5 Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis dengan Promosi di TikTok – Di era digital seperti sekarang, strategi marketing untuk promosi bisnis memang merupakan aspek yang penting, salah satu caranya adalah dengan promosi di TikTok.

Memang, sebagian besar masyarakat menganggap TikTok hanya sebuah platform tempat populasi berusia muda menari, melakukan sinkronisasi bibir, hingga melakukan konten prank yang kerap dianggap tidak terlalu bermakna.

Namun siapa sangka, TikTok ternyata bisa menjadi satu media yang ampuh untuk melakukan promosi bisnis Anda.

Sejak resmi diluncurkan sejak September 2017 di Indonesia, TikTok memang langsung menyita perhatian banyak orang.

Namun, ya memang masih dianggap sebagai platform yang kurang bonafide untuk promosi bisnis online.

Baca juga : 6 Cara Meyakinkan Orang untuk Membeli Produk Kamu

Hingga di sekitar kuartal empat (Q4) 2019 TikTok sudah mulai diramaikan oleh mereka yang memiliki konten menarik dan inspiratif.

Puncaknya adalah ketika pertengahan 2020 di mana memang bisnis UMKM sedang berkembang pesat dan konten bertagar #smallbusiness pun bermunculan.

Ketika banyak konten viral dengan tagar #smallbusiness yang terbukti sangat meningkatkan penjualan bisnis dengan baik, sejak saat itu juga promosi di TikTok mulai menjadi hal yang dilirik oleh mereka yang memiliki bisnis online.

Berikut ini cara berjualan di TikTok yang bisa kamu aplikasikan.


1. Adaptasi dan Kuasai Aplikasi TikTok

Hal yang diperlukan sebelum menggunakan TikTok adalah tentu saja memiliki aplikasinya. Setelah itu, pelajari bagaimana konten-konten yang viral di halaman For You Page (FYP) bisa viral dan mengundang banyak engagement.

Jangan lupa gunakan tagar agar konten yang kamu bagikan bisa menyasar para audiens. Terlebih jika kamu menggunakan tagar yang sedang ramai digunakan atau hashtag challenge.


2. Buat Konten yang Sedang Tren

Inti dari konten yang hilir mudik di TikTok adalah konten yang menyenangkan dan penuh kreativitas.

Kamu harus mengikuti arus dengan membuat konten kreatif dan menghibur untuk promosi bisnis di TikTok.

Yang menjadi poin plus dari platform TikTok adalah kamu tidak perlu membuat video yang diedit dan dipulas sedemikian rupa karena memang ciri khas video TikTok adalah editan yang tidak terlalu halus karena efek yang digunakan.

Namun, jangan lupa untuk tetap berpegang pada branding dan image yang dibawa oleh bisnis kamu agar pesan tersampaikan dan persepsi audiens tidak terlalu melenceng.


3. Gunakan Fitur “Duet With Me”

Dengan menggunakan fitur Duet with Me memungkinkan kamu untuk tampil bersama pengguna TikTok lainnya.

Akan menjadi poin plus jika konten yang kamu ‘duet’-kan adalah konten viral atau konten yang dibuat oleh pengguna yang memiliki banyak followers.

Bisa juga sebaliknya, jika konten yang kamu bagikan cukup menarik dan engaging untuk di’duet’kan oleh mereka yang memiliki banyak followers maka akan berpotensi viral dan bisa meningkatkan penjualan bisnis kamu.

Konten Duet With Me jika berhasil viral tidak hanya akan jadi populer di platform TikTok, tapi juga kemungkinan besar bisa dibagikan di platform lain seperti Twitter dan Instagram.


4. Manfaatkan Fitur Iklan TikTok Bisnis

Seiring dengan popularitas dan semakin bertambah penggunanya, tentu TikTok memiliki layanan iklan yang bernama TikTok for Business yang diluncurkan sejak awal tahun 2019.

Jika konten yang kamu buat sudah mengikuti semua langkah di atas tapi tidak juga mengalami perubahan yang signifikan, atau mungkin kamu ingin mengambil jalan tercepat agar konten promosi bisnis bisa meningkatkan penjualan, langkah menggunakan iklan TikTok tentu bisa dicoba.


5. Lakukan Kolaborasi dengan Influencer TikTok

Kolaborasi dengan influencer memang cukup populer digunakan oleh mereka yang mempromosikan jualan di Instagram.

Namun, Kamu harus tahu bahwa sekarang influencer TikTok tidak kalah berpengaruhnya.

Sebelum kolaborasi ada baiknya kamu melakukan riset singkat terlebih dulu untuk mengetahui influencer yang tepat untuk produk kamu.

Mengapa perlu riset? Karena jika ternyata influencer TikTok yang kamu ajak kolaborasi tidak sesuai dengan branding dan brand message yang ingin kamu sampaikan, hasilnya tidak akan menyasar audiens yang tepat sasaran.

Baca juga : 6 Cara Membangun Kepercayaan Dalam Bisnis

Saatnya Anda Menggunakan TikTok untuk Promosi

Bisa dibilang jika sudah viral di TikTok, seolah membuka jalan untuk bisa viral di platform lainnya. Oleh karena itu, kamu wajib mencoba lima langkah tersebut di atas agar produk yang dijual di TikTok bisa ditingkatkan lagi penjualannya.

Semoga sukses!


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.