Cara Jualan di Bukalapak untuk Bisnis Online-mu – Saat ini, kita memiliki teknologi yang amat sangat memudahkan berbagai kegiatan, terlebih untuk kebutuhan jual beli.

Sudah ada banyak sekali marketplace yang bisa mendukung para konsumen untuk berbelanja dengan mudah dan juga para pebisnis yang ingin jualan, salah satunya Bukalapak.

Namun, meskipun berbagai ecommerce tersebut sudah lama eksis, ternyata masih banyak yang belum tahu cara jualan di Bukalapak dan ecommerce lainnya.

Sebagai pebisnis tentu saja harus menguasai cara berjualan di beragam pilihan ecommerce untuk memberikan opsi pengalaman berbelanja yang lebih nyaman kepada calon pembeli.

Berikut akan kita ulas bagaimana cara jualan di Bukalapak beserta tips dan triknya agar bisa cepat laris manis.


Cara Jualan di Bukalapak untuk Pemula agar Cepat Laku

1. Buka website Bukalapak

Hal pertama yang mesti kamu lakukan adalah membuka situs resmi Bukalapak, https://seller.bukalapak.com/mulai-jualan. Arahkan kursor ke kanan atas layar, lalu klik Daftar.

2. Lakukan pendaftaran

Setelah melakukan langkah di atas, maka akan muncul halaman formulir pendaftaran dengan beberapa kolom yang mesti diisi dengan lengkap.

Atau kamu juga bisa daftar dengan akun Google bahkan akun Facebook. Tinggal klik tombol paling bawah di halaman tersebut dan data kamu akan masuk secara otomatis tanpa harus mengisi satu per satu kolom.

3. Tentukan nama lapak

Buat nama lapak dan username yang lain dari pada yang lain dan tentunya mudah diingat.

Jika produk yang kamu jual adalah produk spesifik, maka akan lebih baik jika nama toko yang kamu gunakan mengandung kata produk tersebut, atau bisa juga kategori produk, misal “Icha Frozen Food”, “Toni Buah Segar”, dan lain sebagainya.

4. Gunakan nomor handphone aktif

Perlu dicatat, saat akan membuat akun di ecommerce mana pun sudah pasti harus menggunakan nomor handphone yang masih aktif. Ini demi mempermudah proses verifikasi data nantinya.

Selain itu juga, umumnya satu nomor handphone hanya bisa digunakan untuk satu akun. Jadi, jika kamu sudah mendaftarkan nomor handphone kamu untuk akun sebelumnya, kamu harus menggunakan nomor handphone lain untuk akun jualan, jika kamu memang ingin membedakan akun Bukalapak-mu untuk bisnis dan pribadi.

5. Atur password

Gunakan kombinasi password yang mudah kamu ingat dan masih memenuhi kriteria password dengan keamanan yang tinggi. Seperti misalnya, password yang mengandung kombinasi angka, huruf besar, huruf kecil, dan simbol.

Baca juga : Trik Berjualan dengan Twitter Marketing

6. Pahami dengan benar aturan penggunaan dan kebijakan privasi

Beda lapak tentu beda syarat dan ketentuan yang diberlakukan. Ada baiknya untuk kamu membaca dan memahami aturan penggunaan serta kebijakan privasi yang diberlakukan oleh Bukalapak sebelum mencentang kolom “Saya telah membaca dan menyetujui”.

7. Konfirmasi email

Setelah mengisi semua kolom dengan lengkap, klik Daftar. Setelah itu kamu akan menerima email konfirmasi dari Bukalapak. Klik link yang tertera di email tersebut untuk melanjutkan proses konfirmasi.

8. Buat profil toko yang menarik

Seperti halnya mengisi profil akun-akun lain media digital lainnya, buatlah profil yang menarik agar menarik perhatian audiens, dalam konteks kali ini tentu untuk menarik perhatian calon pembeli.

Kamu bisa memulainya dengan mengisi deskripsi lapak dengan jelas, ceritakan latar belakang bisnis online kamu secara singkat, lokasi, testimoni, dan sebagainya.

9. Upload produk di Bukalapak

Terakhir, ini bagian inti, upload produk di lapak kamu.

Gunakan foto yang menarik dengan kualitas yang layak dan memperlihatkan produk kamu dengan jelas.

Lengkapi juga deskripsi produk, dan jika kamu punya ketentuan kapan produk akan dikirim jelaskan dengan singkat dan padat.

Kamu juga bisa memberikan harga bersaing untuk menarik perhatian calon pembeli sebagai permulaan berjualan.

Pastikan kamu tidak melanggar ketentuan penjualan yang telah ditetapkan oleh Bukalapak agar lapak kamu tidak di-banned.


Nah, cukup mudah bukan cara jualan di Bukalapak. Sudah waktunya kamu memperluas jaringan penjualan untuk meningkatkan peluang kesuksesan bisnis online kamu.

Butuh dana tambahan? Tidak perlu khawatir karena kamu bisa mengajukan dana pinjaman dari KoinBisnis.

Bisnis apapun yang sedang kamu rintis saat ini pasti memiliki peluang untuk jadi lebih besar lagi. Dengan KoinBisnis kamu bisa mendapatkan tambahan modal bisnis tanpa agunan hingga Rp2 Miliar dengan mudah tanpa proses yang sulit.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.