Apa Itu SEO On Page? Ketahui Pengertian dan Cara Optimasinya!

51
seo on page adalah

SEO on page adalah salah satu teknik optimasi SEO yang terbukti memiliki pengaruh besar pada peringkat halaman suatu website.

Semakin maksimal proses optimasi SEO yang kamu lakukan, maka peluang website berada di peringkat teratas mesin pencari seperti Google juga akan semakin besar.

Namun, sebenarnya apa itu SEO on page dan cara penerapan optimasinya yang tepat?

Yuk, simak penjelasan selengkapnya dalam artikel di bawah ini!

Mengenal SEO On Page

SEO on page adalah praktik pengoptimalan halaman website dengan tujuan untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi sekaligus mendapatkan lalu lintas organik dari mesin pencari, seperti Google.

Dalam SEO on-page ini, kamu tidak hanya mempublikasikan konten yang relevan dan berkualitas. Namun, juga mengoptimalkan tag judul, URL, gambar, hingga tautan internal pada halaman website tersebut.

Dengan kata lain, kamu bisa mengartikan jenis optimasi yang satu ini sebagai praktik untuk mengoptimalkan halaman website agar bisa mendapatkan trafik yang baik dan maksimal.

Bedanya SEO On Page dengan Off Page

Setelah menyimak apa itu SEO on page, pasti kamu penasaran apa bedanya teknik optimasi tersebut dengan SEO off page? Jadi, meski secara umum keduanya terlihat sama, tetapi dalam penerapannya memiliki perbedaan yang mencolok, lho.

Secara umum, perbedaan antara SEO on-page dengan SEO off page adalah sebagai berikut:

  • SEO on page adalah teknik optimasi pada website dengan cara mengoptimalkan konten dan berbagai hal teknis lainnya pada halaman website tersebut.
  • SEO off page adalah teknik optimasi dari luar website dengan tujuan agar website bisa berada di halaman pertama pencarian Google. Cara ini dilakukan dengan meningkatkan domain authority lewat backlink, link building, dan juga pengoptimalan eksternal website.

Manfaat SEO On Page

Beberapa manfaat dari penerapan SEO on-page yang menarik untuk kamu ketahui adalah sebagai berikut:

1. Menjadi Tempat Marketing Bisnis

Manfaat pertama dari adanya teknik optimasi ini adalah untuk meningkatkan brand awareness suatu bisnis. Sebab, pada dasarnya proses pemasaran bisa kamu lakukan dengan lebih mudah lewat konten-konten dan juga materi pemasaran yang ada pada situs website.

Jadi, nantinya pengunjung bisa lebih mudah dalam memahami dan mengenal bisnis beserta produk yang kamu tawarkan. Dengan begitu, nantinya pengunjung bisa membuat keputusan apakah tertarik untuk membeli produk bisnis milikmu atau tidak.

2. Lebih Menarik

Tidak bisa kamu pungkiri bahwa memiliki website menjadi salah satu keharusan bagi para pebisnis di era digital sekarang ini. Hal ini karena website dapat membuat bisnismu terlihat makin menarik dan juga profesional.

Nah, kehadiran teknik SEO atau Search Engine Optimization inilah yang akan membuat website milikmu lebih bisa menarik pengunjung dan bisa mereka gunakan dengan mudah. Apalagi konten dan informasi yang kamu sajikan juga sudah terjamin kebenarannya dan bersifat spesifik.

Jadi, nantinya kamu hanya perlu melakukan optimasi pada halaman website dengan membuat konten dan juga halaman arahan agar nantinya pengunjung bisa lebih mudah mengenal bisnismu.

Baca juga: Apa itu SEO? Ketahui Cara untuk Mengoptimalkannya Di Sini!

Tips Mengoptimalkan SEO On Page

Saat ini, ada berbagai cara yang bisa kamu terapkan untuk bantu mengoptimalkan SEO on-page pada website bisnis milikmu. Nah, untuk kamu yang penasaran, berikut ini adalah berbagai tips mengoptimalkan SEO on page yang terbukti ampuh dan efektif.

1. Menggunakan Permalink Sederhana

Tips pertama yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan permalink yang sederhana. Jadi, permalink sederhana ini akan memudahkan mesin pencari, seperti Google untuk mengenali topik yang kamu bahas di website

Adapun penggunaan permalink yang ideal adalah yang mengandung focus keyword yang sudah kamu targetkan. Sebagai contoh kamu menargetkan keyword “digital marketing”, maka permalink sederhana yang ideal adalah www.websitemu.com/digital-marketing.

2. Membuat Judul Konten yang Menarik

Pemilihan judul pada teknik optimasi yang satu ini memang menjadi hal yang sangat penting untuk kamu lakukan. Dengan judul yang menarik dan tepat, maka pengguna internet bisa lebih mudah menemukan websitemu hanya dengan kata kunci tertentu.

Maka dari itulah, kamu perlu membuat judul yang semenarik mungkin agar nantinya pengguna internet memiliki ketertarikan untuk membaca konten di website milikmu. Kamu juga bisa menambahkan angka atau kata sifat lainnya agar judul konten terlihat lebih menarik dan meningkatkan traffic website.

3. Menambahkan Gambar dan Video

Gambar dan video menjadi komponen tak terpisahkan jika kamu ingin mengoptimasi teknik yang satu ini. Sebab, jika konten yang kamu buat hanya berisi teks, tentunya pembaca akan merasa bosan.

Makanya, kamu perlu memberikan media visual, seperti gambar atau video. Jika konten yang tersaji cukup panjang, maka bisa tambahkan dua sampai tiga media visual pada tiap konten yang tersaji.

4. Mengoptimasi Gambar

Selain menambahkan gambar, kamu juga harus meningkatkan kualitas SEO on page dari gambar tersebut. Adapun cara untuk mengoptimasi gambar adalah dengan menggunakan ukuran yang tidak lebih dari 100 KB agar tidak memperlambat proses loading website.

Selain itu, kamu juga perlu mengganti nama file gambar sesuai dengan focus keyword yang sudah tertarget. Nama file gambar yang sesuai keyword ini akan membuatnya muncul di Google Image Search.

Kemudian, pastikan kamu mengubah alt text sesuai keyword yang fungsinya adalah untuk membantu Google dalam mengidentifikasi topik yang kamu bahas di konten tersebut. Bukan cuma itu, alt text juga memudahkan gambar muncul di hasil pencarian gambar pada Google.

5. Memanfaatkan Heading dan Subheading dengan Maksimal

Agar pengunjung website bisa lebih mudah dalam membaca konten yang kamu unggah, maka perlu membuat struktur SEO on page yang mudah untuk dipahami juga. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan heading dan juga subheading.

Adapun fungsi heading dan subheading adalah untuk memecah artikel menjadi beberapa bagian sehingga pembaca bisa lebih mudah dalam menemukan poin-poin penting yang mereka butuhkan pada konten milikmu.

Jika menggunakan WordPress, maka ada 6 heading yang bisa kamu gunakan dan manfaatkan dengan maksimal. Nantinya pada tiap heading tersebut, kamu bisa memberikan focus keyword maupun keyword turunannya.

6. Meletakkan Kata Kunci Target di 100 Kata Pertama

Bukan hanya pada judul, kamu juga perlu memasukkan focus keyword di 100 kata pertama agar pembaca bisa mengetahui intisari dari konten yang kamu tulis. 

Meski begitu, sebenarnya tidak semua focus keyword bisa kamu letakkan di 100 kata pertama. Artinya, jika memang tidak memungkinkan, maka kamu tidak perlu memaksakan untuk meletakkan focus keyword di 100 kata pertama. Namun, usahakan agar focus keyword tetap berada di paragraf pertama, ya.

7. Memaksimalkan Internal Link

Pemanfaatan internal link pada teknik optimasi yang satu ini memang menjadi hal yang wajib. Sebab, internal link ini akan mengarahkan websitemu ke konten lainnya di website

Jenis tautan ini sangat penting karena dapat memudahkan pembaca untuk berpindah dari satu konten ke konten lainnya yang ada pada website milikmu. Tak hanya itu, internal link juga berfungsi untuk membantu mesin pencari dalam memahami konteks serta hubungan antar halaman dalam website.

8. Meningkatkan Kecepatan Website

Satu hal yang tak kalah penting dalam proses optimasi SEO on page adalah meningkatkan kecepatan website. Sebab, proses loading website yang lambat justru akan membuat pengunjung frustasi dan berujung meninggalkan halaman webmu. 

Hal inilah yang nanti akan mengakibatkan tingginya bounce rate yang berpengaruh pada kualitas SEO. Makanya, kamu wajib meningkatkan kecepatan website agar pengunjung tidak perlu menunggu terlalu lama untuk bisa mengakses konten di website milikmu. 

Sudah Paham Apa Itu SEO On Page?

Nah itu, dia penjelasan seputar apa itu SEO on page khususnya jika kamu menggunakan website sebagai salah satu strategi pemasaran bisnis. 

Dengan menerapkan SEO on-page dan off page sekaligus, maka nantinya kualitas websitemu akan meningkat dan bisa masuk ke halaman pertama mesin pencarian, seperti Google.

Jadi, sudah paham mengapa SEO on page menjadi sangat penting bagi sebuah website, kan? Oleh karena itu, jangan sampai kamu tidak menerapkan teknik optimasi yang satu ini, ya. Sebab, dampaknya akan sangat terlihat jika kamu menerapkannya pada website bisnis milikmu.