Apa itu SEO? Ketahui Cara untuk Mengoptimalkannya Di Sini!

53
SEO adalah

Sudah bukan rahasia lagi jika SEO adalah teknik digital marketing yang cukup populer beberapa tahun belakangan.

Apalagi dengan semakin pesatnya perkembangan dunia digital dan banyaknya pengguna internet.

SEO (Search Engine Optimization) sendiri adalah sebuah cara optimasi konten yang bertujuan meningkatkan jumlah visibilitas, termasuk membuat konten menjadi mudah untuk ditemukan.

Pada dasarnya salah satu tujuan utama SEO adalah untuk menempatkan sebuah website berada posisi terbaik dalam mesin pencari, sehingga website tersebut bisa mendapatkan traffic yang tinggi.

Karena semakin baik posisi sebuah website dalam mesin pencarian, maka akan semakin mudah web untuk ditemukan. 

Secara sederhana, SEO adalah sebuah strategi yang akan berfokus pada peningkatan ranking pada mesin pencari berdasarkan hasil pencarian organik.

Ini merupakan salah satu cara efektif untuk bisa mendatangkan traffic yang relevan dengan konteks.

Selain itu, dengan menggunakan strategi Search Engine Optimization tujuan digital marketing juga bisa kamu dapatkan.

Mulai dari mencari views, mendapatkan engagement, sampai dengan meningkatkan awareness. Semua hal tersebut bisa kamu dapatkan dengan menggunakan teknik ini.

Lantas, apa saja manfaat SEO? Bagaimana cara kerjanya?

Simak penjelasan lengkapnya!

Mengenal Cara Kerja SEO 

Bagaimana SEO bisa menarik banyak kunjungan atau views untuk sebuah konten di internet?

Berikut ini adalah cara kerja dari SEO yang perlu kamu ketahui.

1. Crawling

Semua cara kerja SEO bermulai dari crawling. Crawling merupakan proses di mana mesin pencari akan mengambil semua halaman website yang baru rilis atau update. Perangkat lunak yang biasa digunakan adalah crawler atau spider. Khusus untuk Google, proses ini akan menggunakan mesin bernama Googlebot.

2. Indexing

Setelah semua halaman tersebut terkumpul, maka proses selanjutnya adalah indexing. Pada proses ini, semua halaman web yang sudah terambil sebelumnya akan langsung tersimpan ke dalam database.

Tiap halaman website tadi akan diidentifikasi berdasarkan kata-kata atau isi kontennya. Proses indexing juga akan melihat deskripsi dari tiap halaman website. Nantinya, tiap halaman akan masuk ke dalam database berdasarkan kata kunci dan relevansinya.

3. Processing

Ini merupakan proses di mana sistem SEO akan bekerja. Nantinya, mesin pencari akan menerima request dari user. Lalu, mesin pencari akan memulai proses pencarian halaman website yang terkait dengan kata kunci yang user gunakan.

Misalnya, user menggunakan kata kunci “kelebihan SEO”. Maka mesin pencari akan mencari semua halaman website yang memiliki kata-kata kunci tersebut. Proses pencarian ini akan dilakukan berdasarkan proses indexing yang sebelumnya sudah terjadi.

4. Calculating Relevancy

Proses selanjutnya yang akan mesin SEO lakukan adalah membandingkan tiap halaman website yang sudah didapatkan dan berkaitan dengan kata kunci yang diminta oleh user.

Dalam proses ini maka mesin SEO akan bekerja dengan melihat halaman mana yang paling relevan dengan permintaan. Mesin akan menghitung dengan mempertimbangkan penggunaan kata, relevansi, dan juga konteks dari kata kunci tersebut dengan isi konten secara keseluruhan.

5. Retrieving Result

Setelah proses penghitungan relevansi selesai, maka langkah terakhir dari cara kerja teknik ini adalah menampilkan hasil. Halaman website akan diurutkan dari yang paling relevan sampai seterusnya.

Proses inilah yang selalu kamu lihat ketika mengetikan sebuah kata kunci pada mesin pencari seperti Google. Pada proses ini, kamu juga akan melihat ada berapa banyak halaman website yang memiliki kata kunci tersebut, berapa banyak yang relevan, dan lainnya.

Kamu mungkin juga akan sering mendengar istilah algoritma mesin pencari. Ini merupakan teknik yang digunakan mesin pencari untuk melihat tingkat relevansi antara kata kunci dan konteks konten tersebut. Tujuan penggunaan algoritma ini sendiri adalah untuk memastikan hasil pencarian sesuai dengan yang user inginkan.

Algoritma mesin pencari ini juga akan melihat bagaimana konteks dari kata kunci dalam isi konten. Hal penting yang harus kamu ketahui adalah setiap mesin pencari memiliki algoritma pencarian yang berbeda.

Manfaat SEO untuk Bisnis, Apa Saja?

Setelah memahami tentang cara kerjanya, saatnya untuk cari tahu manfaat dari menggunakan Search Engine Optimization.

Hal ini juga dapat berguna untuk mengembangkan bisnismu.

1. Mendatangkan Trafik Organik

Traffic organik sendiri adalah trafik yang datang dengan sendirinya. Saat ini, kebanyakan traffic organik ini datang dari mesin pencari, karena kebiasaan banyak orang yang menggunakan mesin pencari untuk mencari berbagai hal di internet.

Semakin banyak traffic organik yang website dapatkan, maka akan semakin baik pengaruhnya. Dalam hal ini Search Engine Optimization akan berperan untuk mengoptimalkan penggunaan keyword dalam website tersebut.

Nantinya, SEO akan membantu untuk menempatkan website di posisi yang mudah ditemukan. Semakin mudah, tentu saja akan semakin banyak juga pengunjung yang datang ke website.

2. Memperkuat Kredibilitas

Ketika mencari sesuatu menggunakan mesin pencari, kebanyakan orang pasti akan mengklik website yang muncul di posisi atas. Karena posisi ini sangat strategis dan mudah ditemukan.

Semakin banyak klik, tentu saja semakin banyak pengunjung. Di sisi lain, semakin banyak pengunjung ini juga akan menunjukan jika website yang kamu buat berkualitas dan bisa dipercaya. Tentu saja hal ini juga akan memperkuat kredibilitas dari web tersebut.

3. Meningkatkan Awareness

Karena semakin banyak orang yang mengunjungi, maka semakin banyak juga orang yang mengenal website kamu. Jika situs ini merupakan website bisnis, maka artinya semakin banyak orang yang mengenal bisnis atau brand kamu.

Tentu saja, hal ini akan sangat baik untuk meningkatkan awareness dari bisnis yang kamu punya. Search Engine Optimization dalam hal ini akan membantu website tersebut untuk terus berada pada posisi yang mudah ditemukan oleh user.

4. Mendapatkan Data Perilaku Konsumen

Manfaat lainnya dari SEO adalah kamu bisa mendapatkan data tentang perilaku konsumen atau orang yang mengunjungi website. Misalnya, kamu bisa melihat berapa lama orang tersebut ada di website, halaman mana saja yang dilihat, dan lainnya.

Jika dikaitkan dengan konteks bisnis, maka kamu juga bisa melihat mana konsumen potensial dan mana yang tidak. Data-data tersebut bisa kamu bisa dapatkan menggunakan beberapa tools, seperti Google Analytics ataupun Google Search Console.

5. Mendatangkan Traffic Potensial

Dalam konteks bisnis, Search Engine Optimization juga bermanfaat untuk mendatangkan traffic potensial. Hal tersebut berkaitan dengan penggunaan kata kunci. Semakin relevan kata kunci yang digunakan, maka semakin banyak traffic potensial yang bisa didapatkan.

Selain traffic potensial, penggunaan SEO juga bisa dilakukan untuk menyasar target yang lebih jelas dan terarah. Sehingga, campaign yang kamu lakukan akan menjadi lebih efektif.

6. Promosi 24 Jam

Bisnis kamu bisa mendapatkan promosi selama 24 jam dan 7 hari dengan menggunakan teknik digital marketing satu ini. Search Engine Optimization akan terus bekerja kapanpun, selama konten tersebut masih ada.

Tentunya, hal ini akan sangat menguntungkan, terutama jika dikaitkan dengan masalah biaya. Penggunaan SEO untuk promosi tentu akan lebih murah jika dibandingkan dengan promosi konvensional.

Baca juga: Artikel SEO Friendly, Begini Cara Tepat Membuatnya!

Tips Mengoptimalkan SEO 

Agar manfaat dan semua keunggulan SEO sendiri bisa kamu dapatkan, berikut adalah cara untuk bisa mengoptimalkan penggunaan Search Engine Optimization yang bisa kamu lakukan.

1. Gunakan URL Singkat

Tips mengoptimalkan SEO pertama adalah dengan memakai URL yang singkat. URL dalam konten website adalah aspek yang penting, karena merupakan alamat yang akan langsung menuju konten yang kamu buat. Selain itu, URL juga berkaitan dengan optimalisasi SEO.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu menggunakan URL sesingkat mungkin. Selain lebih mudah diingat oleh pengunjung, hal ini juga lebih disukai mesin pencari. Karena proses indexing akan terjadi dengan lebih mudah.

Tips lain yang bisa lakukan adalah dengan menggunakan kata kunci konten sebagai alamat URL. Selain memudahkan proses identifikasi, hal ini juga bisa memudahkan proses pencarian lewat mesin pencari.

2. Gunakan LSI Keyword

Penggunaan kata kunci memang sebaiknya singkat dan spesifik. Namun, tidak ada salahnya juga jika kamu menggunakan LSI Keyword atau kata kunci turunan untuk membantu mesin pencari menemukan konten kamu lebih mudah.

LSI ini sendiri akan berperan untuk menjelaskan isi konten kamu dengan lebih detail dan jelas pada mesin pencari. Penggunaan LSI biasanya akan memudahkan proses indexing yang mesin pencari lakukan.

3. Panjang Konten

Sebenarnya tidak ada syarat minimal tentang berapa panjang tulisan yang perlu kamu buat. Namun, jika ingin mengoptimasi, maka semakin panjang konten akan semakin baik. Meski demikian, konten terlalu panjang juga sebenarnya tidak terlalu baik.

Setidaknya, buatlah konten dengan panjang sekitar 1500 sampai 2000 kata. Selain bisa menjelaskan lebih banyak hal, cara ini juga membuat penggunaan kata kunci menjadi tersebar lebih banyak.

4. External dan Internal Link

Hal lain yang juga bisa kamu lakukan untuk melakukan optimalisasi SEO adalah memanfaatkan external dan internal ink. External link akan berperan untuk memastikan kredibilitas dari konten tersebut.

Sementara internal link berperan untuk menambah jumlah klik dan lama kunjungan. Kedua hal ini akan sangat berguna untuk mengoptimalisasi website yang kamu buat. Setidaknya, gunakan 2 sampai 3 external atau internal link pada tiap konten yang kamu buat.

5. Optimalkan Kecepatan Loading

Optimasi SEO juga bisa kamu lakukan dengan cara membuat loading halaman menjadi lebih cepat. Selain untuk Search Engine Optimization, hal ini juga berguna untuk meningkatkan UX website.

Halaman website yang cepat akan membuat pengunjung puas dan kemungkinan besar akan kembali lagi.Sehingga jumlah kunjungan menjadi bertambah. Di lain sisi, cara ini juga cukup baik untuk membuat website kamu berada di posisi yang bagus pada mesin pencari.

Sudah Paham untuk Mengoptimalkan Penggunaan SEO?

Itulah penjelasan lengkap mengenai SEO.

Untuk mengoptimalkannya, diperlukan strategi dan langkah yang tepat.

Karena melalui Search Engine Optimization yang bekerja dengan baik, kamu akan mendapatkan traffic lebih tinggi.

Pastinya, kamu bisa mendapatkan lebih banyak uang dari Adsense website.

Selamat mencoba!