Mengembangkan Potensi Diri Dalam Berbisnis – Kamu mungkin sudah sering mendengar bahwa agar bisnis berkembang yang dibutuhkan adalah kerja keras. Memang betul segala sesuatu butuh kerja keras jika ingin berhasil. Akan tetapi, orang-orang sering lupa bahwa kerja keras harus diiringi kerja cerdas jika ingin sukses.

Nah, supaya kamu bisa bekerja cerdas, pertama-tama kamu harus punya kesadaran untuk mengembangkan potensi diri.

Cara meningkatkan potensi diri bisa kamu temukan melalui banyak sumber, bisa dengan membaca buku, artikel-artikel di internet, atau nonton video di Youtube.

Tips bisnis agar sukses yang sering orang abaikan adalah potensi bisnis. Kamu bisa memulai dengan mempelajari cara meningkatkan potensi diri untuk bisnis.

Namun untuk meningkatkan potensi diri agar bisnis berkembang, di bawah ini adalah tujuh hal yang harus kamu kembangkan dalam diri.


7 Cara Mengembangakan Potensi Diri Dalam Berbisnis

1. Membangun Self-discipline

Rutinitas sehari-hari yang bagus seperti bangun pagi, berolahraga, sarapan, membaca berita, meeting, dan aktivitas lain yang kamu susun hingga kembali tidur, akan membantu kamu untuk tidak terjebak dalam kegiatan yang sia-sia. Kamu bisa lebih fokus selama waktu yang kamu tentukan dan menanti-nanti saat beristirahat.

Kamu bisa membuat rutinitas harian, pekanan, dan bulanan. Apabila kamu bisa disiplin dengan rutinitas yang kamu buat, hal ini akan membentuk habit kamu. Habit yang bagus membantu kamu lebih happy, kalau kamu happy pikiranmu akan jernih!

Kalau kamu punya self-discipline bagus akan berpengaruh terhadap bisnismu. Misalnya kamu rutin olahraga akan meningkatkan hormon endorfin yang akan memicu perasaan positif.

Baca juga: 9 Tips Agar Anda Selalu Berpikir Positif dalam Berbisnis

2. Senang Belajar (willingness to learn)

Cara meningkatkan kualitas diri yang tidak kalah penting adalah senang belajar! Ini tips bisnis terbaik. Setuju? Sederhananya adalah bagaimana caranya maju jika kamu tidak tahu hal-hal apa yang bisa membuat kamu maju ke depan.

Keinginan kuat untuk terus belajar akan membuat kamu punya wawasan yang luas, termasuk soal potensi bisnis, jeli melihat peluang bisnis dari masalah yang ada di tengah-tengah masyarakat, dan punya referensi pemecahan masalah yang ada.

Senang belajar akan membuka pintu untuk hal-hal baru. Belajar hal-hal baru bisa kamu lakukan dengan memperbanyak membaca, observasi orang lain yang menjadi inspirasi kamu, hingga belajar langsung dari mentor.

Cara kita bersikap atau merespon atas sesuatu adalah refleksi dari isi kepala. Itulah mengapa kamu harus belajar agar banyak input yang masuk.

Baca juga: Mau Sukses Berbisnis Sambil Kuliah? Ikuti 5 Tips Ini!

3. Melakukan Refleksi

Seorang pebisnis juga harus meluangkan waktu untuk meditasi atau refleksi. Mengambil jeda dari rutinitas akan membantu kamu lebih rileks. Pikiran rileks berkaitan dengan pengambilan keputusan yang tepat.

Tidak kalah penting adalah melakukan refleksi. Di titik ini kamu memikirkan kembali kekurangan dan kelebihan diri. Apa yang menjadi ketakutanmu selama ini. Contohnya kamu takut berbicara di depan umum, maka kamu bisa memperbaikinya dengan mengambil kelas public speaking atau latihan dengan teman, misalnya.

Evaluasi juga apakah kamu punya masalah dengan hubungan sosial (interpersonal skill). Kemampuan komunikasi. Problem solving. Hal ini berpengaruh pada kemampuan kepemimpinan (leadership).

Baca juga: 6 Tips Mengatasi Sikap Pesimistis dalam Berbisnis

4. Mengerti Cara Bertahan

Mengerti cara bertahan yang dimaksud di sini adalah kegesitan (agility), kemampuan untuk cepat merespon perubahan dan beradaptasi dengan tepat. Hal ini bisa kamu pelajari dengan selalu up-to-date terhadap segala sesuatu yang berkaitan dengan bisnismu: apa yang sedang trend hingga keputusan politis harus ikuti.

Tidak kalah penting agar bisa bertahan adalah kejelian melihat potensi bisnis atau peluang (awareness of opportunities). Kepekaan ini bisa kamu latih dengan mengamati sekitar. Tanpa agility dan awareness of opportunities, alih-alih maju, kamu sulit untuk bertahan.

Baca juga: Ide Usaha yang Cocok untuk Anda yang Mau Berbisnis Bareng Sahabat

5. Support Network

Cara mengembangkan potensi diri dalam berbisnis yang tidak kalah penting adalah memperluas jaringan (network). Hal ini sudah merupakan keharusan karena bagaimana pun kamu butuh support, baik itu orang yang punya ketertarikan yang sama sebagai teman bertukar cerita, tumbuh bersama, mencari ide-ide baru, dan seterusnya.

Support network bisa kamu dapatkan dengan berinteraksi dengan banyak tipe manusia, organisasi berbasis minat, atau bisa juga dengan menghadiri konferensi dengan topik yang kamu minati.

Baca juga: 4 Hal yang Bisa Menimbulkan Kebosanan dalam Berbisnis

6. Meminta Feedback

Kamu butuh pendapat orang lain untuk mengembangkan potensi diri. Orang-orang seperti keluarga, teman, rekan bisnis, bisa kamu minta pendapatnya tentang kamu atau bisnis kamu.

Komentar positif atau kritik konstruktif sangat bagus untuk meningkatkan diri. Kamu butuh perspektif orang lain agar tidak bias menilai diri.

Baca juga: 5 Cara Mendapatkan Feedback Online dari Pelanggan

7. Percaya Diri

Hal yang tak kalah penting untuk kamu tingkatkan adalah rasa percaya diri. Kalau kamu percaya diri maka kamu akan berani mengambil keputusan. Cara meningkatkan percaya diri adalah membekali diri dengan ilmu dan pengalaman. Itulah mengapa kamu jangan takut mencoba agar pengalaman makin banyak.

Bagaimana, sudah jelas apa yang harus kamu lakukan untuk mengembangkan potensi diri? Di belakang bisnis yang sukses ada sosok yang terus belajar.

Baca juga: 10 Cara Agar Percaya Diri Saat Presentasi Bisnis di Depan Banyak Orang


Namun, tidak bisa dinafikan bisnis yang berkembang butuh dukungan dana. Jika bisnis kamu sedang butuh dukungan dana, kamu bisa pelajari tawaran pinjaman online untuk usaha KoinBisnis dari KoinWorks.

KoinBisnis punya fitur pinjaman tanpa agunan hingga 2 miliar rupiah. Dana pinjaman bisa cair dalam 2-3 hari berkat teknologi integrasi dari KoinBisnis. Pinjaman bisa dikembalikan dengan tenor 6-12 bulan dan bunga rendah hanya 0,75%-1,67% per bulan. KoinWorks diawasi langsung oleh OJK loh. Tertarik?


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.