Sebelum Promo, Ketahui Cara Upload Produk di Lazada – Lazada adalah salah satu dari banyak marketplace yang tersedia di Indonesia. Namun, meski sudah eksis di dunia belanja online cukup lama, masih banyak juga yang belum tau cara upload produk di Lazada.
Dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana cara berjualan di ecommerce tersebut mulai dari memasukkan nama produk, kategori, hingga cara membuat variasi produk di Lazada.
Baca juga : Cara Dapatkan 10 Juta Pertama di Tokopedia
Daftar Isi
1. Masuk ke Akun Seller Center
Login ke akun Seller Center Lazada kamu. Klik Produk, lalu klik Tambah Produk.
Jika kamu belum memiliki akun seller, kamu bisa mendaftar terlebih dahulu. Berikut ini adalah cara daftar Seller Lazada.
- Pertama, kamu buka situs Lazada.co.id lalu klik Menjadi Seller, lalu klik Daftar Sekarang.
- Pilih kategori usaha kamu jika masih berupa usaha rumahan kamu bisa pilih Perorangan, jika sudah memiliki izin usaha kamu pilih kategori Perusahaan.
- Lalu isi data dengan lengkap mulai dari nama toko, nomor handphone, email, dan tentukan password.
- Tunggu SMS konfirmasi untuk verifikasi.
- Setelah terverifikasi kamu tinggal menceklis Syarat dan Ketentuan yang ditentukan oleh Lazada.
- Terakhir klik Daftar, dan akun Seller kamu sudah siap untuk digunakan.
2. Nama Produk dan Kategori
Lengkapi nama jualan kamu di kolom Nama Produk.
Pilih kategori produk dari daftar kategori yang disarankan. Tapi, bisa juga pilih manual.
Pilih merek yang ada di dalam daftar, tapi jika tidak bermerek klik opsi di samping kolom No Brand.
3. Isi Deskripsi Produk
Lalu tambahkan deskripsi tentang produk di Deskripsi Pendek. Usahakan untuk membuatnya dengan poin per poin singkat.
Setelah itu tambahkan juga keterangan produk kamu yang lebih lengkap di kolom Deskripsi Panjang. Direkomendasikan untuk membuat minimal 50 kata dan ditambah 1 gambar. Kalau kamu menggunakan Text Editor selalu ingat untuk klik Apply setelah menambahkan deskripsi yang panjang tersebut.
Di kolom Apa yang ada di dalam kotak, kamu memiliki opsi untuk menambahkan tentang apa saja yang akan diterima oleh pembeli produk kamu dan berapa jumlahnya. Misalnya: Dalam satu paket ada thank you card, bonus aksesoris, dan buku manual.
4. Buat Variasi
Selanjutnya pilih variasi produk yang kamu jual. Bisa berupa variasi ukuran dan variasi warna.
Sangat direkomendasikan untuk kamu menambahkan gambar untuk masing-masing variasi, jadi calon pembeli bisa terbayang dengan jelas perbedaan setiap variasi yang akan dipilih, minimal tiga gambar untuk masing-masing variasi.
5. Tetapkan Harga
Lalu, masukkan keterangan lainnya yang tak kalah penting seperti Harga, Stok, dan Harga Diskon jika memang ingin menarik perhatian calon pembeli di awal dengan harga promo. Ada juga kolom SKU (Stock Keeping Unit) yang bisa kamu buat sendiri, jika dibiarkan saja tanpa diisi pun tak jadi masalah.
Baca juga : 6 Syarat dan Cara Menjadi Star Seller Shopee
6. Berat dan Dimensi
Selanjutnya yang perlu diperhatikan juga adalah dimensi barang setelah dikemas. Nah, dimensi ini dianjurkan untuk diisi dengan seksama sesuai dengan apa yang ada karena ini memengaruhi ongkir atau ongkos kirim yang nantinya akan dikenakan ke pembeli.
Mengapa harus diisi dengan ukuran atau dimensi yang tepat? Jika ternyata dimensi tidak sesuai dengan apa yang tertulis di keterangan produk, ada kemungkinan pihak ekspedisi tidak akan memproses pengiriman.
Setelah semua kolom di atas sudah terisi dengan lengkap, coba cek lagi apakah listing produk kamu sudah memenuhi Skor Konten atau belum untuk memenuhi kriteria “produk dengan konten yang bagus”.
Maksimalkan Konten Produk Kamu
Jika sudah melengkapi semua kolom informasi di atas, saatnya mengoptimasi konten produk jualan kamu agar menarik lebih banyak pembeli.
Pertama, buat judul produk yang menarik
Buatlah nama atau judul produk yang tidak terlalu panjang, namun mencakup merek jualan kamu, model, tipe, dan ukuran.
Tidak lebih dari 15 kata, selama memiliki empat kriteria itu agar lebih mudah ditemukan.
Buat sasaran tepat dengan kategori yang tepat
Kamu bisa meniru apa yang dilakukan oleh toko lain yang menjual produk yang sama. Lihat bagaimana mereka mengkategorikan produk yang dijual.
Tentunya tiru mereka yang sudah memiliki jejak penjualan yang baik, seperti jumlah penjualan yang banyak dan review bagus.
Jangan sepelekan kolom deskripsi panjang
Kolom deskripsi yang dimiliki Lazada bisa dibilang adalah salah satu kelebihan yang tidak dimiliki marketplace lainnya.
Di Lazada, kamu bisa menambahkan gambar di kolom deskripsi, bahkan kamu bisa mengubahnya dengan menggunakan HTML sendiri.
Nah, saatnya memanfaatkan fitur ini semaksimal mungkin untuk meningkatkan penjualan kamu di Lazada.
Deskripsikan dengan jelas apa saja keunggulan produk yang kamu jual, spesifikasi produk kamu, cara menggunakan, bahkan masukkan juga informasi tentang garansi jika memang tersedia.
Sekarang kamu sudah tahu cara upload produk di Lazada, saatnya merealisasikan penjualan produk yang selama ini kamu rencanakan.
Untuk menambah modal jualan supaya lebih maksimal, kamu bisa memanfaatkan pinjaman dari KoinBisnis di KoinWorks.
Bisnis kamu bisa mendapatkan tambahan modal bisnis tanpa agunan hingga Rp2