HomeMarketingDigital MarketingPengertian, Jenis dan Manfaat Influencer Untuk Bisnis

Pengertian, Jenis dan Manfaat Influencer Untuk Bisnis

Pengertian, Jenis dan Manfaat Influencer Untuk Bisnis – Siapa yang tidak familiar dengan influencer? Tentu saja semua sudah mengenal hangat satu profesi ini, mengingat kehadirannya yang selalu muncul di halaman social media di setiap hari.

Melihat popularitasnya yang kian diminati, influencer menjadi salah satu role paling dicari untuk mempromosikan bisnis. Dengan audiensnya sendiri yang selalu menjadi pengiut setia, para influencer dapat membantu bisnis untuk tetap eksis.

Lantas, bagaimana hubungan antara influencer untuk bisnis dan bagaimana untuk mendapatkan manfaat dari jasanya? Berikut kami rangkum agar kamu dapat mengenal influencer untuk bisnis lebih dalam lagi. Simak ulasan di bawah ini, ya!


Memahami Pengertian Influencer

Walaupun influencer lebih dikenal sebagai sebuah profesi, tetapi sebenarnya memiliki arti yang lebih dalam. Sesuai dengan dengan namanya, influencer adalah sosok public figure di social media yang memiliki audiens sendiri. Biasanya berbentuk followers dengan jumlah banyak dan setia.

Biasanya influencer sendiri mempunyai suara yang kuat lantaran menjadi perhatian oleh para audiens yang mengikutinya. Influencer dalam bisnis sendiri biasanya memiliki peran untuk menjadi corong bagi brand dalam melakukan marketing.

Dengan bantuan influencer, brand akan lebih mudah untuk memperluas pasar dan menjangkau calon pembeli yang merupakan audiens dari influencer tersebut.


Apa Saja Jenis-Jenis Influencer?

Sekilas influencer memang terlihat sama. Namun, faktanya influencer juga memiliki jenis-jenis yang berbeda. Influencer untuk bisnis dibagi ke dalam beberapa kategori, antara lain:

  • Mikro Influencer

Mikro influencer merupakan kategori influencer yang memiliki jumlah followers kurang dari 10.000 orang. Walaupun memiliki jumlah followers yang tidak banyak, influencer ini dipercaya lebih efektif untuk mempromosikan bisnis.

Alasannya, mereka yang memiliki jumlah followers yang sedikit ini justru cenderung setia. Itu sebabnya jika sosok tersebut melakukan promosi brand kemungkinan untuk ikut dicoba oleh para audiens akan lebih besar.

Selain itu, dengan jumlah pengikut yang minim mikro influencer juga memiliki target audiens lebih spesifik yang akan memudahkan saat membuat konten karena karakteristik yang lebih terukur.

  • Makro Influencer

Sesuai dengan namanya, makro influencer memiliki followers yang lebih banyak, yaitu 100.000 atau lebih. Walau memiliki jumlah followers lebih banyak dan tidak spesifik, tetapi jenis influencer ini memiliki keunggulan lantaran dikenal oleh masyarakat dan lebih berpotensi untuk menjadi corong dalam mempromosikan suatu brand.

Jika kamu bertujuan untuk membangun awareness  menggunakan jasa influencer untuk bisnis, maka makro influencer cocok dalam memulai. Jangkauannya akan lebih luas, sehingga produkmu yang dipromosikan akan lebih potensial untuk dikenal.

  • Premium Influencer

Mau jasa influencer untuk bisnis yang lebih mewah? Premium influencer jawabannya. Dengan budget yang besar, kamu bisa mendapatkan promosi dengan jangakauan yang jauh lebih luas lagi.

Biasanya, premium influencer memiliki followers jutaan dan jauh lebih terkenal dari klasifikasi sebelumnya. Itu sebabnya menggunakan jasa mereka jauh lebih mahal, tetapi daya jangkau produkmu akan lebih luas. Sebelum menggunakan jasanya untuk bisnimu, pastikan dulu sesuai dengan budget yang ada.


Manfaat Influencer Untuk Bisnis

Membangun Brand Awareness Produk Bisnis 

Ketika seorang selebriti, pakar industri, atau tokoh media sosial berbagi konten tentang suatu merek, itu menambah kredibilitas instan ke bisnis anda. Hal ini menunjukkan bahwa merek tersebut adalah merek berkualitas yang dapat dipercaya.

Dapat Menjangkau Target Audiens Bisnis Anda

Kami tidak dapat melebih-lebihkan pentingnya manfaat khusus ini. Influencer yang relevan menempatkan konten Anda di depan pengguna media sosial yang sudah tertarik dengan niche bisnis Anda. Tidak ada anggaran tambahan yang diperlukan untuk menguji dan menemukan audiens Anda, influencer telah menetapkan audiens ini di media sosial untuk diri mereka sendiri.

Influencer Adalah Trendsetters

Konsumen bosan dengan iklan, terutama yang selalu muncul di wajah mereka. Akibatnya, tidak mengherankan jika sebagian besar pengguna internet menggunakan pemblokir iklan di smarthphone dan komputer pribadi mereka.

Mendapatkan konten berkualitas dari influencer yang andal dan trendsetter serta tidak memaksa adalah salah satu alasan mengapa ini lebih efektif daripada menjalakan iklan.

Itu dia beberapa jenis influencer dalam bisnis yang bisa kamu gunakan untuk membantu mempromosikan produkmu. Jika ingin bisnismu lebih maju lagi, KoinWorks dapat membantumu untuk sisi finansial. Jika baru saja memulai bisnis, kamu dapat meminjam modal usaha online dengan KoinBisnis.

Caranya pun mudah dan cepat, cukup unduh aplikasi KoinWorks dan bergabung kemudian kamu dapat terintegrasi secara otomatis. Hubungkan bank dan toko online dan kamu bisa menikmatinya dengan mudah. Selamat mencoba!


Dapatkan berbagai informasi,tips seputar bisnis dan perkembangan digital marketing bersama Entrepreneurcamp.id



Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Cara Berjualan di AliExpress dengan Tips Lengkap Untuk Pemula!

Mengubah metode penjualan bisnis kamu menjadi online dapat meningkatkan penjualan produk kamu.  Salah satu online marketplace yang memiliki cangkupan pasar global yang luas di...

Cara Buka Toko Di Tokopedia Dengan Mudah

Cara Buka Toko di Tokopedia - Apakah kamu seorang pemula dalam dunia wirausaha? Pasti berjualan secara online pernah terpikir darimu. Salah satu alasannya karena...

Kenali 12 Fungsi Google Analytics untuk Tingkatkan Performa Bisnismu

Tahukah kamu bahwa setidaknya ada lebih dari 27 juta situs web yang sudah terhubung dengan layanan Google Analytics. Statistik inipun dikabarkan terus mengalami pertambahan...