Syarat dan Keuntungan Super Seller Bukalapak – Keberadaan marketplace di tanah air tidak hanya menguntungkan para pelanggan.

Biasanya marketplace juga menyiapkan sejumlah program khusus bagi para pebisnis online yang bergabung dengannya.

Seakan tak mau ketinggalan dari para kompetitornya, Bukalapak juga senantiasa menyediakan inovasi bagi para pelapaknya.

Salah satu yang paling menguntungkan bagi pelapak adalah program super seller Bukalapak yang merupakan program pengganti Pelapak Premium dan Lapak Terbaik.

Jika kamu sudah mempraktikkan cara menjadi seller Bukalapak, berarti kamu sudah siap menjadi pelapak terbaik untuk mendapatkan predikat super seller Bukalapak.

Mari simak dulu ulasan ini agar bisa lekas menjadi super seller dan mendapatkan beragam keuntungan!


Apa yang Dimaksud dengan Super Seller Bukalapak?

Super Seller Bukalapak merupakan salah satu program Bukalapak yang memberikan keuntungan bagi para pelapak sehingga bisa memaksimalkan omset penjualannya. Program yang dimulai sejak Februari 2020 ini terdiri dari tiga paket dengan layanan dan keunggulan yang berbeda-beda. Jika kamu sudah membayar biaya sesuai paket yang kamu pilih, maka kamu bisa menggunakan fitur-fitur yang tersedia pada paket tersebut.

Baca juga : Cara Dapatkan Omset 10 Juta Pertama di Shopee


Syarat Menjadi Super Seller Bukalapak

Kamu berkesempatan menjadi super seller jika memenuhi seluruh syarat super seller Bukalapak berikut ini:

  • Mencapai minimal  1 penjualan dalam waktu 30 hari terakhir, mempunyai minimal 1 barang yang dijual di lapak, status lapak sedang aktif, dan tidak pernah melakukan pelanggaran.
  • Membayar biaya layanan super seller di setiap transaksi tanpa pengecualian apa pun (termasuk voucher lapak tetapi tidak termasuk biaya pengiriman dan penggunaan promo atau voucher yang dibiayai Bukalapak). Biaya layanan tersebut mulai dikenakan pada transaksi yang dilakukan pembeli terhitung sejak 18 Agustus 2020 pukul 09.00 WIB.
  • Biaya layanan super seller berkisar antara 2% hingga 7%, tergantung kategori dan nilai barang yang dijual.
  • Pelapak bisa mendapatkan cashback senilai 1,5% dari setiap transaksi yang selesai terhitung sejak 13 Juli 2020 pukul 18.00 WIB. Cashback akan masuk ke akun BukaDompet maksimal 1×24 jam (hari kerja) sejak transaksi selesai.
  • Jika transaksi sudah selesai tetapi mengalami penerusan dana sebagian, maka proses pemberian cashback dilakukan pada hari Kamis setiap minggunya dengan perhitungan transaksi yang selesai pada hari Kamis hingga Rabu minggu sebelumnya.
  • Pelapak bisa mengganti paket kapan saja. Namun, pelapak hanya bisa beralih ke paket yang lebih rendah maksimal 1 kali sehari.
  • Pelapak yang ingin menonaktifkan program super seller bisa melakukannya satu hari setelah aktivitas program.
  • Pelapak akan keluar secara otomatis dari program super seller jika tidak memiliki transaksi selama 14 hari pasca mengaktifkan program tersebut, tidak punya barang yang aktif dijual, atau terbukti melakukan pelanggaran.

Baca juga : Cara Membuat Tanda Tangan di Word Tanpa Photoshop


Keuntungan yang Bisa Diperoleh Super Seller Bukalapak

Jika kamu berhasil memenuhi seluruh syarat super seller Bukalapak dan mengikuti program tersebut, maka kamu berpeluang mendapatkan beberapa keuntungan, antara lain:

  • Mendapatkan badge Pelapak Premium yang ditampilkan pada halaman Lapak dan Detail Barang. Badge tersebut sangat ampuh meningkatkan kepercayaan calon pelanggan.
  • Memperoleh akses grafik statistik penjualan. Grafik tersebut berisi informasi tentang jumlah transaksi penjualan, total push (layanan yang memungkinkan produkmu muncul di halaman pertama hasil pencarian), dan jumlah promoted push yang sudah dipakai dalam satu tahun terakhir.
  • Mendapatkan akses Data Inventaris Barang sehingga bisa membuat pembukuan dan menjaga ketersediaan stok barang. Data Inventaris Barang memuat sejumlah informasi, yaitu daftar barang yang dijual, jumlah barang terjual, sisa stok barang, barang terlaris, dan barang tidak laris.
  • Mengetahui skor performa lapak yang penilaiannya mencakup feedback positif, transaksi berhasil, pelanggan dan barang favorit, proses pemesanan, ulasan barang, dan pengiriman barang. Pelapak akan mendapatkan predikat Super Seller jika meraih performa lapak minimal 90.
  • Mendapat kesempatan untuk menggunakan fitur promoted push, yaitu fitur untuk menampilkan barang yang dijual pada area khusus yang berlabel promoted products.
  • Berkesempatan membeli paket push, menambah bujet promoted, serta mengatur push dan promoted push per barang.
  • Bisa mempromosikan barang kepada calon pelanggan yang tepat dengan melihat daftar barang favorit.
  • Mendapatkan tanggapan komplain secara cepat karena memiliki label VIP yang bisa dilihat admin Bukalapak.
  • Membuat nama barang berdasarkan kata kunci paling populer di Bukalapak.
  • Memantau lapak-lapak terlaris yang menjual barang dengan kata kunci serupa.
  • Menciptakan kode voucher custom untuk produk yang ada di lapaknya.
  • Menambahkan user lain sebagai karyawan yang dapat membantu mengelola lapak.
  • Menghapus satu feedback negatif setelah mendapatkan 20 feedback positif dari pelanggan.
  • Bisa menyusun strategi penjualan baru dengan melihat daftar 10 Lapak Terlaris dan 10 Barang Terlaris di Bukalapak.
  • Pencairan saldo BukaDompet bisa dilakukan hingga dua kali sehari.

Jadi, sebaiknya kamu tak hanya mencari cara menjadi seller Bukalapak, ya. Jika sudah punya lapak, raihlah predikat Super Seller Bukalapak agar bisa mendapatkan beragam keuntungannya.


Kamu tak perlu khawatir soal masalah tambahan modal sebab kamu bisa mendapatkannya dari layanan KoinBisnis.

KoinBisnis adalah layanan pinjaman tanpa agunan dari KoinWorks untuk membantu para pebisnis yang butuh tambahan modal. Bila mengandalkan KoinBisnis, kamu berkesempatan mengajukan pinjaman hingga 2 milyar rupiah dengan bunga cicilan rendah (antara 0,75% hingga 1,67%).

Pencairan dananya hanya butuh waktu satu hingga tiga hari sehingga tidak membuatmu menunggu lama. Pembayaran cicilan setiap bulan bisa dilakukan dengan mudah melalui nomor rekening virtual.

Jadi, jangan sampai niat mengembangkan bisnis online jadi gagal karena kendala modal, ya. Mari manfaatkan KoinBisnis semaksimal mungkin supaya kamu mendapatkan tambahan modal sesuai kebutuhan.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.