6 Syarat dan Cara Menjadi Star Seller Shopee – Shopee merupakan e-commerce asal Singapura yang sedang populer di tanah air selama beberapa tahun terakhir. Seakan tak mau kalah dengan kompetitornya, Shopee menyediakan banyak fitur yang menguntungkan bagi seller maupun pelanggan.

Salah satu fitur penting untuk para penjual di e-commerce tersebut adalah star seller Shopee.

Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika memenuhi syarat star seller Shopee, yaitu:

• Mendapatkan kepercayaan dari pelanggan karena tidak semua toko bisa memperoleh badge star seller.

• Memiliki kesempatan untuk bergabung dengan promo Shopee yang hanya melibatkan seller tertentu.

• Memperoleh kesempatan menerapkan program gratis ongkir dengan jumlah minimal pembelian lebih rendah daripada seller biasa.

• Memperbesar peluang untuk muncul di hasil pencarian teratas, termasuk saat pelanggan menggunakan filter khusus star seller.

Setelah mengetahui beberapa keuntungan tersebut, kamu tentu ingin menjadi star seller Shopee agar bisnis online-mu semakin populer dan omset pun semakin meningkat.

Cara menjadi star seller di Shopee ternyata mudah karena kamu hanya perlu memenuhi beberapa syarat berikut ini:


1. Rekor Penjualan yang Besar

Salah satu syarat star seller Shopee adalah rekor penjualan besar dengan kriteria sebagai berikut:

• Memiliki persentase atau jumlah produk pre-order minimal 20% selama maksimal 5 hari dalam kurun waktu 30 hari terakhir. Syarat ini hanya berlaku jika ada minimal 300 produk pre-order di toko.

• Toko melayani minimal 10 pembeli berbeda dalam kurun waktu 30 hari terakhir.

2. Kualitas Pelayanan Pelanggan yang Prima

Salah satu kriteria seller unggulan adalah kemampuan membalas chat pelanggan yang mumpuni. Itulah sebabnya salah satu syarat menjadi star seller di Shopee yang harus dipenuhi adalah persentase membalas chat minimal 80%.

Persentase tersebut menunjukkan bahwa seller cepat tanggap terhadap pertanyaan, kritik, maupun saran yang disampaikan pelanggan via jalur pribadi.

3. Memenuhi Semua Pesanan Pelanggan Secara Cepat

Syarat star seller Shopee juga mengharuskan kamu untuk memenuhi semua pesanan pelanggan secara cepat. Hal ini harus dilakukan jika toko online-mu di Shopee mulai memiliki banyak pelanggan yang jumlahnya terus bertambah seiring berjalannya waktu.

Untuk menjadi star seller di Shopee, toko online-mu harus meraih jumlah transaksi minimal 30 pesanan atau pendapatan bersih (tidak termasuk biaya lainnya) minimal 100 juta rupiah dalam kurun waktu 30 hari terakhir.

Baca juga : Raih Omset 10 Juta Pertama di Shopee

4. Mematuhi Kebijakan Seller Shopee

Syarat lain yang harus dipenuhi untuk menjadi star seller Shopee adalah mematuhi beberapa kebijakan berikut ini:

• Toko online tidak memiliki poin penalti. Biasanya poin penalti diberikan kepada seller yang tidak memenuhi standar minimum sesuai ekspektasi pelanggan. Tujuan pemberian poin penalti adalah sebagai peringatan kepada seller bahwa kualitas produk dan layanannya wajib ditingkatkan.

• Toko online tidak memiliki riwayat pesanan tak wajar, aktivitas akun yang janggal, atau penyalahgunaan program Shopee untuk kepentingan pribadi.

5. Persentase Performa Toko dan Penilaian Produk yang Tinggi

Syarat star seller Shopee juga mewajibkanmu memenuhi kriteria persentase performa toko dan penilaian produk yang tinggi, yaitu minimal 4,5. Performa toko dan penilaian produk yang tinggi menunjukkan bahwa kamu berhasil menyediakan produk dan pelayanan yang memuaskan bagi para pelanggan.

Hal tersebut membuatmu dianggap layak menyandang predikat star seller.

6. Menaati Ketentuan Lain yang Telah Ditetapkan Shopee

Ketentuan lain yang ditetapkan Shopee untuk calon star seller, yaitu:

• Sudah memiliki dan mengunggah KTP terdaftar yang telah disetujui Shopee.

• Tidak menjual barang-barang yang dilarang dalam program star seller (misalnya minuman keras, rokok, produk share in jar, barang bekas, produk KW, dan produk tanpa izin distributor resmi.)

Cara Mempertahankan Predikat Star seller

Jika kamu sudah berhasil menjadi star seller Shopee, maka kamu harus mematuhi beberapa syarat ini untuk mempertahankan predikat tersebut:

• Persentase membalas chat minimal 70%.

• Penilaian toko minimal 4,4.

• Persentase produk pre-order minimal 20% selama maksimal 5 hari dalam kurun waktu 30 hari terakhir. Syarat ini hanya berlaku jika ada minimal 300 produk pre-order di toko.

• Jumlah transaksi minimal 15 pesanan atau pendapatan bersih (tidak termasuk biaya lainnya) minimal 50 juta rupiah dalam kurun waktu 30 hari terakhir.

• Poin penalti kurang dari 3 poin.

• Melayani minimal 9 pembeli berbeda dalam waktu 30 hari terakhir.

• Toko online tidak memiliki riwayat pesanan tak wajar, aktivitas akun yang janggal, atau penyalahgunaan program Shopee untuk kepentingan pribadi.


Cara menjadi star seller Shopee tidak sesulit yang kamu bayangkan asalkan kamu menjalankan bisnis online secara konsisten. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa modal masih kerap menjadi kendala utama dalam mengembangkan bisnis.

KoinWorks memahami hal tersebut dan berupaya membantu para pebisnis melalui fasilitas KoinBisnis, pinjaman tanpa agunan dengan bunga rendah (berkisar antara 0,75% hingga 1,67%) dan sejumlah kemudahan lainnya.

Jika kamu memanfaatkan KoinBisnis untuk memperoleh tambahan modal, kamu bebas menentukan tenor pinjaman sesuai kebutuhan (antara 6 hingga 24 bulan).

Proses pencairannya sangat cepat dan hanya membutuhkan waktu satu sampai tiga hari saja. Selain itu, proses pembayarannya pun mudah karena bisa dilakukan melalui rekening virtual dengan sistem penagihan yang ramah sesuai prosedur Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, tunggu apa lagi?

Yuk, segera atasi kendala modal dengan memanfaatkan KoinBisnis dari KoinWorks agar bisnis online-mu lekas populer dan meraih omset fantastis.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.