Fitur COD Tokopedia, Begini Cara Aktivasinya! – Sebagai seorang pebisnis sekaligus Seller di Tokopedia sayang rasanya jika melewatkan kesempatan untuk mengaktifkan fitur COD atau Bayar di Tempat.

Memang, fitur COD (Cash on Delivery) ini menambah daftar pilihan buat pembeli dan menarik lebih banyak lagi pilihan mereka.

Terutama bagi mereka yang masih merasa ragu untuk melakukan transfer sejumlah uang. Selain itu ada juga pembeli yang membutuhkan fitur COD karena terkendala akses ke Mobile Banking atau pun ATM.

Oleh karena itu, untuk memperluas jangkauan pembel kamu, ada baiknya untuk mengaktifkan COD Tokopedia di toko kamu.


Mengenal COD Tokopedia

Fitur COD Tokopedia ini adalah opsi transaksi dengan uang tunai baik untuk para pembeli maupun seller dalam melakukan jual beli. Mekanismenya adalah pembeli melakukan pembayaran tunai kepada kurir saat barang diterima.

Hal ini akan meningkatkan kepercayaan pembeli untuk melakukan pembelian di toko kamu. Bisa jadi mereka adalah orang-orang yang tidak memiliki akses pembayaran dengan kartu debit atau kredit dan tidak terbiasa belanja online.

Baca juga : Fitur COD Shopee untuk Penjual, Begini Cara Aktivasinya!


Keuntungan untuk Seller yang Mengaktifkan Fitur COD Bayar di Tempat

Saat fitur layanan COD Tokopedia ini diluncurkan, tidak sedikit seller yang mempertanyakan keuntungan untuk mereka jika mengaktifkannya.

Ternyata ada beberapa keuntungan yang bisa didapat dan tentunya bisa menjadi salah satu faktor yang bisa meningkatkan penjualan, seperti berikut ini.

Memperluas jangkauan

Jauh dekatnya lokasi antara penjual dan pembeli menjadi faktor yang memengaruhi penjualan.

Dengan menggunakan layanan COD Tokopedia, kamu bisa memperluas jangkauan ke para pembeli yang tidak terbiasa belanja online dan tidak memiliki akses yang mudah ke metode pembayaran dengan kartu debit atau kartu kredit.

Pembeli yang berada di daerah terpencil bisa terbantukan dengan adanya fitur Bayar di Tempat seperti ini. Dan tentunya ini bisa memajukan bisnis kamu.

Baca juga : Cara Upload Produk Tokopedia Lewat HP

Menarik pembeli

Jika kamu mengaktifkan COD atau Bayar di Tempat, kamu akan meningkatkan daya tarik toko kamu di mata pembeli.

Dengan mengaktifkan fitur ini toko kamu akan memiliki logo Bayar di Tempt yang akan tampil di setiap halaman produk yang kamu jual.

Selain itu, logo Bayar di Tempat ini juga akan tampil di halaman pencarian dengan filter Bayar di Tempat.

Transaksi terjamin

Jika menggunakan fitur COD Tokopedia, kamu tidak perlu khawatir risiko barang rusak atau hilang selama perjalanan pengiriman.

Alasannya karena seluruh pengiriman yang menggunakan layanan Bayar di Tempat akan mendapat perlindungan asuransi.

Serah terima barang pun hanya akan dilakukan oleh pembeli saat mereka telah memastikan produk, lalu baru melakukan pembayaran.

Jika pembeli tidak menerima produk yang tidak sesuai dan ingin melakukan retur atau pengembalian, maka produk yang dikembalikan ke seller biaya kirimnya akan ditanggung oleh Tokopedia.


Cara Mengaktifkan COD Tokopedia di Toko Kamu dan Mekanismenya

Sangat mudah untuk mengaktifkan fitur COD atau Bayar di Tempat ini di toko kamu. Langkah-langkahnya hampir mirip dengan cara mengaktifkan fitur bebas ongkir.

1. Pastikan kamu sudah mengaktifkan kurir SiCepat

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengaktifkan kurir SiCepat.

Pada halaman Pengaturan Toko, lalu masuk ke bagian “Pengiriman” lalu klik kurir SiCepat

Fitur COD Tokopedia

2. Aktifkan layanan “Bayar di Tempat”

Selanjutnya, aktifkan fitur Bayar di Tempat melalui halaman pengaturan toko, pada tab Layanan. Ikuti langkah mudahnya berikut ini.

Pertama, masuk ke Halaman Tokopedia Seller lalu pilih Pengaturan Toko dan klik Layanan.

Fitur COD Tokopedia

Di bagian opsi Bayar di Tempat, ceklis kotak di damping tulisan Saya menyetujui Syarat dan Ketentuan Bayar di Tempat lalu klik tombol Aktifkan Layanan.

3. Mekanisme layanan Bayar di Tempat (COD) Tokopedia

  • Terima Pesanan

Ikuti langkah Terima Pesanan seperti menerima pesanan lainnya.

Setelah terima pesanan berhasil, kamu akan menerima nomor resi booking yang bisa kamu lihat di menu Konfirmasi Pengiriman.

  • Konfirmasi Pengiriman

Di menu Konfirmasi Pengiriman, pastikan kamu sudah mencetak label pengiriman dengan klik Cetak pada pesanan.

Lalu, tempelkan label pengiriman yang berisi barcode resi pengiriman pada paket yang akan dikirim.

Seluruh pengiriman Bayar di Tempat wajib mencetak label pengiriman agar kurir dapat membedakan paket Bayar di Tempat dari paket biasa dan tidak terlewat untuk melakukan penagihan pembayaran pada pembeli.

  • Request Pick-up

Jika barang sudah kamu siapkan, klik Request Pickup.

Penjemputan (pickup) akan dilakukan maksimal 1×24 jam sejak kamu melakukan request pickup (tidak termasuk hari libur).

Setelah berhasil dijemput kurir, pesanan akan pindah ke menu Status Pengiriman.

Di sini kurir SiCepat akan men-scan barcode di label resi paket tadi. Dan dalam waktu maksimal 1 jam, status pesanan akan otomatis berubah jadi Dalam Pengiriman dan pembeli sudah bisa melacak paket mereka di aplikasi.

  • Transaksi berhasil

Saat pesanan atau barang telah berhasil serah terima ke pembeli dan mereka menyelesaikan transaksi, maka dana penjualan akan otomatis masuk ke Saldo Penghasilan kamu dengan potongan biaya pengiriman.

Jadi, kamu tidak perlu membayar lagi biaya pengiriman ke kurir ataupun agen SiCepat.


Mudah sekali bukan untuk mengaktifkan layanan COD Tokopedia ini. Semudah melakukan pengajuan pinjaman dana di KoinBisnis dari KoinWorks.

Produk pinjaman tanpa agunan ini memberikan kamu kesempatan untuk mendapatkan pinjaman hingga 2 milyar rupiah. Jadi bisnis online kamu bisa mendapat tambahan modal tanpa harus menunggu lama.

Bunga pinjaman yang dikenakan di KoinBisnis pun tergolong rendah, yakni berada di antara 0,75% hingga 1,67% per bulannya. Dan yang terpenting, tidak ada biaya tersembunyi yang akan dikenakan karena semua dijalankan secara transparan.

Tunggu apa lagi? Yuk, ajukan penambahan modal untuk bisnis online-mu agar semakin berkembang!


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.