual. Sebagai contoh, kamu memiliki minat dalam bidang kecantikan, kamu bisa memilih untuk menjadi dropshipper skin care atau make up.

Tujuannya agar kamu lebih maksimal dalam mengembangkannya dan juga mempermudah saat menentukan strategi marketing kepada target audiens. Pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu agar kamu dapat menemukan supplier terpercaya yang menjual produk berkualitas dan original. Jangan lupa untuk selalu memilih produk yang memiliki prospek baik kedepannya untuk selalu diminati dan dibutuhkan oleh audiens.

Baca juga: Praktis, Ini Cara Upload Produk Tokopedia Lewat HP

Cari Tahu Tentang Kompetitormu

Setelah mengetahui akan menjual apa, ini saatmu untuk mencari tahu tentang kompetitormu. Ada banyak dropshipper lain yang juga menjual hal serupa, untuk itu perlu bagimu mencari tahu strategi apa yang digunakan oleh mereka. Dari sana, kamu juga dapat mengetahui kira-kira bentuk marketing apa yang akan menarik target audiensmu.

Manfaatkan mesin pencari untuk mengetahui produk apa yang tren untuk dicari oleh audiens. Setelah mendapatkan informasi, kamu bisa kembali fokus dengan tokomu. Dengan memanfaatkan cara dropship di Tokopedia yang satu ini kamu akan mempertajam analisa dan memperkaya insight dalam risetmu.

Itulah beberapa cara dropship di Tokopedia yang bisa kamu lakukan, sekalipun kamu masih pemula dalam berbisnis. Jika tertarik untuk mengembangkan bisnis lebih jauh lagi, KoinWorks bisa menjadi solusi finansialmu.

Baca juga: Cara Menjadi Dropshipper Di Shopee, Mudah, Tanpa Modal!


Melalui KoinBisnis, kamu bisa mendapatkan pinjaman modal usaha yang terjangkau dan aman. Jumlahnya hingga Rp 2 miliyar dan dengan bunga cicilan yang rendah antara 0.75% – 1.67% per bulan. Keamanannya pun terjaga, karena KoinWorks telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Untuk menggunakannya, cukup unduh aplikasi KoinWorks dan toko online-mu akan terintergrasi secara otomatis. Jadi, pastikan memulai bisnismu untuk berkembang dengan cara cepat, tepat dan mudah!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Miliki 12 Karakter Wirausahawan Sukses Berikut Ini

Karakteristik Wirausahawan Sukses- Menjadi seorang entrepreneur atau wirausahawan yang sukses membutuhkan karakter yang kuat agar dapat bertahan menghadapi segala tantangan dalam berbisnis yang penuh dengan...

Cara Membuat Website dengan Wix. Gratis, Mudah dan Cepat

Membuat Website Dengan Wix - Dewasa ini, website merupakan salah satu kebutuhan penting bagi suatu usaha bahkan untuk perorangan untuk keperluan branding maupun marketing....
Berlangganan Email

Berlangganan Email

Dapatkan panduan mengembangkan bisnis gratis lewat email. Masukkan email Anda dan dapatkan panduannya!

You have Successfully Subscribed!