Sudah hampir satu tahun pandemi Covid-19 terjadi.

Semua sektor perekonomian sangat terdampak dan perlu strategi baru untuk bisa bertahan di tahun 2021.

Sebagai salah satu langkah untuk menghadapi hal tersebut, KoinWorks menyelenggarakan webinar dengan tema Strategi Efektif Ekspansi Pasar untuk UKM 2021.

Tujuan diadakannya event ini adalah untuk memberikan wawasan terhadap para pelaku usaha UKM agar bisa bertahan dan bahkan diharapkan bisa berhasil melakukan ekspansi di tengah pandemi ini.


Berikut ini adalah materi dan poin penting yang telah disampaikan oleh Regina Kindangen, selaku CEO Nancy Craft dan eksportir, dilengkapi oleh Edi Margono (Kepala Seksi Pemberdayaan UKM Dinas PPKUKM DKI Jakarta) dan Reiga Andra (Government Relations KoinWorks):

Mengatasi Kondisi UMKM di Masa Pandemi

Dari data yang dihimpun berbagai lembaga survei, saat ini pergerakan ekonomi khususnya di DKI Jakarta mengalami penurunan drastis akibat dari pandemi Covid-19.

Untuk itu, langkah strategis yang diambil oleh pemerintah untuk para pelaku usaha khususnya UMKM adalah dengan mengambil kebijakan dalam bentuk Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB).

Strategi yang dijalankan dalam KSBB salah satunya adalah memberikan akses permodalan kepada para pelaku usaha UMKM.

Untuk merealisasikannya, Pemprov DKI Jakarta menggandeng KoinWorks sebagai mitra dalam program ini.

Baca juga: 6 Manfaat yang diperoleh jika UMKM Melek Digital


Akses Permodalan Melalui FinTech

Menurunnya angka perputaran ekonomi di bisnis UMKM saat ini memang cenderung mengkhawatirkan.

Padahal kontribusi UMKM di Indonesia untuk PDB Nasional telah mencapai angka 61% dengan pertumbuhan per tahun sebesar 80% di tahun 2019.

Untuk itu, Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan KoinWorks membantu pengembangan kewirausahaan melalui akses permodalan dengan bunga 0% agar para pelaku usaha tetap bisa bertahan dan tetap menggerakkan roda perekonomian negeri.

Bahkan untuk mereka yang memiliki rencana untuk melakukan pengembangan atau ekspansi di tengah pandemi bisa mengikuti program pemerintah ini.

Baca juga: Contoh Pembukuan dengan Excel dan Manfaatnya


Menentukan Target Market Sebagai Langkah Awal Strategi Ekspansi

Salah satu strategi dalam melakukan ekspansi pasar adalah menentukan target market, siapa saja yang akan menjadi konsumen dan kepada siapa produk akan dijual.

Dengan mengetahui target market, akan lebih mudah untuk menentukan strategi penjualan seperti apa yang bisa kita lakukan.

Selain itu, penting juga untuk menentukan harga yang sesuai dengan target market tadi, seperti apa produk yang akan dijual, promosi seperti apa agar bisa sesuai, dan orang seperti apa yang harus dimasukkan ke dalam database penjualan.

Sebelum mempersiapkan ekspansi atau ekspor ke luar negeri, sangat penting untuk memenuhi berbagai sertifikasi dan perizinan, seperti misalnya sertifikasi keamanan pangan internasional (HACCP) dan juga sertifikasi halal internasional.

Produk yang akan dijual ke pasar internasional wajib untuk menjalani serangkaian tes laboratorium yang ditunjuk untuk mendapatkan sertifikasi tersebut.

Baca Juga: Cara Krim Paket Ke Luar Negeri


Pentingnya Mengontrol Kualitas Produk Secara Konsisten

Hal lain yang dibutuhkan sebelum melakukan ekspansi adalah melakukan quality control terhadap produk yang akan dipasarkan secara konsisten.

Ekspansi akan sulit terwujud jika tidak bisa memegang quality control.

Pasalnya, mengontrol kualitas produk bukanlah hal yang bisa dikompromikan, harus sesuai SOP, dan harus dilakukan secara konsisten.

Seperti misalnya, ketika ada produk kopi yang akan dipasarkan.

Produk kopi tersebut harus selalu memenuhi standar kualitas yang sudah ditetapkan karena pembeli akan selalu memastikan bahwa kopi yang dikirimkan memiliki kualitas yang sama dengan yang pertama kali mereka beli.

Begitu pula dengan jumlah pasokan yang disiapkan, harus bisa memenuhi setiap jumlah produk yang dipesan. Di sinilah peran proyeksi penjualan untuk membuat perkiraan berapa jumlah ideal untuk jadi pasokan tersebut.

Baca juga: Tips Membuat Deskripsi Produk Toko Online


Lakukan Proyeksi Kenaikan Penjualan

Setiap menjalankan usaha penting untuk melakukan proyeksi kenaikan penjualan. Setidaknya lakukan ini setiap tiga bulan.

Mengapa?

Kita perlu mengetahui apakah strategi penjualan yang dilakukan telah berhasil, sebesar apa keuntungan yang didapat, agar nantinya bisa jadi tolok ukur strategi penjualan di tiga bulan berikutnya.


Mencapai Keberhasilan Usaha di Era Digital

Di era serba mudah seperti sekarang tidaklah sulit untuk mengembangkan usaha.

Salah satu jalan adalah dengan memasarkan produk lewat internet.

Seperti yang kita ketahui, ada banyak sekali platform yang bisa menjadi media penjualan. Tinggal bagaimana kita bisa memaksimalkan penggunaannya.

Selain itu juga untuk mengoptimalkan penjualan dan rencana ekspansi ke pasar internasional, lakukan riset produk terlaris dan riset branding untuk produk tersebut.

Caranya adalah dengan mencari tahu secara detail komoditi apa saja yang paling banyak diminati oleh pasar internasional sehingga penjualan yang nantinya dilakukan bisa tepat sasaran.


Mempertahankan Usaha di Tengah Pandemi

Pertama, lakukan efisiensi pengeluaran.

Sebagai studi kasus, jika salah satu mesin produksi mengalami kerusakan, ada baiknya untuk memperbaikinya saja ketimbang membeli mesin baru untuk meminimalisir pengeluaran.

Selanjutnya mempertahankan income channel.

Selalu buat catatan siapa saja yang telah menjadi pelanggan tetap. Dari situ, bisa dimaksimalkan penjualan dengan mempertahankan mereka.

Cari Blue Ocean market. Jika ingin melakukan ekspansi dengan produk baru, carilah produk yang proses produksinya bisa dikuasai dengan baik dan buatlah sebuah inovasi yang lain daripada yang lain.


Demikian poin-poin penting yang telah disampaikan melalui “KoinWorks MasterClass – Strategi Efektif Ekspansi Bisnis bagi UKM di 2021” yang diselenggarakan pada 21 Januari 2021.

Dengan diadakannya event ini, KoinWorks berharap dapat membantu para pelaku usaha UKM untuk bisa bertahan di masa pandemi ini dan bahkan bisa melakukan ekspansi ke pasar yang lebih luas lagi.

Jangan lewatkan KoinWorks Master Class sesi selanjutnya untuk mendapatkan wawasan seputar usaha lainnya.

Cek DI SINI untuk jadwal event selanjutnya.

Sampai jumpa!


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.