5 Cara Membuat Feed Instagram Bisnis yang Keren – Sudah punya brand sendiri tapi masih bingung bagaimana membuat konten feed Instagram bisnis kamu jadi lebih menarik?

Hal tersebut wajar. Karena memang, membuat feed Instagram yang keren cukup menyulitkan bagi sebagian orang.

Terlebih bagi mereka yang memang baru memasuki dunia digital untuk memaksimalkan usaha atau bisnisnya. Berikut 5 langkah untuk membuat feed Instagram keren untuk bisnis:


1. Tentukan Identitas Bisnis

Hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah menentukan identitas dan karakteristik bisnis kamu di Instagram.

Artinya di sini adalah bagaimana ‘pembawaan’ dan pesan yang ingin disampaikan di setiap postingan yang kamu buat di Instagram.

Baca juga : 10 Usaha Menjanjikan untuk Pemula

Contoh, jika bisnis online kamu adalah bisnis kuliner yang menjual makanan berbahan organik, maka kamu harus menentukan apakah brand kamu berperan sebagai sosok “guru” yang selalu memberikan tips hidup sehat, ataukah sosok teman yang selalu mengajak hidup sehat dan belajar bersama tentang kesehatan.

Kalau sudah menentukan identitas, karakteristik, dan pesan yang ingin disampaikan, niscaya selanjutnya akan lebih mudah menentukan postingan dan menyusun feed Instagram yang rapi dan estetik.


2. Tentukan Tema Feed Instagram Berdasarkan Warna

Setelah menentukan identitas, karakteristik, dan pembawaan bisnis kamu, barulah tentukan tema warna apa yang ingin diangkat.

Tentu ini merupakan salah satu esensi dari sekian cara membuat Instagram bisnis kamu menarik.

Berikut ini beberapa inspirasi tema feed Instagram keren yang bisa diaplikasikan untuk berbagai macam bisnis Anda.

  • Minimalis

Feed Instagram Keren

Tema minimalis bisa menjadi pilihan jika karakteristik atau branding dari bisnis kamu berkaitan dengan ketenangan, kesederhanaan, namun penuh estetika.

Konsep minimalis ini kuncinya terletak pada pengambilan gambar yang didominasi latar polos dan clean, objek sederhana, dan menunjukkan warna natural.

Dalam satu frame foto bertema minimalis biasanya tidak terdapat banyak warna.

Kamu bisa memulai tema minimalis ini dengan foto produk bisnis kamu yang diletakkan di meja putih dan dengan latar belakang dinding berwarna senada.

Satu hal yang memudahkan dari tema minimalis ini adalah ketika kamu ingin membuat foto produk, kamu tidak perlu menggunakan banyak properti, cukup alas foto berwarna netral dan satu properti yang dapat mendukung produk yang kamu jual.

Tema ini cocok untuk bisnis kuliner, produk kecantikan, aksesoris, dan fashion.


  • Flatlay

Sering melihat foto “breakfast in bed” atau foto makanan yang diambil dari angle atas? Nah, itulah yang dinamakan foto bertema flatlay.

Feed InstagramHampir serupa dengan tema minimalis, feed yang memiliki tema flatlay juga berkonsep clean dan simpel.

Bedanya, konsep flatlay selalu mengambil foto objek yang diletakkan di permukaan datar dari atas.

Yang membuat tema flatlay ini unik adalah kamu bisa memainkan foto produk kamu dengan menyusunnya sedemikian rupa dan memberikan properti pendukung.

Tema feed Instagram ini cocok untuk bisnis online shop pakaian, sepatu, aksesoris, dekorasi ruangan dan lain sebagainya.


  • Color Coordinate

Nah, tema color coordinated untuk feed Instagram ini membutuhkan ketelatenan lebih.

Instagram

Pertama-tama, pilih warna utama apa saja yang diinginkan. Misal, kamu memilih tiga warna; hitam, abu-abu, dan putih.

Selanjutnya, kamu harus membuat content plan setidaknya sembilan postingan dibagi tiga warna tadi.

Tiga baris pertama berwarna hitam, tiga baris berikutnya bertemakan warna abu-abu, dan tiga baris selanjutnya bertema warna putih.

Lalu kemudian, ulang lagi urutan warna tersebut supaya menciptakan feed Instagram yang keren, rapi, dan color coordinated.

Tema feed ini cocok untuk bisnis online barang elektronik maupun peralatan seni rupa.

Itulah segelintir inspirasi tema feed Instagram menarik yang bisa diaplikasikan untuk bisnis online kamu.

Baca juga : Hindari 6 Hal ini Saat Bekerja Sama dengan Influencer


3. Perhatikan Ukuran dan Resolusi Video

Setelah menentukan dua langkah di atas, kamu wajib mengetahui ukuran foto dan resolusi yang direkomendasikan untuk postingan Instagram.

Perlu kamu ketahui bahwa postingan Instagram yang memiliki ukuran yang pas dan resolusi yang bagus sangat memengaruhi engagement followers Instagram kamu nantinya.

Umumnya rasio foto yang diunggah ke Instagram adalah 1:1 atau square.

Sementara itu, format piksel yang direkomendasikan adalah 1080×1080 piksel.


4. Jadwalkan Konten yang Akan Diposting

Menjadwalkan konten atau juga biasa disebut content planning sangat penting untuk menjaga alur dan susunan feed Instagram Anda.

Sudah ada beberapa platform yang bisa membantu kamu men-schedule atau menjadwalkan konten posting Instagram, sebut saja Hootsuite atau SproutSocial.

Pada dasarnya, saat kamu menyusun jadwal apa saja yang harus di-posting kamu akan memiliki bayangan akan seperti apa nanti feed Instagram bisnis kamu dan meminimalisir postingan yang dilakukan secara random.

Terlebih lagi jika kamu mengggunakan tema color coordinated untuk feed Instagram bisnis kamu, yang mana harus mengikuti alur tema warna yang sedang diangkat di waktu tersebut.


5. Gunakan Aplikasi untuk Edit Foto Sebelum Post

Sekarang ini sudah banyak sekali aplikasi yang dapat membantu kamu untuk mendapatkan feed Instagram yang aesthetic dan kekinian.

Nah, tentunya kamu harus memanfaatkan aplikasi-aplikasi tersebut bukan hanya untuk sekadar mengedit foto melainkan menjadikannya preview tampilan di feed Instagram yang sesungguhnya.

Kamu bisa mencoba aplikasi seperti Lightroom, Snapseed, dan bahkan Tezza untuk mengedit foto sekaligus melihat seperti apa susunan postingan di feed Instagram nanti setelah foto di-edit.

Nah, itulah lima cara dan tips untuk membuat feed Instagram bisnis yang keren, rapi, kekinian, dan penuh estetika untuk bisnis online Anda.

Cukup mudah untuk diaplikasikan dan dapat membantu meningkatkan followers, engagement, serta nilai dari usaha yang sedang kamu jalani.

Semoga terbantu!


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.