Cara Membuat Tanda Tangan di Word Tanpa Photoshop – Sejak awal pandemi terjadi, semua orang telah beradaptasi dengan kebiasaan baru.

Semua hal diusahakan untuk dikerjakan dari rumah, termasuk urusan kantor. Hanya saja, kalau harus mengurus dokumen, bagaimana cara membuat tanda tangan di Word untuk dokumen soft copy?

Pertanyaan di atas tentu akan terlintas di pemikiran mereka yang bekerja dari rumah dan sering berkutat dengan puluhan dokumen setiap harinya.

Tidak hanya pekerja kantoran yang sedang work from home, tapi juga mereka yang bekerja di instansi pemerintahan di kala situasi yang kurang kondusif seperti sekarang.

Nah, di saat yang tidak memungkinkan untuk memberikan tanda tangan di dokumen fisik, di sinilah pentingnya peran tanda tangan elektronik.

Berikut akan kita bahas cara membuat tanda tangan di Word yang mudah dan tidak ribet. Simak yuk.


Cara Membuat Tanda Tangan di Microsoft Word

Memang, banyak juga yang membuat tanda tangan di Word dengan menggunakan fitur scan lalu menempel hasil scan tersebut di halaman Word.

Namun kenyataannya, terkadang hasil warna kertas yang di-scan berbeda jauh dengan warna dokumen di Microsoft Word.

Beberapa orang biasanya menggunakan software seperti Adobe Photoshop atau Adobe Illustrator untuk menjadikan hasil scan tanda tangan memiliki background transparan. Tapi tentu saja, itu adalah hal yang sulit bagi sebagian orang.

Apakah kamu termasuk yang kesulitan jika harus melewati proses yang rumit untuk tanda tangan di Word? Jika jawabannya iya, silakan ikuti langkah berikut ini.

Langkah 1: Tanda tangan seperti biasa di atas kertas

Tanda Tangan di Word

Usahakan untuk membuat tanda tangan yang agak besar dari biasanya. Gunakan pulpen dengan tinta hitam di atas kertas putih. Tekan saat membuat guratan agar tanda tangan terlihat jelas dan bold.

Langkah 2: Foto tanda tangan dan pindahkan

Tanda Tangan di Word

Foto hasil tanda tangan di kertas tadi. Atau jika sedang tidak memiliki akses ke kamera handphone yang bagus dan menghasilkan gambar yang tajam silakan scan.

Pindahkan hasil foto tadi ke laptop, lalu klik “Insert Pictures” di dokumen Word yang akan ditandatangani.

Langkah 3: Atur ukuran foto tanda tangan

Tanda Tangan di Word

Agar bisa fleksibel dan tidak menutupi tulisan yang ada di dokumen Word, aturlah ukuran foto yang sudah disisipkan. Rasio yang direkomendasikan adalah 3:2.

Setelah di-crop, kecilkan ukuran foto dengan menarik sudut mana pun di foto untuk disesuaikan dengan kolom tanda tangan yang sudah disediakan.

Di sini perlu diperhatikan, jika kualitas foto kamu di awal sudah bagus, maka tanda tangan ini nantinya juga akan terihat bagus sebesar apapun ukurannya.

Oleh karena itu, penting untuk mengambil foto dengan gadget yang mumpuni dan pencahayaan yang terang supaya warna dari tanda tangan akan lebih apik.

Langkah 4: Edit dan atur warna foto di “Format Picture”

Tanda Tangan di Word

Setelah mendapatkan ukuran yang diinginkan, saatnya mengatur warna foto tanda tangan tersebut.

Klik kanan foto, pilih opsi di deretan paling bawah, Format Picture.

Setelah itu, pilih ikon foto atau Picture, dan klik opsi Picture Color, lalu pilih Recolor.

Di dalam deretan opsi Recolor pilih opsi Black and White: 50%.

Jika kamu mengikuti semua cara membuat tanda tangan di Word tadi, maka tanda tangan dari foto yang kamu sisipkan akan berbentuk seperti di bawah ini.

Sedikit tips, kamu juga bisa mengatur Layout Option foto tanda tangan With Text Wrapping > Behind Text.

Nantinya, tanda tangan tidak berjarak terlalu jauh karena teks di sisi atas foto tidak tertutup background dari foto tanda tangan tersebut.

Mudah sekali, kan. Sekarang kamu tidak perlu lagi kesulitan untuk membuat tanda tangan di dokumen soft copy.

Semoga tips ini bisa membantu ketika kamu harus menandatangani surat perjanjian usaha antar pebisnis yang sedang bekerja sama denganmu, tapi posisi masing-masing berjauhan dan dokumen tersebut harus segera di-submit.

Rasanya agak sulit jika harus scan tanda tangan di kertas terlebih dahulu dan mengeditnya di Photoshop, lalu mengirimnya secara online. Akan lebih mudah jika tinggal tanda tangan di Word.

Contoh lainnya adalah semisal kamu harus menandatangani surat legal saat mengajukan pinjaman dengan KoinGaji. Proses pengajuan online umumnya memang akan mengharuskan kamu menandatangani dokumen secara digital.

Semoga terbantu!


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.