Contoh CSR Perusahaan: Inspiratif & Menarik untuk Dicoba

449

Contoh CSR perusahaan yang inspiratif dan menarik sangat banyak.

Seperti namanya, Corporate Social Responsibility (CSR) adalah bentuk kegiatan yang berhubungan sosial atau gerakan lingkungan yang perusahaan lakukan sebagai bentuk rasa tanggung jawabnya.

7 Contoh CSR Perusahaan yang Inspiratif

Menjalankan kegiatan CSR harus memiliki visi dan misi yang melibatkan kepentingan bersama, baik dengan masyarakat atau terhadap lingkungan.

Nah, berikut beberapa contoh CSR perusahaan yang inspiratif dan menarik untuk kamu coba:

1. Beasiswa pendidikan

Contoh pertama adalah beasiswa pendidikan.

Program beasiswa ini sudah banyak perusahaan-perusahaan besar terapkan di Indonesia, salah satunya adalah Bank BRI.

Tujuan beasiswa pendidikan ini adalah memberikan kesempatan bagi anak-anak Indonesia yang kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Perguruan Tinggi. Selain itu, lewat beasiswa pendidikan ini, perusahaan juga berharap bisa melahirkan bibit-bibit unggul.

Tingginya ketimpangan dalam segi pendidikan yang kurang merata menjadi alasan kenapa perusahaan banyak membuat program CSR di dunia pendidikan.

Dengan adanya program beasiswa ini, maka seluruh anak-anak di Indonesia memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan terbaiknya.

Selain dalam segi pendidikan, kamu juga bisa membuat program beasiswa lain, seperti yang dilakukan oleh Djarum Foundation. Perusahaan besar ini memang terkenal rutin mengadakan beasiswa di bidang olahraga, yaitu bulu tangkis.

Dalam prosesnya, Djarum Foundation bekerja sama dengan PBSI melakukan penyaringan calon penerima beasiswa di beberapa kota besar. Tujuan dari beasiswa ini adalah menghasilkan atlet bulu tangkis nasional.

Baca Juga: Catat! Inilah 17 Peluang Bisnis Untuk Pelajar yang Mudah dan Menjanjikan

2. Corporate social marketing

Contoh CSR perusahaan berikutnya yang bisa kamu coba adalah corporate social marketing.

Tujuannya adalah meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap suatu masalah, serta fokus dengan pendapatan.

Jadi, inti dari kegiatan ini adalah melakukan kampanye lingkungan atau isu sosial, baik di media sosial atau TV, sekaligus mempromosikan produk atau jasa yang kamu miliki.

Contoh, kampanye dari Garnier Indonesia dengan CarbonEthics, dan Shopee Indonesia dengan tema “Serap Jejak Karbonmu”.

Perusahaan lain yang juga menggunakan corporate social marketing adalah Love Beauty & Planet Indonesia, dengan kampanye bertemakan #SmallActsofLove. Kampanye ini mengajak masyarakat untuk ikut berdonasi penanaman koral di Pulau Pramuka, dengan cara membeli produk edisi Clean Oceans.

Bentuk kampanye ini tentu memiliki nilai positif, karena mengajak seluruh masyarakat untuk turut berpartisipasi terhadap lingkungan.

Selain itu, perusahaan juga akan menerima revenue, baik dari segi penjualan atau citra perusahaan di benak masyarakat.

3. Cause promotion

Sama seperti corporate social marketing, kegiatan cause promotion juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap isu-isu penting, salah satunya lingkungan.

Jika kamu ingin melakukan kegiatan CSR yang singkat, sederhana, dan impactful, maka cobalah untuk menerapkan cause promotion.

Dalam prosesnya, perusahaan hanya memberikan donasi yang cukup, tanpa perlu ikut terlibat langsung dalam kegiatan di lapangan.

Contoh kegiatan selain berhubungan dengan lingkungan adalah pemberdayaan perempuan melalui kegiatan seperti membatik, menenun, menjahit, dan kegiatan lainnya yang positif.

Meskipun memiliki tujuan yang sama dengan contoh CSR perusahaan sebelumnya, kegiatan cause promotion ini tidak berfokus pada revenue. Jadi, kegiatan ini murni untuk mengajak masyarakat saling peduli dengan lingkungan atau keadaan sosial sekitar.

Baca Juga: Ketahui Contoh Strategi Promosi yang Paling Efektif untuk Bisnis

4. Kesehatan

Kegiatan CSR berikutnya yang tidak kalah menarik untuk kamu coba adalah bidang kesehatan.

Selain pendidikan, program kesehatan juga menjadi perhatian khusus oleh perusahaan-perusahaan besar.

Salah satu perusahaan yang fokus melakukan kegiatan di bidang kesehatan adalah Pertamina.

Terdapat 5 program CSR yang Pertamina selama ini jalankan, yaitu Program Posyandu Sehati, Penambahan Alat Kesehatan, Penyehatan Drainase, Bank Sampah, dan Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Program kesehatan lainnya yang juga menarik untuk kamu coba, antara lain Imunisasi Gratis, Cek Kesehatan, Operasi Katarak, Sunat Massal, Bagi-Bagi Masker, atau Gerakan Peduli Covid-19.

5. Rehabilitasi alam

Isu lingkungan memang tidak kalah menarik dari isu pendidikan atau kesehatan.

Meskipun menjadi negara kepulauan, ternyata Indonesia butuh waktu sekitar 60 tahun untuk bisa memulihkan lahan kritis.

Penyebab dari kritisnya lahan ini adalah berubahnya fungsi lahan menjadi kawasan pemukiman atau kawasan industri. Contohnya adalah DKI Jakarta yang sudah padat oleh pemukiman sekaligus perkantoran sebagai jantung perekonomian di Indonesia.

Lahan yang beralih fungsi ini tentu merusak keseimbangan lingkungan, sehingga Indonesia rawan mengalami bencana, seperti kebanjiran, tanah longsor, dan tsunami.

Inilah kenapa perusahaan wajib menjadikan program peduli lingkungan sebagai kegiatan utama dalam CSR. Program yang tepat untuk berubahnya fungsi lahan adalah rehabilitasi alam.

Seperti namanya, program ini bertujuan untuk memulihkan sekaligus mempertahankan kondisi alam agar tetap seimbang.

Contoh kegiatan yang bisa kamu lakukan, antara lain reboisasi, pemeliharaan hutan, penanaman tumbuhan bakau, hingga menanam 1.000 pohon.

Salah satu perusahaan yang melakukan kegiatan rehabilitasi alam adalah Allianz Indonesia bersama Bumi Journey. Kegiatan yang mereka lakukan adalah menanam 3.000 pohon mangrove.

Kegiatan ini tidak hanya memberikan dampak baik terhadap lingkungan, tetapi juga membantu menambah wawasan para pegawai tentang bagaimana kondisi alam di Indonesia saat ini, hingga bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut.

Baca Juga: Ini Etika dalam Berbisnis yang Harus Dipenuhi agar Profesional

6. Pengolahan limbah

Isu berikutnya yang bisa menjadi ide untuk melakukan kegiatan CSR yang bermanfaat adalah pengolahan limbah. Yup, rendahnya kepedulian masyarakat terhadap limbah menimbulkan masalah yang besar terhadap lingkungan sekaligus kesehatan.

Contoh CSR perusahaan yang berkaitan dengan pengolahan limbah adalah program daur ulang sampah.

Nantinya, limbah seperti botol-botol plastik bisa kamu kumpulkan, kemudian didaur ulang agar tidak merusak ekosistem.

Supaya program ini bisa menjangkau banyak masyarakat, gunakanlah website atau media sosial sebagai wadah informasi mengenai program daur ulang.

Masyarakat bisa mengirim produk kemasan yang tidak terpakai ke alamat yang tercantum di dalam website.

Dengan program pengolahan limbah ini, perusahaan tidak hanya bantu mengurangi limbah rumah tangga dan meningkatkan kesadaran masyarakat, tetapi juga membantu memperkecil peredaran produk palsu dari oknum-oknum yang memanfaatkan limbah rumah tangga sebagai kemasan ulang.

7. Volunteering

Terakhir adalah program volunteering atau kegiatan sukarela.

Kamu bisa melakukan kegiatan satu ini secara rutin, dan melibatkan seluruh pegawai di perusahaan sebagai relawan.

Kegiatan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sekaligus membantu meningkatkan produktivitas para pegawai.

Tingginya produktivitas pegawai ini akan menekan angka turnover atau perputaran pegawai.

Jenis volunteer yang bisa kamu lakukan adalah sekolah relawan yang fokus membantu tenaga pendidikan di tempat-tempat terpencil.

Selain itu, jenis volunteer lain yang juga bisa kamu coba adalah relawan medis ke tempat-tempat yang membutuhkan bantuan tenaga kesehatan.

Jika suatu daerah mengalami bencana seperti banjir bandang, tsunami, tanah longsor, gempa bumi, atau gunung meletus, jenis volunteer yang bisa kamu terapkan adalah insidental.

Baca Juga: 8 Cara Menginspirasi Karyawan Agar Bisa Selalu Kreatif dan Produktif

Sudah Tahu Apa Saja Contoh CSR yang Inspiratif?

Sebagai bentuk rasa tanggung jawab terhadap masyarakat atau lingkungan, perusahaan memang harus melakukan kegiatan CSR yang tepat sasaran.

Pemilihan CSR yang tepat akan membantu meningkatkan kredibilitas dan citra baik perusahaan.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, pilih program CSR yang inspiratif sekarang juga!