Cara Buat Konten Youtube Menarik untuk Pemula – Kamu pebisnis dan sedang merencanakan strategi buat merambah Youtube? Tandanya kamu harus membaca artikel ini hingga akhir untuk tau cara buat konten Youtube yang menarik bahkan untuk pemula sepertimu.

Memang, Youtube sekarang sudah menjadi platform yang memberikan peluang besar bagi para pebisnis, baik pebisnis lama maupun mereka yang baru merintisnya.

Nah, berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk tau bagaimana cara buat konten Youtube yang menarik untuk target audiens bisnis kamu.


Tentukan target penonton

Saat ini, penonton di Youtube sudah bisa dikategorikan ke dalam beberapa kelompok. Di fase awal kamu ingin membuat konten Youtube yang menarik, kamu harus tahu siapa yang akan menjadi target penonton channel Youtube kamu nantinya.

Semisal kamu punya bisnis makanan dan ingin membuat konten yang relevan dengan bisnis kamu tersebut, kamu harus membuat target penonton yang tepat dan sekiranya bisa mendatangkan conversion alias menjadi potential buyer kamu.

Hal yang bisa kamu lakukan adalah membuat kategori target penonton kamu.

Pertama, buat target penonton video kamu. Targetkan mayoritas siapa saja yang akan mencari dan menonton konten video kamu. Usia berapa, laki-laki atau perempuan, pekerjannya, serta demografi lainnya.

Kedua, buat target pengunjung channel kamu. Jika kamu akan membuat channel yang berhubungan dengan masak memasak, targetkan komunitas yang akan merasa relevan dengan topik tersebut.

Ketiga, buat target penonton potensial yang sekiranya akan menjadi penonton setia video kamu selanjutnya karena mereka belum menemukan konten yang mereka inginkan di channel Youtube lainnya.


Riset apa yang sedang menjadi tren

Coba lakukan riset sederhana untuk beberapa konten yang menjadi tren. Ini akan memperbesar kemungkinan konten kamu ditemukan oleh target penonton.

Gali secara singkat topik apa yang sedang trending di media sosial. Kamu bisa memulainya dengan melihat tab trending di Youtube itu sendiri, lalu kamu juga bisa mengacu pada topik yang sedang trending di Twitter dan Instagram.

Jangan lupa untuk mencari topik trending yang memang relevan dengan tema atau konsep yang ingin kamu angkat agar tetap menjadi konten Youtube yang menarik.


Gunakan keyword

Jika sudah tau topik yang sedang tren di Youtube dan media sosial lainnya, saatnya riset kata kunci atau keyword yang bisa memudahkan video kamu ditemukan oleh target penonton kamu.

Mencari kata kunci untuk topik yang sedang trending memang agak sedikit tricky. Ada satu cara mudah agar kamu bisa menemukan kata kunci yang tepat, yaitu dengan memanfaatkan Google Trends.

Kamu tinggal mengetikkan topik yang kamu angkat dan Google Trends akan memunculkan beberapa kata kunci terkait yang sedang menjadi tren dan banyak dicari.


Maksimalkan kualitas video dan audio

Kualitas video dan audio yang bagus adalah kunci untuk menarik perhatian penonton baru dan membuat penonton yang sudah ada tetap setia.

Karena bagaimana pun cara buat konten Youtube yang menarik yang telah kamu lakukan, kalau tidak memenuhi kriteria video dan audio yang layak dan baik hasilnya tidak akan maksimal.

Jika di awal kamu merasa kesulitan untuk membuat video dengan editan yang menarik dan audio yang ear catchy, akan dianjurkan untuk menggunakan jasa video editor. Ada banyak kok sekarang video editor yang menyediakan jasa editing dengan harga yang cukup terjangkau.


Lakukan kolaborasi

Nah, langkah yang satu ini bisa menjadi batu loncatan untuk kamu yang baru pertama kali akan terjun ke dunia konten Youtube.

Namun, perlu dicatat untuk memilih dan memilah siapa yang akan diajak kolaborasi. Sayang rasanya jika kamu sudah membuat riset, menjalin relasi, atau bahkan mengeluarkan bujet untuk berkolaborasi, tapi ternyata channel yang kamu pilih kurang relevan dengan ide konten Youtube menarik yang kamu usung.

Jika kamu memiliki bisnis kuilner dan mengusung konsep video tentang dunia kuliner dan masak memasak, pilihlah channel yang juga memiliki konsep serupa untuk diajak berkolaborasi.

Pastikan juga channel mereka telah memiliki audiens yang banyak dan memiliki kemiripan dengan target audiens channel Youtube kamu.

Baca juga : Tips Copywriting Untuk Makanan, Deskripsikan Kelezatan Lewat Kata


Buat video yang mudah dibagikan

Maksudnya video yang mudah dibagikan di sini adalah jenis video dengan konten atau topik yang sedang ramai dibicarakan, relevan dengan kehidupan banyak orang, dan tentunya bermanfaat.

Jika konten Youtube kamu memenuhi tiga kriteria tersebut, maka para penonton akan dengan senang hati membagikan video kamu di media sosial mereka.

Bagaimana caranya? Coba kamu buat konten Youtube yang sedang tren saat ini, lalu isi konten tersebut dengan hal yang relevan dengan banyak orang dan bisa menyentuh emosional mereka, baik secara humor maupun dengan sudut pandang yang serius. Lalu, kemas menjadi konten yang memiliki key takeaway atau pelajaran yang bermanfaat.


Itulah cara buat konten Youtube yang menarik untuk kamu para pemula dan ingin mengembangkan bisnis lewat medium tersebut.

Jika bisnis kamu bergerak di bidang finansial, kamu juga bisa membuat konten review hal-hal yang sedang ramai dibicarakan sekarang, seperti fintech.

Misal, buat review tentang P2P Lending yang cukup ramai dibahas di berbagai platform.

Atau kamu sendiri tertarik untuk memulai saham tersebut? Jika iya, kamu bisa memulainya bersama Koin P2P dari KoinWorks, pionir platform P2P Lending di Indonesia. Untuk lengkapnya bisa kamu baca di sini


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.