Apa itu CPA Marketing? Ini Pengertian dan Tips Suksesnya!

86
cpa marketing adalah

Digital marketing sudah sangat berpengaruh akhir-akhir ini.

Banyak keuntungan yang bisa kamu dapat saat menjelajah internet, mulai dari pemasaran bahkan mencari untung.

CPA marketing adalah salah satu metode pencarian untung yang hanya bermodalkan internet dan kreativitas.

Simak penjelasan pemasaran CPA berikut ini!

Apa itu CPA Marketing?

Singkatnya, CPA marketing adalah singkatan dari cost per action, yang mana sistem kerjanya mirip sekali dengan endorse, affiliate, dan sebagainya, yaitu kamu mendapat untung karena memasarkan suatu produk.

Selain itu, sebagai seorang publisher, metode CPA ini juga dapat kamu buat sebagai bisnis baru yang menguntungkan dan lebih gampang jika dibandingkan dengan endorse dan affiliate.

Logikanya, akan lebih mudah mengajak orang untuk melakukan suatu pekerjaan secara gratis daripada menyuruh seseorang untuk membeli suatu produk. CPA marketing juga banyak digemari oleh bisnis-bisnis yang berfokus kepada branding produk, karena cakupan user nya akan lebih luas.

Jika kamu tertarik untuk aktif dalam CPA marketing atau ingin memulai bisnis CPA ini, kamu harus mengerti beberapa istilah yang ada. Istilah yang ada dalam CPA marketing, antara lain:

  • Publisher: Istilah ini merujuk kepada orang yang akan mempromosikan produk, brand, ataupun suatu bisnis pada website miliknya untuk mendapatkan keuntungan.
  • Advertiser atau Pengiklan: Orang yang menyewa publisher untuk mengiklankan produk, brand, dan bisnis miliknya.
  • Manager Affiliate: Seorang manajer yang memiliki tugas untuk membimbing publisher dalam menjalankan bisnis CPA, agar mencapai target. Biasanya, manager akan menjadi pihak yang memberi tips dan solusi.
  • CPA Network: Platform yang akan digunakan sebagai tempat ‘pertemuan’ pengiklan dan publisher.
  • Komisi: Nominal keuntungan yang nantinya disepakati oleh publisher dan advertiser untuk memasang iklan.
  • Action: Beberapa aksi yang advertiser harapkan dan targetkan kepada pihak publisher menyangkut iklan produknya. Aksi ini biasanya akan berkesinambungan dengan harga dan komisi yang mereka berikan.

Baca juga: Channel Marketing Adalah: Jenis dan Contohnya dalam Bisnis

Cara Kerja CPA Marketing

Nah, setelah kamu mengerti definisi dari CPA marketing, berikutnya kamu harus mengerti tentang bagaimana cara kerja CPA ini. Langkah-langkah untuk menjadi seorang publisher CPA marketing adalah sebagai berikut:

  • Pertama-tama, buat terlebih dahulu suatu website, bisa dari Blogger ataupun WordPress yang akan kamu jadikan sebagai platform untuk mengiklankan produk.
  • Daftarkan diri sebagai publisher ke suatu CPA Network. Beberapa situs CPA marketing yang masih aktif sampai sekarang, antara lain Peerfly, Maxbounty, CpaMatica, CpaLead, dan Cpa Ground.
  • Pihak advertiser akan memberikan kamu konten iklan yang harus kamu pasang pada website milikmu.
  • Jika pengunjung website milikmu memberikan action pada iklan yang kamu pasang, maka kamu akan mendapatkan komisi.

Seperti yang tertera sebelumnya, penjelasan singkat tentang cara kerja CPA marketing adalah berdasarkan komisi dan action yang harus publisher usahakan dari para user atau penonton.

Action tersebut memiliki istilah CPA leads. Perhitungan keuntungan untuk para publisher iklan ditentukan oleh berapa banyak CPA leads yang mereka berikan. Beberapa action yang menjadi target publisher, antara lain:

  • Mendownload aplikasi iklan.
  • Menonton video.
  • Mengklik iklan, link, ataupun masuk ke dalam website advertiser.
  • Subscribe produk iklan dengan mencantumkan email, dan sebagainya.
  • Melakukan pembelian.

Nah, cara kerja pembayaran CPA marketing adalah dengan menghitung action dari para penonton dengan komisi sekitar 1% sampai 10% dari harga asli produk. 

Contohnya, harga produk yang kamu iklankan adalah sebesar Rp50.000,00, maka komisi yang akan publisher terima berkisar antara Rp500,00 sampai Rp5.000,00 per 1 action.

Kelebihan CPA Marketing

Tujuan utama dalam berbisnis CPA ini adalah kamu harus menghasilkan action sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan komisi yang lebih besar.

Beberapa alasan yang dapat kamu jadikan kelebihan dalam berbisnis CPA marketing adalah sebagai berikut:

1. Modal Minim

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, cara kerja CPA marketing sangat simple. Kamu mengiklankan suatu produk di website milikmu, maka kamu akan mendapat uang dari action pengunjung.

Artinya, kamu tidak perlu mengeluarkan modal apapun, karena hal yang paling kamu butuhkan untuk berbisnis CPA marketing ini adalah sebuah website yang memiliki banyak pengunjung. Proses pendaftaran untuk menjadi publisher dalam network CPA juga gratis.

2. Mudah

Yang perlu kamu fokuskan dalam menjadi seorang publisher adalah bagaimana caranya website milikmu memiliki banyak pengunjung. Kamu tidak perlu berurusan langsung dengan orang banyak ataupun menjalankan marketing tatap muka. Sehingga, tentunya jadi lebih mudah.

3. Fleksibel

Menjalankan bisnis CPA marketing ini juga tidak terikat oleh jam kerja apapun. Kamu dapat melakukannya dimanapun dan kapanpun.

4. Berpeluang Untung Tinggi

Bisnis CPA akan membuat keuntungan tinggi, jika kamu aktif merawat websitemu, sehingga banyak pengunjung yang bersedia untuk membuka informasi yang kamu berikan. Semakin banyak pengunjung pada website, maka akan semakin banyak kesempatan mendapatkan action untuk iklan CPA.

Tips Menerapkan CPA Marketing

Nah, jika kamu tertarik untuk menjadi Publisher, berikut ini ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan agar CPA marketing sukses dan dapat menghasilkan keuntungan yang lebih banyak.

Beberapa tips menjalankan CPA marketing adalah sebagai berikut:

1. Buat Konten Menarik

Modal utama yang perlu kamu miliki sebagai seorang publisher tentunya adalah website. Kamu harus terlebih dahulu memiliki sebuah website, agar dapat menjadi seorang publisher. Untuk itu, agar traffic websitemu tinggi, kamu dapat memberikan informasi-informasi menarik sebagai konten website.

Contohnya adalah website berita, review film, perjalanan dan travelling, kesehatan, maupun makanan. Kamu dapat membuat banyak jenis konten menarik untuk website milikmu, agar jenis pengunjung yang dapat dijangkau lebih luas dan lebih beragam lagi.

2. Buat Konten SEO

Selain membuat konten yang menarik, kamu juga perlu membuat konten yang teridentifikasi SEO. SEO atau Search Engine Optimization adalah suatu teknik agar website milikmu dapat menjadi referensi paling atas dalam mesin pencarian. Cara membuat website SEO friendly, antara lain:

  • Buat dua jenis tampilan website, desktop, dan mobile.
  • Perhatikan user experience! Agar pengunjung dapat menjalankan website dengan cepat.
  • Gunakan taksonomi atau pengelompokkan tag dan kategori.
  • Buat penempatan internal link dalam setiap konten.
  • Buat konten dengan keyword yang banyak digunakan.
  • Optimalkan kecepatan loading website.

3. Sediakan Sistem Call to Action

Sediakanlah kontak yang terjamin pada setiap iklan yang kamu pasang! Agar para pengunjung yang tertarik pada iklan tersebut tidak bingung. CTA ini dapat kamu gunakan melalui link, alamat email, ataupun nomor telepon yang bersangkutan.

4. Cek Masalah

Rajinlah untuk mengecek setiap masalah yang mungkin muncul terhadap pemasaran CPA, seperti PPC Ads, keyword content, landing page, network, dan lain-lain.

Baca juga: Mengenal Emotional Marketing, Strategi Promosi yang Menyentuh

Sudah Paham Apa Itu CPA Marketing?

Jadi, CPA marketing adalah metode yang dapat kamu lakukan untuk mengambil keuntungan cukup besar dari pemasaran suatu produk.

Cara melakukannya, yakni mulai dari membuat website, mendaftar sebagai publisher, memasang konten iklan dari advertiser, dan mendapatkan keuntungan bila trafik dan action kunjungan meningkat.