Mengenal Apa Itu Affliate Marketing dalam Bisnis – Perkembangan bisnis semakin lama semakin canggih saja. Apalagi semenjak mengandalkan dunia online, munculnya peluang secara digital juga memantik beragam metode marketing untuk menghasilkan pundi-pundi hingga akhirnya kemudian melahirkan bisnis baru dengan keuntungan yang tidak bisa diandalkan.

Sebut saja membuka online shop, bisnis dropship, sampai menjadi blogger terkenal. Semua bisa menjadi langkah untuk menambah penghasilan setiap harinya.

Tidak hanya itu, ada banyak macam strategi marketing yang dapat memberikan penghasilan. Salah satunya adalah affiliate marketing yang cukup menjamur dilakukan saat ini.

Secara general, mungkin strategi ini kurang familiar. Namun, tanpa sadar kita kerap kali melihatnya dalam kehidupan sehari-hari.

Lalu, apa sih affiliate marketing itu sendiri? Apakah cukup efektif di dalam sebuah bisnis? Agar lebih mengenal, kami bahas dengan tuntas lewat ulasan di bawah ini.

Baca juga: Ingin Mendapatkan Passive Income? Ini Cara Mudahnya


Apa Itu Affiliate Marketing?

Affliate marketing adalah jenis pemasaran berbasis kinerja di mana bisnis memberi penghargaan kepada satu atau lebih afiliasi untuk setiap pengunjung atau pelanggan yang dibawa oleh dalam pemasaran afiliasi itu sendiri.

Baca juga: Pengertian, Tips dan Contoh Affiliate Marketing

Singkatnya, strategi marketing ini digunakan ketika sebuah brand menggunakan jasa afiliasi untuk memasarkan produknya. Jadi, bisa dibilang strategi ini menggambarkan sebuah jasa untuk melakukan marketing. Skemanya, brand akan menggunakan jasa affiliate marketing untuk melakukan promosi produk kepada konsumen.

Biasanya, brand akan memberikan langsung produknya untuk langsung dicoba kemudian membagikan experience-nya kepada calon pembeli. Dari sini, apakah sudah cukup familiar? Ya, salah satu jasa affiliate marketing  yang kini banyak digunakan pada social media adalah dalam bentuk endorse atau paid promote.

Baca juga: 8 Cara Ampuh Menambah Follower Toko Online Shopee

Strategi Yang Efektif

Affiliate marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang dinilai efektif. Bahkan, cenderung menguntungkan untuk ketiga belah pihak. Bagaimana bisa? Dalam affiliate marketing, tanggung jawab masing-masing pihak terbagi rata. Bagi brand, dengan bantuan afiliasi tentu kan lebih minim biaya jika dibandingkan dengan melakukan strategi marketing lainnya seperti mengadakan event offline.

Baca juga: Cara dan Syarat mendaftar Program Shopee Affiliate

Selain itu, lebih mudah juga menjangkau masyarakat lebih luas yang berpotensi untuk menjadi calon konsumen baru. Bagi para afiliasi, selain akan mendapatkan produk secara cuma-cuma mereka juga mendapatkan sejumlah keuntungan dengan menawarkan produk tersebut dengan fleksibilitas kerja lebih. Sedangkan untuk konsumen, mereka akan terbantu melalui review afiliasi dalam memilih produk yang sesuai dan dibutuhkan.

Baca juga: Strategi Pemasaran Online yang Efektif untuk Mendukung Bisnis

Lebih Minim Resiko

Kamu baru memulai bisnis? Mempertimbangkan affiliate marketing sebagai strategi pemasaranmu nyatanya tidak begitu buruk. Alasannya, strategi ini merupakan sebuah langkah yang minim resiko. Terlebih jika bisnis yang kamu bangun masih dalam titik merintis dengan jumlah tim yang kecil.

Baca juga: Cara dan Syarat Mendaftar Affiliate Marketing Tokopedia

Menggunakan affiliate marketing akan tetap membantu bisnismu untuk dapat memasarkan produknya tanpa perlu meluangkan banyak waktu dan biaya. Keuntungannya juga tidak kalah dari strategi marketing lainnya karena sama-sama akan mendatangkan konusmen. Pastinya kamu tidak perlu pusing-pusing untuk approach pasar secara langsung karena telah terbantu oleh jasa afiliasi yang sudah memahami target audience mereka.

Baca juga: 7 Tips Memperkecil Resiko Usaha Bagi Anda yang Baru Memulai Bisnis

Dapat Menjaga Stabilitas Bisnis

Jika kamu ingin menjaga bisnis agar penjualannya tetap stabil, menggunakan affiliate marketing adalah sebuah solusi. Dalam hal ini, brand akan memiliki produk yang dapat dipasarkan dengan stabil melalui jasa afiliasi.

Bahkan untuk bisnis dengan penjualan produk dalam skala kecil juga dapat dimaintain dengan baik melalui affiliate marketing. Itu sebabnya stabilitas bisnis dalam strategi ini dinilai lebih mudah untuk dijaga.

Baca juga: Raih Omset 10 Juta Pertama di Shopee

Mudah Untuk Dilakukan

Jika bicara soal proses, affiliate marketing tergolong cukup mudah. Khususnya jika kamu ingin menekuni bidang tersebut. Cukup cari wadah untuk bergabung menjadi affiliate marketer dan kamu akan dapat mempromosikan produk sambil memperoleh keuntungan.

Selain itu, kamu juga bisa bekerja dari mana saja karena bidang ini cukup fleksibel sehingga cocok untuk dijadikan sumber penghasilan tambahan.

Setelah mengetahui apa itu affiliate marketing dalam bisnis, pastikan kamu bisa mencoba menerapkan strategi ini untuk bisnis dan usaha kamu ya.

Baca juga: Apa itu GDN (Google Display Network)?


Ingin yang lebih mudah lagi? Jika baru memulai bisnis, KoinWorks siap untuk membantumu. Dengan berbagai kemudahan, beragam fitur akan menjadi jawaban mudah untuk masalah finansialmu. Misalnya dengan KoinBisnis yang akan membantumu dalam segi akses permodalan.

Jika baru memulai usaha, kamu bisa mendapatkan pendanaan hingga Rp 2 miliyar dengan cicilan bunga terjangkau antara 0.75% – 1.67 % per bulan. Tidak perlu takut, pastinya pinjaman online di KoinWorks aman karena sudah terdaftar di OJK. Selamat mencoba!


Dapatkan berbagai informasi,tips seputar bisnis dan perkembangan digital marketing bersama Entrepreneurcamp.id


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.