HomeMarketingContoh Konten Interaktif Instagram yang Cocok untuk Bisnis

Contoh Konten Interaktif Instagram yang Cocok untuk Bisnis

Seperti apa contoh konten interaktif Instagram yang cocok untuk bisnis?

Saat ini, semakin banyak orang yang memanfaatkan Instagram untuk menunjang bisnis.

Jika kamu adalah salah satunya, maka menggunakan media sosial untuk melakukan promosi melalui konten menarik tentu sudah familiar.

Di sini kami akan mengulas mengenai konten interaktif Instagram untuk bisnis.

Yuk, simak bersama! 

Contoh Konten Interaktif Instagram yang Menarik

Di bawah ini adalah contoh konten interaktif yang bisa kamu jadikan referensi untuk  berpromosi di Instagram.

1. Konten Instagram Live

Konten interaktif platform Instagram yang paling efektif adalah konten berupa live atau siaran langsung. Dengan adanya konten ini, maka kamu bisa meningkatkan interaksi dengan calon pembeli, terutama jika siaran kamu lakukan secara real time

Kamu bisa melakukan promosi produk bisnis dengan cara memperkenalkan produk dan menjawab pertanyaan dari audiens tentang produk. 

Selain itu, kamu juga bisa mengundang pelanggan atau influencer yang sudah pernah membeli dan menggunakan produk, atau hanya sekedar menyapa penonton untuk mempromosikan produk. 

2. Konten Giveaway

Contoh konten interaktif Instagram selanjutnya adalah mengadakan giveaway produk bisnis. Banyak audiens yang akan menyukai konten berupa giveaway, karena jika beruntung, mereka bisa mencoba produk tanpa membelinya terlebih dahulu. 

Namun, saat mengadakan event giveaway, pastikan memberikan syarat kepada audiens, jika mereka ingin mendapatkan hadiah gratis. Syarat yang bisa kamu berikan, seperti membagikan ulang postingan tersebut, memberi komentar, atau memberi like dan follow akun tertentu. 

3. Kuis Instagram

Jenis konten berikutnya, yaitu berupa kuis yang bisa menarik minat banyak orang. Karena hanya perlu waktu yang singkat untuk memberikan respon. Kamu bisa memberikan kuis melalui postingan biasa atau story

Pastikan untuk membuat kuis semenarik mungkin! Contohnya, tebak gambar dari produk yang kamu jual atau tebak-tebakan bahan dari pembuatan produk tersebut. Kemudian, berikan hadiah bagi audiens yang tercepat dan berhasil menjawab kuis dengan benar, berupa saldo e-wallet atau hadiah kecil lainnya. 

4. Konten Q&A

Contoh konten interaktif Instagram berikutnya, yaitu Question and Answer atau Q&A. Konten ini bisa kamu ciptakan dengan fitur yang tersedia pada story Instagram. Selain itu, kamu bisa membuat variasi Q&A dengan mengundang influencer terkenal yang sudah pernah menggunakan produk untuk berbagi pengalaman. 

Kamu bisa mengunggah postingan terbaru untuk memancing para followers, supaya mengirimkan pertanyaan kepada influencer yang kamu undang untuk bekerjasama. Lalu, kumpulan pertanyaan dari followers akan kamu jawab dalam bentuk video pada hari berikutnya. 

Pastikan jangan memberikan pertanyaan maupun jawaban yang terlalu serius! Karena mayoritas audiens lebih menyukai topik pembahasan yang bersifat lucu, santai, dan tidak kaku. 

5. Konten Informatif Tentang Produk

Jenis konten yang tidak boleh kamu lewatkan, yaitu informasi lengkap seputar produk yang kamu jual. Konten ini merupakan konten penting, karena akan mengenalkan produk secara lengkap kepada para audiens. Jangan lupa untuk membalut konten dengan topik jenaka supaya tidak membosankan! 

Contohnya, jika kamu menjual produk skincare untuk menghilangkan jerawat, buatlah konten permisalan jerawat seperti rasa cinta kepada mantan pacar yang tidak mudah hilang dan selalu meninggalkan bekas. Konten yang bersifat emosional sangat efektif untuk membuat audiens tertarik dan mau berinteraksi, lalu lebih mengenal produk. 

6. Meme atau Konten yang Sedang Tren

Media sosial merupakan gudang tren terkini, sehingga jangan sampai kamu membiarkan produk bisnis ketinggalan zaman dan tidak mendapatkan banyak pelanggan. Kamu harus mempelajari tren media sosial terkini yang bisa kamu gunakan untuk promosi produk bisnis. 

Contohnya, saat ini sedang tren meme atau gambar yang memiliki pesan lucu atau pesan khusus. Konten berupa meme akan mengundang respon dari audiens maupun pengguna Instagram lain jika kamu bisa membuatnya dengan menarik. 

7.  Video Proses Pembuatan Produk 

Contoh konten interaktif Instagram lainnya bisa kamu sisipkan video proses pembuatan produk, kemudian posting pada fitur reels Instagram. Saat audiens melihat video pembuatan produk, maka mereka akan tertarik dan mengetahui gambaran cara bisnis tersebut bekerja. 

Para audiens yang tertarik dengan video tersebut, kemungkinan besar akan menjadi pelanggan. Selain itu, konten belakang layar lebih mudah kamu ciptakan, karena tidak perlu memberi filter apapun atau hanya cukup merekam saja. 

Contohnya, jika kamu memiliki bisnis fashion online, maka abadikan momen admin-admin yang sedang bekerja atau bersantai sembari kerja. Sehingga, audiens berkesan mengenal admin dan lebih mempercayai brand produk kamu. 

8. Gambar atau Video Produk

Tujuan membuat konten di Instagram, yaitu untuk menunjukkan produk kepada audiens. Agar produk kamu semakin terkenal, maka rutinlah memposting konten berupa gambar maupun video produk. Dengan begitu, followers semakin terbiasa dengan produk yang kamu jual. 

Namun, jangan hanya memposting foto dan video begitu saja tanpa tag harga. Hal itu membuat followers merasa harus repot untuk mencari informasi harga dan bisa saja merasa bosan, lalu tidak jadi membeli produk. Oleh sebab itu, kamu perlu langsung mencantumkan harga produk dengan jelas. 

Harga produk yang kamu cantumkan dengan jelas juga berguna untuk menghemat waktu, karena tidak perlu susah payah melayani pertanyaan dari audiens melalui kolom komentar maupun pesan Instagram. 

Kemudian, hal yang paling tidak kalah penting adalah caption. Tulislah caption yang bersifat soft selling. Sehingga, kamu cukup menjelaskan keuntungan, fitur, dan informasi lain tentang produk. Kamu juga boleh menyisipkan kata-kata lucu yang tidak berlebihan pada caption

Hal penting yang perlu kamu perhatikan saat menulis caption adalah tetap fokus pada produk yang kamu jual, jangan membahas produk lain! Kemudian, edit foto atau video menjadi lebih aesthetic dan terlihat menarik saat dipandang. 

9. Konten Pengguna

Konten pengguna atau user generated content merupakan sebuah konten yang autentik dan lebih mudah dipercaya oleh para audiens. Karena yang membuat konten adalah sesama pengguna, bukan dari pihak penjual produk. Sehingga, kecil kemungkinan untuk berbohong atau melebihkan produk tertentu.

Contoh konten interaktif Instagram ini biasanya akan diposting melalui feed Instagram pengguna tersebut atau influencer. Ulasan terhadap produk biasanya akan sesuai dengan efek yang mereka rasakan setelah pemakaian. 

Setelah pengguna memposting konten produk tersebut, kamu bisa melakukan repost ke feed Instagram bisnismu sendiri. Dengan begitu, kepercayaan pelanggan akan semakin meningkat. Kemudian, jika kamu bekerjasama dengan influencer yang memiliki banyak followers, maka semakin mudah audiens mengenal produk kamu. 

10. Konten Tutorial

Contoh konten interaktif yang tidak kalah menarik, yaitu video berupa tutorial yang berhubungan dengan produk kamu. Hal ini membuktikan bahwa kamu tidak hanya menjual, tetapi juga memberikan tips penting kepada para audiens. 

Misalnya, produk bisnis kamu tentang makanan, maka berikan tutorial resep makanan yang biasa kamu jual. Lalu, berikan tips memasak, seperti takaran atau bahan khusus agar masakan lebih lezat. 

Konten video akan meningkatkan engagement kamu. Sehingga, para audiens yang tertarik akan berinteraksi dengan kamu, seperti mengajukan pertanyaan tentang topik tersebut, memberi saran atau komentar berupa dukungan. Jika engagement tinggi, maka konten kamu bisa menjadi lebih terkenal dan produk semakin laku.

11. Testimoni Pelanggan

Testimoni dari pelanggan merupakan salah satu contoh konten interaktif Instagram yang menarik. Karena biasanya pembeli sebelum membeli produk akan melihat rating atau ulasan dari pembeli lain yang sudah menggunakan produk. 

Sehingga, dengan membuat konten testimoni yang baik, maka kamu mendorong calon pelanggan untuk percaya dan membeli produk. Selain itu, jika kamu membaca testimoni pelanggan, maka sebaiknya berikan respon dengan baik dan sopan, sehingga pelanggan lain juga akan tertarik untuk memberikan testimoni.

Jika banyak pelanggan yang mengirimkan testimoni berupa kata-kata positif serta gambar produk. Maka, hal itu bisa menjadi peluang untuk membuat calon pelanggan lebih percaya, bahwa produk yang kamu kirimkan adalah sesuai dengan gambar dan dalam kondisi yang baik. 

Yuk, Coba Buat Konten Interaktif di Instagram!

Itulah contoh konten interaktif Instagram yang bisa kamu terapkan untuk mempromosikan produk bisnis.

Pastikan mengemas konten foto maupun video dengan menarik, ya!

Jangan lupa menyeseuaikan dengan preferensi audiens supaya lebih aesthetic dan menjadi daya tarik.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar marketing, content marketing, media sosial dan digital marketing hanya di entrepreneurcamp.id

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Aplikasi Gratis untuk Menaikkan Ukuran JPG via Smartphone

Tidak hanya diperkecil, terkadang beberapa gambar juga perlu diperbesar ukurannya agar lebih jelas. Namun biasanya, menaikkan ukuran jpg juga akan berpengaruh terhadap resolusi foto...

Ini Keuntungan Berwirausaha bagi Sekitar dan Diri Sendiri

Berwirausaha adalah kegiatan membangun usaha yang membutuhkan kemampuan melihat kesempatan usaha yang mengatur, mengorganisir, mengambil risiko untuk mendapatkan keuntungan. Berwirausaha tidak hanya membawa bermanfaat...

Cara Memperbesar Ukuran JPG Menjadi 300kb, Simpel dan Mudah!

Memperbesar ukuran JPG menjadi 300kb dengan mempertahankan kualitasnya adalah pekerjaan yang cukup sulit. Padahal, memperbesar gambar penting untuk membantu bisnis kamu. Mengubah ukuran gambar...

Ketahui Cara Monetisasi Instagram Reels, Bisa Hasilkan Keuntungan!

Selain sebagai hiburan, kamu ternyata juga bisa menghasilkan pundi-pundi uang melalui monetisasi Instagram Reels. Hal ini bisa dilakukan asal pengguna melengkapi beberapa syarat tertentu. Lantas,...

Cara Memperbesar Ukuran JPG 200KB, Online dan Gratis!

Memperbesar ukuran JPG 200KB online merupakan cara yang mudah. Saat ini, banyak tools dan aplikasi yang membuatmu bisa memperbesar atau memperkecil ukuran foto sesuai...