Jualan Live Streaming di Tokopedia Play – Menyambut tantangan di era industri 4.0 seperti sekarang, mesti cermat dan bisa beradaptasi dengan semua yang sudah serba digital. Tidak terkecuali jualan online.

Namun, dengan menjamurnya bisnis online setiap harinya, membuat kita mesti pintar menjadi salah satu yang menonjol dan bisa menguasai pasar.

Sudah tidak bisa lagi hanya bergantung dengan berjualan online seperti biasa di e-commerce.

Kebetulan, saat ini ada sebuah tren dan sedang ramai dilakukan, tren itu adalah jualan live streaming. Memang di beberapa ecommerce di Indonesia sudah memiliki fitur yang mendukung hal ini.

Baca juga: 8 Tema WordPress Gratis untuk Website Bisnis Kamu


Mengapa Harus Coba Jualan Live Streaming?

Hasil penelitian terbaru yang dilakukan oleh Livestream.com menyebutkan bahwa 80% orang lebih suka menonton video secara langsung yang diadakan oleh brand yang diikutinya.

Ini membuktikan bahwa dengan adanya siaran live streaming, target audiens atau target pembeli kamu jadi bisa melihat barang yang kamu jual secara live. Yang lebih penting lagi adalah mereka bisa melakukan interaksi secara langsung melalui kolom komen.

Nah, hal tersebut bisa menambah tingkat keinginan dan kepercayaan mereka untuk pada akhirnya membeli produk kamu. Kamu bisa memulainya dengan menggunakan Tokopedia Play.


Keuntungan Jualan Live Streaming di Tokopedia Play

Sebagai pemilik bisnis online, apalagi di tengah situasi seperti sekarang, harus cermat memutar strategi bagaimana caranya agar bisa meningkatkan penjualan.

Salah satunya ya lewat jualan live streaming. Nah, selain yang sudah disebutkan di atas tadi, berikut adalah keuntungan jualan live streaming untuk bisnis online-mu.

Brand awareness yang lebih mudah

Tidak hanya menggaet para audiens atau followers yang sudah lama mengikuti, jualan lewat live streaming di Tokopedia Play juga berpotensi untuk menarik perhatian audiens baru.

Selain itu, memberikan awareness lewat live streaming akan dirasa lebih otentik ketimbang strategi promosi lainnya karena memang dilakukan secara live dan dua arah.

Baca juga: Cara Promosi Bisnis di YouTube

Lebih terhubung dengan pembeli

Jualan secara live streaming ini memudahkan penjual untuk berkomunikasi dua arah dengan para pembeli dan calon pembeli.

Pengaruh yang dirasakan juga cukup besar karena mereka bisa melihat produk dengan lebih jelas dan kamu sebagai penjual bisa lebih mudah menjelaskan produk kamu secara langsung.


Cara Jualan Live Streaming di Tokopedia Play

Sebelum kamu mengikuti langkah-langkah untuk jualan live streaming di Tokopedia Play berikut ini, perlu kamu tahu bahwa yang fitur ini hanya bisa digunakan oleh toko bertanda Official Store dan Power Merchant terpilih saja.

Selain itu juga, fitur Tokopedia Play saat ini hanya baru bisa diakses dari aplikasi Tokopedia Seller yang ada di perangkat Android saja.

1. Install aplikasi Tokopedia Seller

Unduh aplikasi Tokopedia Seller melalui Google Play Store kamu, lalu login.

2. Masuk ke Halaman Toko

Setelah login, kamu masuk ke Halaman Toko lalu cari tombol dengan ikon kamera bertulisan “Yuk, Mulai“.

3. Mulai persiapan

Lalu kamu akan diarahkan untuk memulai persiapan dengan tap Mulai Persiapannya.

4. Pilih cover dan judul menarik

Pilih produk yang bestseller dengan foto yang paling menarik juga agar menarik perhatian pembeli.

Buatlah sebagai cover dan beri judul yang menarik, lalu tap Lanjutkan.

5. Mulai Live Streaming

Setelah itu, kembali ke halaman utama dan tap Mulai Live Streaming.

Kamu bisa melihat report atau laporan Live Streaming kamu sesudahnya, mulai dari jumlah produk yang terjual, jumlah penonton, jumlah pengunjung, dan asiknya lagi kamu bisa menyimpan video Live Streaming tadi dan memutarnya ulang.

Baca juga: Fitur COD untuk Penjual, Bagaimana Cara Aktivasinya?


Tips Persiapan Live Streaming untuk Pemula

  • Siapkan peralatan yang memadai

Persiapkan peralatan yang mumpuni, seperti misalnya handphone yang memiliki kualitas kamera yang cukup baik dan bisa terhubung dengan internet yang lancar.

Selain itu siapkan tripod yang bisa berdiri kokoh dan mudah diatur. Atau gorillapod juga bisa jadi pilihan mengingat mudah diatur dan fleksibel.

Satu lagi adalah mikrofon untuk mendukung suara kamu saat siaran nanti dan background serta pencahayaan yang cukup agar live streaming kamu sedap dipandang.

  • Jadilah interaktif

Saat berjualan secara live streaming yang kamu butuhkan adalah kemampuan berinteraksi yang menarik.

Bangun hubungan yang membuat audiens merasa dekat dan nyaman dengan pembawaan yang santai. Seringlah memberikan sapaan dan baca komentar audiens yang memberikan pertanyaan seputar produk yang kamu jual.


Nah, mudah kan buat jualan live streaming di Tokopedia Play. Sekarang, tinggal bagaimana kamu mengatur konsep menarik dan memiliki modal tambahan untuk peralatan live streaming.

Soal modal tambahan buat bisnis kamu, sekarang ini mudah untuk mengajukan pinjaman modal karena ada KoinBisnis.

Dengan KoinBisnis dari KoinWorks, kamu punya peluang untuk mendapatkan tambahan modal bisnis tanpa agunan hingga Rp2 Miliar.

Bunga cicilannya pun tergolong rendah, antara 0,75% – 1,67% per bulan. Ini bisa jadi peluang tepat untuk tambah memajukan bisnismu.

Dengan KoinBisnis kamu akan terjamin hanya membayar bunga dan biaya berdasarkan analisa skor kredit dan tentunya atas persetujuanmu.

Bagaimana, semakin tertarik bukan untuk mengembangkan dan meningkatkan penjualan bisnis online kamu?


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.