Instagram Reels: Manfaat dan Ukuran – Setelah ditunggu-tunggu, pada 24 Juni 2021 lalu Instagram Reels resmi hadir di Indonesia. Walaupun sebelumnya tidak bisa digunakan di Indonesia, tetapi kini kita bisa ikut menikmati fitur terbaru dari Instagram tersebut.
Baca juga: Cara Menggunakan Trello untuk Bisnis dengan Mudah
Daftar Isi
Apa Itu Instagram Reels?
Instagram Reels adalah format konten yang memungkinkan kamu membuat dan berbagi video pendek yang menarik, tidak seperti Instagram Stories yang bisa hilang setelah 24 jam.
Jika digambarkan, IG Reels memiliki ciri khas konten berupa video berdurasi pendek yang diedit sedemikian rupa. Bukan hanya itu, pada Instagram Reels kita juga dapat menambahkan audio maupun musik dengan memadukan filter dan efek sehingga fitur ini terlihat familiar seperti Tik Tok.
Tentu saja, kehadiran Instagram Reels ini semakin menghibur pengguna platform tersebut. Disamping itu, ternyata Instagram Reels juga bisa digunakan untuk menunjang bisnis. Melalui video pendek tersebut kita dapat membuat konten untuk meperkenalkan bisnis kita.
Baca juga: Memahami Algoritma Instagram 2021
Kira-kira apa saja ya yang bisa kita dapatkan dari Instagram Reels jika digunakan dalam segi bisnis? Di bawah ini kami rangkum manfaat dan juga cara yang bisa kamu lakukan jika menggunakannya. Simak bersama ya!
Ukuran Reels Instagram
Berikut ukuran lengkap instagram reels yang perlu kalian tahu:
-
Ukuran Instagram Reels:
1,080 pixels x 1,920 pixels | Rasio 9:16
-
Ukuran Instagram Reels Feed View:
1,080 pixels x 1,350 pixels | Rasio 4:5
-
Ukuran Cover Instagram Reels:
1,080 pixels x 1,920 pixels | Rasio 9:16
Baca juga: Ukuran Feed Instagram Paling Tepat untuk Konten Bisnismu
Manfaat Instagram Reels untuk Bisnis
Meningkatkan Brand Awareness
Menggunakan Instagram Reels untuk bisnis dapat membantu meningkatkan brand awareness. Bagaimana tidak? Kamu cukup membuat video dengan durasi pendek untuk menarik perhatian target audiensmu.
Jika dilakukan dengan formula yang tepat, pasti kamu bisa membuat video yang cocok dengan preferensi mereka. Dengan durasi yang tidak terlalu lama, kamu bisa menyampaikan poin dengan singkat tanpa harus membuat bosan. Pastikan untuk membuat komposisi konten yang menarik dengan mengkombinasikan audio catchy dan konsep yang menghibur.
Baca juga: Kenali Cara Membaca Instagram Insight, Apakah Sulit?
Lebih Mudah Mendapatkan Interaksi
Dalam marketing menggunakan social media, interaksi juga tidak kalah penting untik dimaintain. Kabar baiknya, jika menggunakan Instagram Reels maka potensi brand-mu untuk mempertahankan interaksinya akan lebih besar.
Jika konten yang kamu buat menarik dan dilikir oleh banyak mata, maka semakin besar juga peluangnya untuk bersanding di halaman Explore pengguna lainnya. Saat sudah berada di halaman Explore, maka kontenmu akan memiliki peluang untuk dilihat oleh lebih banyak orang. Sejalan dengan itu, kamu dan brand-mu juga dapat menarik calon konsumen baru.
Baca juga: 5 Tools Instagram Gratis untuk Maksimalkan Bisnismu
Membuka Jalan Untuk Berkolaborasi
Menggunakan social media sebagai bentuk marketing berarti kamu juga bisa memanfaatkannya untuk berkolaborasi untuk menarik minat lebih banyak audiens. Begitu juga dengan fitur reels dari instagram, jika ingin brand-mu lebih dikenal lagi kamu bisa berkolaborasi dengan influecer yang menyita perhatian di platform tersebut.
Jika dilihat lebih dalam, pastinya mereka sudah mempunyai audiens-nya sendiri. Itu sebabnya potensi brand-mu untuk lebih banyak dilirik oleh calon audiens baru akan lebih besar lagi. Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk mencoba menjalin kerjasama dan berkolaborasi dengan persona tersebut dalam membuat Instagram Reels.
Baca juga: Video Marketing Instagram Cocok untuk Bisnis? Simak 7 Alasannya
Cara Membuat Instagram Reels
Sesungguhnya cara membuat Reels IG tidak jauh berbeda dengan Tik Tok. Untuk menggunakannya cukup mudah.
Berikut cara membuat IG reels:
- Cukup buka aplikasi Instagram dan pilih opsi reels di tengah bawah atau ke profile-mu dan tekan tanda + yang berada di pojok atas.
- Setelah itu, kamu bisa mengambil video secara langsung maupun mengunggah video yang berada di smartphone-mu.
- Kemudian, kamu bisa mengeditnya dengan menambahkan audio, efek maupun tulisan sebelum memposting.
- Selain itu, kamu juga bisa menambahkan hashtag pada caption videonya.
- Setelah di-post, video-mu akan berada di feeds dan kamu juga bisa membagikannya ke story seperti postingan lainnya.
Tentunya, kamu bisa melakukan monetisasi menggunakan Instagram Reels. Misalnya, dengan membuat konten review produk di reels, menawarkan jasa, dan masih banyak lagi.
Itulah beberapa manfaat dan juga cara membuat Instagram Reels yang bisa kamu lakukan pada bisnismu. Tidak sulit, bukan? Jika baru saja memulai bisnis, KoinWorks siap membantu menjadi solusi finansialmu.
Baca juga: Cara Lengkap Beriklan di Instagram dengan Mudah
Melalui KoinBisnis, kamu bisa mengakses permodalan usaha dengan mudah untuk membangun bisnismu. Pinjaman modal usaha yang bisa kamu lakukan mencapai Rp 2 miliyar dengan bunga cicilan terjangkau, yaitu 0.75% hingga 1.67% per bulan.
Selain itu, kamu juga tidak perlu khawatir mengenai keamanannya karena KoinWorks sudah terdaftar di OJK. Jadi, tunggu apa lagi untuk mengembangkan bisnismu?
Baca juga: Cara Menggunakan Trello untuk Bisnis dengan Mudah