Cara Upload IGTV dan Manfaatnya Bagi Bisnis – Konten video kini semakin digemari masyarakat. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia mencatat bahwa dari segi konten hiburan, video adalah konten yang paling banyak diakses.

Inilah alasan mengapa platform media sosial bersaing membuat fitur menarik untuk menonton video di platform mereka. Instagram sendiri merilis IGTV sebagai salah satu fitur yang diutamakan.

Instagram TV atau IGTV adalah fitur yang memungkinkan pengguna berbagi konten video dengan durasi yang lebih panjang. Jika kamu seorang pemilik bisnis, kamu sebaiknya segera mengadaptasi fitur ini untuk memaksimalkan strategi pemasaran sebelum didahului kompetitor.

Apalagi dengan potensi pasar Instagram yang besar yakni mencapai 1 milyar pengguna. Cara membuat IGTV juga tidak sulit, cukup dengan memiliki akun Instagram maka kamu sudah bisa mengunggah video di IGTV.

Tetapi jika kamu belum familiar dengan IGTV, simak ulasan berikut untuk penjelasan selengkapnya.

Ada beberapa cara upload IGTV yang bisa kamu pilih yaitu melalui aplikasi Instagram, aplikasi IGTV, atau website Instagram.


Cara Upload IGTV di Aplikasi Instagram di Android/iOS

  1. Tambahkan Video

Masuklah ke akun Instagram lalu pada bagian tengah bawah klik ‘tambahkan’ lalu pilih video yang akan kamu upload. Durasi maksimal IGTV jika mengunggah dari perangkat seluler adalah 15 menit dan 60 menit jika mengunggah dari web.

Namun sebaiknya ketika membuat IGTV durasinya tidak terlalu panjang.  Usahakan durasi maksimal IGTV yang kamu upload tidak lebih dari 15 menit. Hal ini karena penonton biasanya bosan jika video yang mereka tonton terlalu panjang.

Video IGTV yang kamu unggah boleh video vertikal dengan rasio aspek 9:16 atau video horizontal dengan rasio aspek 16:9. Video kamu juga harus memiliki frame rate minimal 30 FPS (frame per detik) dan resolusi minimal 720 piksel.

Baca juga : Panduan Lengkap Membuat Channel Youtube

Ukuran IGTV bergantung pada durasi maksimal IGTV. Ukuran file maksimal untuk video berdurasi 10 menit atau kurang adalah 650 MB. Ukuran file maksimal untuk video berdurasi hingga 60 menit adalah 3,6 GB.

  1. Memilih Jenis Video

Setelah menambahkan video, kamu diminta memilih ‘video panjang’ dan ‘video pendek’. Untuk membuat IGTV kamu harus memilih ‘video panjang’. Adapun ‘video pendek’ akan diunggah ke feed Instagram bukan IGTV. Durasi minimal IGTV adalah 60 detik.

Baca Juga : Cara Membuat Blog Gratis, Mudah Dan Cepat

  1. Memilih Cover atau Sampul Video

Untuk memilih sampul video, kamu bisa menggeser gambar di bagian bawah layar atau tambahkan gambar dari galeri. Pilihlah sampul yang menarik agar memberi impresi yang bagus sehingga orang-orang tertarik menonton.

  1. Judul dan Deskripsi

Pada bagian ini ada beberapa informasi yang harus kamu lengkapi. Tulislah judul dan deskripsi yang menarik dan membuat orang penasaran agar tertarik menonton videomu.

Jika ingin membuat serial kamu cukup klik ‘Tambahkan Serial’ lamu mengisi nama dan deskripsi serialmu. Di bagian ini kamu juga bisa memilih untuk menampilkan video IGTV dengan akun Facebook.

Aktifkan ‘posting cuplikan’ untuk menampilkan cuplikan video pada akun dan beranda Instagram. Pada pengaturan lanjutan aktifkan juga ‘keterangan video otomatis’ agar video kamu dapat dinikmati oleh penonton yang memiliki masalah pendengaran.

  1. Selesaikan Unggahan

Terakhir klik ‘Posting’, maka video IGTV sudah muncul di beranda Instagram. Video IGTV yang sudah kamu terbitkan dapat dilihat dengan klik logo IGTV pada profil kamu.


Cara Upload IGTV Melalui Aplikasi IGTV

  1. Setelah login, klik simbol video di pojok kiri atas, lalu klik persegi di pojok kiri bawah untuk memilih video yang ingin kamu unggah. Kamu juga bisa merekam langsung video IGTV langsung di aplikasi.
  2. Setelah memilih video, selanjutnya ikuti tahap 3 sampai 5 di atas.

Baca juga : Mengenal 7 Jenis Konten Interaktif Instagram


Cara Upload IGTV Melalui Web

  1. Buka instagram.com melalui web browser komputer.
  2. Buka profil kamu lalu klik IGTV.
  3. Klik ‘Unggah’.
  4. Klik ‘tambahkan’ dan pilih video, atau seret dan letakkan file video.
  5. Tambahkan judul dan deskripsi. Kamu juga bisa memilih untuk membagikan cuplikan video ke beranda Instagram dan profil kamu atau membagikan video Anda ke halaman Facebook.
  6. Klik Posting.

Demikianlah cara-cara upload IGTV di berbagai macam kanal Instagram. Adapun jika kamu ingin download IGTV kamu butuh aplikasi pihak ketiga.

Caranya adalah tonton IGTV yang ingin kamu download, lalu  ‘salin tautan’.  Tautan tersebut kamu ‘tempel’ pada aplikasi pihak ketiga yang sudah kamu instal contohnya ‘Video Downloader for IGTV’. Selanjutnya ikuti petunjuk pada aplikasi tersebut untuk menyelesaikan download IGTV.


Manfaat IGTV Untuk Bisnis

Kamu bisa memanfaatkan IGTV untuk pemasaran produk dan meningkatkan brand awareness produk kamu. Durasi IGTV yang lebih panjang dibandingkan IG Story membuat kamu leluasa untuk bercerita dan membangun hubungan yang kuat dengan audiens. Ada beberapa konten yang dapat kamu buat, yaitu:

  • Memperkenalkan produk

Kamu bisa mendeskripsikan produk baru kamu beserta fitur-fitur kelebihannya.

  • Membuat teaser atau trailer

Sebelum launching produk baru, kamu bisa membuat video teaser untuk menciptakan rasa penasaran juga hype.

  •  Membuat behind-the-scenes

Kamu bisa membuat video proses di belakang layar produk kamu.

Cara ini bagus untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Baca juga : Punya Bisnis Online? Kenali Jenis TikTok Ads Berikut

  • Insight dan Inspirasi

Kamu bisa memberi inspirasi kepada penonton seperti melalui webinar di IGTV dengan tema yang dekat dengan kehidupan pangsa pasar. . Bisa juga dengan memberi contoh penggunaan produk kamu dalam kehidupan sehari-hari.

  • Membuat sesi Q&A

Kamu bisa memanfaatkan IGTV untuk sesi tanya-jawab dengan follower dan memberi penjelasan lebih lengkap mengenai produkmu.

Penjualan akan lebih mudah saat mereka sudah paham produkmu.Demikian beberapa hal yang bisa kamu lakukan dalam memanfaatkan IGTV untuk keperluan bisnismu.

Jika saat ini kamu terkendala modal untuk menumbuhkan bisnismu, tawaran pinjaman tanpa agunan KoinBisnis dari KoinWorks bisa membantumu. Kamu bisa mendapatkan pinjaman modal tanpa agunan hingga 2 milyar rupiah dengan bunga cicilan rendah hanya 0,75-,67% per bulan.



Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.