Mengenal 7 Jenis Konten Interaktif Instagram – Instagram kini bukan sekadar sarana hiburan untuk kebutuhan individu.

Sejumlah perusahaan korporat maupun startup juga menghadirkan konten interaktif Instagram yang menarik sebagai bentuk personal branding sekaligus untuk menarik perhatian calon pelanggan baru.

Data yang dikumpulkan Napoleon Cat pada November 2019 menyatakan bahwa pengguna Instagram di Indonesia hampir mencapai seperempat jumlah penduduk, tepatnya sekitar 61.610.000 orang.

Jika kamu memanfaatkan Instagram untuk kepentingan bisnis, tentu kamu juga butuh tips Instagram yang relevan dan mudah dicoba.

Para perintis startup dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) harus lebih mahir memanfaatkan Instagram sebagai media promosi bisnis.

Konten Instagram yang disajikan harus benar-benar menarik dan berorientasi kepada para pengguna Instagram lainnya.

Sebelum mempelajari berbagai tips Instagram yang bersifat teknis, sebaiknya kamu mengenal tujuh jenis konten interaktif Instagram untuk mendukung bisnis supaya kamu bisa segera menyiapkan konten yang istimewa:

Baca juga : Cara Dapatkan Omset 10 Juta Pertama di Tokopedia


1. Konten Interaktif Instagram Live

Salah satu konten Instagram yang paling efektif untuk meningkatkan interaksi dengan calon pelanggan adalah siaran live. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan saat siaran live di Instagram antara lain:

  • Memperkenalkan produk baru dan menjelaskan kelebihannya.
  • Menyapa para pengguna Instagram yang sedang menyaksikan siaran live.
  • Menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pengguna Instagram tentang bisnis.
  • Memperlihatkan suasana lokasi bisnis atau office tour.

Hal-hal penting yang wajib kamu siapkan sebelum melakukan siaran live Instagram yaitu:

  • Lokasi live yang eye-catching untuk menarik perhatian pengguna Instagram lain.
  • Topik siaran yang up to date dan bisa menggugah rasa penasaran banyak orang.
  • Host atau pembawa acara live yang interaktif dan mahir berkomunikasi dengan cara yang menyenangkan.
  • Koneksi internet yang stabil agar siaran live berlangsung lancar.

2. Question and Answer (Q&A) via InstaStory

Kalau kamu punya waktu senggang cukup banyak untuk mengurus Instagram bisnis, tak ada salahnya sesekali membuat konten Instagram berupa Q&A via InstaStory. Jenis konten ini membuat pengguna Instagram lainnya bebas menanyakan hal-hal yang ingin mereka ketahui tentang bisnismu.

Oh iya, kamu tak harus selalu menjawab Q&A dengan serius kok. Sesekali kamu bisa menyelipkan candaan supaya pengguna Instagram tidak bosan dengan jawaban yang terkesan monoton. Jawaban yang lucu bisa membuat mereka tergugah untuk selalu mengikuti konten Instagram-mu lho.


3. Kuis

Pengguna Instagram yang sedang bersantai biasanya senang saat menemukan konten Instagram berupa kuis. Kamu bisa membuat kuis sederhana yang berhubungan dengan produk atau jasa bisnismu.

Ajaklah followers-mu untuk menjawab kuis di kolom komentar. Jika punya bujet promosi cukup besar, kamu juga bisa memberikan hadiah berupa pulsa atau produk untuk followers yang berhasil menjawab kuis dengan benar.


4. Giveaway

Berbeda dengan kuis, biasanya syarat giveaway terbilang lebih simpel. Konten Instagram yang satu ini hanya membutuhkan syarat berupa like dan komentar di posting-an Instagram.

Untuk menambah jumlah followers dan meningkatkan engagement, tak ada salahnya bila kamu juga menambahkan syarat bagi peserta giveaway untuk follow akun Instagram-mu dan tag minimal tiga orang teman di kolom komentar.

Cara sederhana ini akan membantu mempopulerkan bisnismu karena semakin banyak yang mengenalnya.

Baca juga : Cara Promosi Bisnis di Youtube


5. Konten dari Pengguna (User Generated Content atau UGC)

Mengunggah konten Instagram yang berasal dari followers ternyata efektif meningkatkan engagement terhadap bisnismu.

Followers sekaligus pelanggan akan merasa lebih dihargai jika kamu mengunggah konten yang berasal dari mereka. Misalnya, kamu bisa mengunggah foto atau video yang berisi testimoni pelanggan.

Selain meningkatkan engagement, konten dari pengguna juga efektif meningkatkan kepercayaan calon pelanggan baru sehingga mereka tak ragu melakukan transaksi pertamanya.


6. Quote atau Kutipan

Para pengguna Instagram gemar memberikan like atau repost konten yang sesuai dengan kondisi pribadi atau suasana hatinya. Itulah sebabnya tips Instagramuntuk bisnis juga kerap menyarankan untuk membuat konten berupa quote atau kutipan.

Selain kutipan tentang kesuksesan bisnis dan urusan finansial, quote tentang cinta juga selalu disukai semua orang.

Jadi, sebaiknya kamu meluangkan waktu untuk membuat konten quote atau kutipan yang kemungkinan besar disukai para pengguna Instagram. Carilah kutipan-kutipan baru yang artinya mudah dipahami tetapi belum terlalu populer.


7. Call To Action (CTA)

Penggunaan Instagram untuk mendukung bisnis tentu identik dengan konten Call To Action (CTA). Kamu harus mengunggah konten yang berisi informasi produk atau jasa bisnismu lalu mengajak pengguna Instagram untuk mengakses website atau langsung melakukan pemesanan.

Salah satu cara membuat CTA paling mudah adalah mengarahkan pengguna Instagram untuk meng-klik link pada bio. Namun, sebaiknya kamu tidak terlalu sering membuat konten CTA supaya pengguna Instagram tak mudah bosan.

Pemanfaatan Instagram untuk promosi bisnis bukanlah hal rumit karena banyak sekali tips Instagram yang bisa kamu akses sesuai kebutuhan. Sebaliknya, masalah klasik yang masih terus menghalangi para pebisnis modern adalah ketersediaan modal.


Kini masalah modal tak akan jadi kendala besar lagi karena kamu bisa memanfaatkan KoinBisnis, fasilitas pinjaman tanpa agunan dari KoinWorks yang sudah mendapatkan izin dan pengawasan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

KoinBisnis memiliki banyak keunggulan yang tidak ditawarkan fasilitas pinjaman sejenis, antara lain nilai pinjaman yang bisa mencapai 2 miliar rupiah, bunga cicilan rendah (0,75%-1,67% per bulan), proses persetujuan instan, dan sistem yang terintegrasi dengan bank atau toko online. Segala kemudahan yang disiapkan KoinBisnis akan mendukung kelancaran bisnismu.

Jadi, tunggu apa lagi?

Yuk, segera manfaatkan KoinBisnis dari KoinWorks supaya kendala modal tak lagi menghambat kemajuan bisnismu!


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.