HomeMemulai BisnisCara Berjualan di Marketplace Lokal untuk Pemula

Cara Berjualan di Marketplace Lokal untuk Pemula

Cara Berjualan di Marketplace – Saat ini tren belanja online semakin meningkat. Dengan semua kemudahannya, berbelanja online memang sangat menguntungkan. Karena tren ini juga, kamu sebagai penjual tentu harus bisa menyesuaikan. Setidaknya kamu juga harus mengerti bagaimana cara berjualan di marketplace.

Cara ini akan sangat berguna untuk menambah daya saing kamu. Dengan paham akan cara ini maka kamu bisa menambah pelanggan kamu. Berjualan di marketplace tentu akan membuat usaha kamu menjadi mudah orang cari.

Baca juga: Cara Menjadi Reseller Lazada dengan Mudah dan Cepat


Cara Berjualan di Marketplace

Saat ini saja, sudah banyak marketplace yang bisa kamu gunakan. Masing-masing marketplace tersebut memiliki keunggulan dan pasarnya sendiri. jika usaha kamu cocok dengan pasar pada marketplace A maka mungkin kamu bisa saja hanya membuak toko online di marketplace A tersebut. Tetapi kamu pastinya ingin memaksimalkan potensi yang ada. Maka tidak ada salahnya jika kamu juga membuka toko online di martketplace lainnya.

Hal tersebut merupakan salah satu cara berjualan di marketplace. Sama seperti berjualan secara offline ataupun konvensional. Berjualan di marketplace juga membutuhkan cara dan trik khusus. Tentunya agar barang dagangan kamu laku dan juga kamu memiliki banyak konsumen setia. Berikut adalah beberapa cara berjualan di marketplace yang bisa kamu lakukan

Baca juga: Tips Sukses Berjualan di Sosial Media dengan Mudah

1. Buat Toko Online di Beberapa Marketplace

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya jika tiap marketplace memiliki pasarnya sendiri. oleh karena itu, dengan kamu memiliki toko online di tiap marketplace maka sama saja dengan kamu membuka peluang untuk mendapatkan pasar yang baru.

Selain itu, cara berjualan di marketplace dengan memiliki toko di tiap platform ini juga akan sangat membantu dan memudahkan konsumen kamu. Hal tersebut karena banyak orang yang hanya mencari pada satu marketplace saja.

Selain itu, dengan membuat toko online di semua marketplace juga akan membuat usaha kamu memiliki pasar yang sangat luas. Cara ini juga menjadi keuntungan tersendiri bagi perkembangan usaha kamu.

Baca juga: Keuntungan dan Cara Menjadi Power Merchant Tokopedia

2. Lengkapi Profil Toko

Hal penting lainnya yang juga perlu kamu perhatikan ketika membuat toko online adalah masalah profil toko. Dalam marketplace, profil ini merupakan informasi tentang toko kamu. Semakin lengkap tentu akan semakin membantu kamu dalam berjualan. Profil toko yang lengkap juga bisa menjadi salah satu cara untuk membuat pelanggan kamu yakin dengan toko kamu.

Sebisa mungkin tulislah seraca rinci apa saja informasi tentang toko kamu. Dari mulai alamat, no telepon, nama pemilik, dan lainnya. Selain itu, yang tidak kalah penting pada bagian profil ini adalah gunakanlah foto profil yang baik.

Foto profil ini akan menjadi semacam logo bagi bisnis kamu. Nantinya hal ini juga akan menjadi cara kamu untuk mendapatkan brand awareness dari para pengunjung toko kamu.

Baca juga: Produk Tidak Muncul di Shopee? Ini Alasannya!

3. Siapkan Produk Berkualitas yang Bisa Bersaing di Pasaran

Dalam berjualan barang apa yang kamu dagangkan juga merupakan hal yang sangat perlu kamu perhatikan. Pastikan semua barang yang kamu tawarkan memiliki kualitas yang sangat baik agar bisa bersaing dengan para kompetitor.

Selain itu, dengan menjual barang berkualitas juga akan menjadi salah satu cara untuk membuat konsumen kamu membeli kembali di toko kamu. Menjual barang berkualitas merupakan cara berjualan di marketplace yang sangat perlu kamu perhatikan.

Dengan menjual barang berkualitas juga bisa menjadi salah satu cara kamu untuk membuat pelanggan puas. Sehingga ini akan membuat rating dari toko kamu juga meningkat.

Baca juga: Laris Manis! Ini dia Tips Jualan di Bukalapak

4. Lengkapi Deskripsi Produk dan Gambar Produk

Jika pada belanja offline, pembeli bisa mencoba dan merasakan bagaimana produk yang kamu jual. Namun hal ini tidak akan bisa mereka lakukan jika berbelanja dengan online. Maka satu-satunya cara mereka mengetahui spesifikasi barang yang akan mereka beli adalah lewat informasi atau deskripsi produk dan juga gambar produk yang kamu upload.

Dari penjelasan di atas sudah terlihat betapa pentingnya sebuah deskripsi dan juga gambar produk. Ini bisa menjadi salah satu hal yang mempengaruhi konsumen untuk jadi berbelanja di tempat kamu atau tidak. Informasi produk yang sedikit akan membuat konsumen ragu dengan barang di toko kamu.

Selain itu member banyak informasi justru akan memudahkan konsumen untuk memutuskan apakah mereka jadi membeli atau tidak. Gambar produk juga bisa menjadi faktor yang bisa menarik pelanggan. Untuk itulah kamu juga perlu menggunakan gambar produk yang menarik.

Baca juga: Tips Membuat Deskripsi Produk Toko Online

5. Beri Banyak Pilihan Jasa Pengiriman

Salah satu dampak dari perkembangan belanja online adalah saat ini banyak juga jasa ekspedisi atau pengiriman yang tersedia. Masing-masing jasa pengiriman memberikan keuntungan masing-masing. Ada yang cepat sampai. Ada yang murah ongkos kirimnya. Dan lainnya.

Menyediakan banyak pilihan dalam masalah jasa pengiriman ini juga merupakan salah satu cara berjualan di marketplace yang perlu kamu pahami. Setidaknya berikan minimal 3 pilihan pada konsumen untuk menggunakan jasa pengiriman ini.

Hal ini juga berkaitan dengan ada pembeli yang hanya mempercayai jasa pengiriman tertentu. Ada juga pembeli yang harus membandingkan dahulu mana jasa pengiriman yang paling murah atau yang paling cepat. Sehingga ketika kamu memberikan banyak pilihan, maka ini juga bisa menjadi nilai lebih untuk bisnis kamu.

Baca juga: Seller, Aktifkan Bebas Ongkir Tokopedia Sekarang!

6. Tambahkan Opsi Pembayaran 

Cara berjualan di marketplace lainnya yang juga perlu kamu perhatikan adalah masalah pembayaran. Saat ini ada banyak cara untuk mendukung transaksi belanja online. Tidak hanya lewat transfer antar bank, tapi bisa melalui fasilitas seperti e-wallet.

Semakin banyak opsi tentu akan semakin memudahkan. Konsumen tidak perlu khawatir jika mereka harus transer beda bank. Konsumen yang biasa menggunakan e-wallet juga menjadi mudah.

Bahkan untuk mereka yang belum punya rekening bank ataupun e-wallet, bisa menggunakan cara lain untuk membayar. Salah satunya adalah bayar melalui merchant yang sudah bekerja sama seperti minimarket. Semakin banyak opsi untuk melakukan pembayaran ini tentu akan semakin memudahkan.

Baca juga: 5 Cara Menjadi Reseller di Shopee dengan Mudah

7. Berikan Harga Promo Secara Rutin 

Apapun kondisinya, promo selalu menjadi hal yang menarik bagi konsumen. Ini juga bisa menjadi salah satu cara berjualan di marketplace yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa memberikan promo setiap tanggal cantik misalnya. Atau kamu juga bisa memberi promo pada setiap pembelian dengan nilai tertentu. Hal-hal semacam ini bisa menjadi salah satu daya tarik dari toko kamu.

Memberikan promo ini juga tidak selalu masalah harga produk. Kamu bisa memberikan promo pada ongkis kirim misalnya. Selain itu, kamu juga bisa memberikan promo seperti beli 1 gratis 1, atau promo lainnya.

Baca juga: Cara Membuat Diskon Shopee, Mudah dan Cepat!

8. Manfaatkan Fitur-Fitur dari Marketplace

Selain hanya sebagai tempat berjualan, marketplace juga menyediakan banyak fitur yang akan sangat menguntungkan jika kamu bisa menggunakannya. Fitur-fitur ini bisa membuat toko kamu mudah orang temukan misalnya.

Memang perlu sedikit rasa penasaran untuk mencari tahu berbagai macam fitur ini. Namun kamu bisa mempelajarinya sambil menjalankan bisnis kamu. Dengan memanfaatkan fitur-fitur tersebut juga bisa menjadi cara untuk membuat toko kamu menjadi semakin maju

Baca juga: Cara Dropship di Tokopedia & Tips Sukses untuk Pemula

9. Promosikan Produk dan Toko Onlinemu

Promosi merupakan cara yang harus kamu lakukan ketika kamu sedang berbisnis. Termasuk ketika kamu membuka toko online. Maka promosi juga hal yang tidak boleh kamu lewatkan. Cara berjualan di marketplace juga menuntut kamu untuk lebih kreatif lagi dalam melakukan promosi.

Salah satunya adalah dengan mengintegrasikan toko kamu dengan media sosial. Sehingga kamu bisa mempromosikan toko kamu dengan lebih luas lagi.

Baca juga: Pasti Sold Out! 10 Cara Mempromosikan Produk yang Paling Efektif

10. Berikan Pelayanan yang Baik

Pelayanan yang baik adalah kunci dari bisnis yang ingin maju. Ini jua merupakan salah satu cara berjualan di marketplace yang perlu kamu pahami. Berikan respon cepat ketika pembeli bertanya, informasikan semua hal yang berkaitan dengan barang jualan kamu kepada konsumen, berikan juga kejelasan tentang status barang, dan lainnya. Itu merupakan beberapa contoh hal yang perlu kamu lakukan kepada konsumen.

Pelayanan yang baik juga adalah cara untuk membuat rating toko kamu meningkat. Rating toko yang baik tentu saja akan membuat kredibilitas toko kamu pun meningkat. Ini juga merupakan salah satu cara yang akan membuat konsumen kamu yakin dengan toko kamu.

Baca juga: Agar Dagangan Laris, Inilah yang Harus Dilakukan Penjual


Kesimpulan 

Itulah beberapa cara berjualan di marketplace yang perlu kamu pahami. Selain itu, ketika kamu berjualan di marketplace maka kamu akan berhadapan dengan banyak saingan dari berbagai tempat. Maka kamu juga perlu memikirkan strategi yang matang dalam bisnis kamu tersebut agar toko kamu semakin berkembang.

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Apa Itu Valuasi: Cara Menghitung, Manfaat, dan Faktornya

Ketika mendengar berita, membaca artikel, ataupun melakukan diskusi seputar ekonomi dan investasi, kamu akan sering menemukan suatu istilah penting yakni valuasi. Istilah ini memang...

Apa itu Newsletter? Ini Manfaat dan Cara Membuatnya

Mungkin kamu belum memahami betul apa itu newsletter? Namun, tanpa sadar kamu bisa saja sudah menemukannya jika sering memeriksa email. Email yang berisikan promosi...

Apa itu Profit? Berikut Jenis dan Cara Menghitungnya

Melakukan bisnis harus melalui berbagai riset dan strategi, terutama dalam pengembangan produk dan pemasaran. Apabila kamu telah melakukan pemasaran dengan baik, maka kamu akan...

Ketahui Apa Itu ROI dan Cara Penghitungannya!

Setiap investasi pasti memiliki resiko keuntungan dan kerugian. Oleh karena itu, kedua aspek untung dan rugi tersebut perlu dilakukan perhitungan dan proyeksi terhadap investasi...

Apa Itu Seed Funding? Begini Cara Mendapatkannya

Apa itu seed funding? Seed funding adalah pendanaan tahap awal berbasis ekuitas yang dilakukan secara resmi. Setiap perusahaan pasti membutuhkan modal awal untuk bisa...
Berlangganan Email

Berlangganan Email

Dapatkan panduan mengembangkan bisnis gratis lewat email. Masukkan email Anda dan dapatkan panduannya!

You have Successfully Subscribed!