Mengenal WordPress Framework dan Jenis Terbaiknya – Siapapun yang akrab dengan WordPress pasti sudah tidak asing dengan tema dan berbagai pengaturan desain di dalamnya. Tapi, tahukah kamu bahwa untuk membuat tampilan website jadi lebih menarik kamu bisa memanfaatkan WordPress framework?

Buat kamu yang punya bisnis online dan terbiasa menggunakan website sebagai salah satu channel penjualan, kamu bisa memanfaatkan fitur ini.

Nah, di dalam artikel ini, kita akan mengenal wordpress framework secara mendalam, termasuk apa itu WordPress framework, kelebihannya, kekurangannya, hingga rekomendasi mengenai itu.


Apa Itu WordPress Framework?

Singkatnya, WordPress framework adalah pondasi dari tema WordPress. Saat ini, sudah banyak sekali orang yang menggunakan WordPress untuk aktivitas yang lebih dari sekadar blog.

Hal ini yang kemudian memicu dikembangkannya tema WordPress dengan fitur-fitur yang lebih kompleks. Di sinilah WordPress framework berperan.

Kamu dan jutaan orang lainnya bisa membuat tema WordPress baru sesuai kebutuhan, atau memodifikasi tema yang sudah ada.

Sekarang sudah ada puluhan WordPress framework yang bisa kamu gunakan. Ada yang gratis dan tentunya ada juga yang berbayar.

Baca juga: Endorse dan Paid Promote, Apa Bedanya?


WordPress Framework untuk apa?

Pada dasarnya tujuan WordPress framework adalah membantu para pemilik website mendesain halaman mereka dengan fleksibel dan sesuai kebutuhan.

Hal yang perlu diingat untuk kamu yang baru mendengar tentang WordPress framework ini adalah untuk menggunakannya kamu perlu mengerti cara dasar coding karena WordPress framework mengandung kode inti yang mencakup fitur-fitur dasar dan elemen desain.

Baca juga: Cara Membuat Menu Di WordPress


Parent theme dan Child theme

Hal yang perlu disiapkan pertama kali sebelum menggunakan tema framework adalah parent theme dan child theme.

Parent theme memuat dengan lengkap fitur dan segala tampilannya, WordPress framework sebenarya bisa dibilang sebagai parent theme karena sudah memuat semua fitur dan tampilan.

Child theme akan memuat dan menduplikasi kode dari parent theme. Tujuan child theme ini adalah untuk memudahkan developer memodifikasi tampilan dan tema yang digunakan. Fungsinya adalah supaya jika terjadi suatu kesalahan tidak akan mengubah keseluruhan tema saat melakukan update.


Kelebihan dan Kekurangan WordPress Framework

Seperti hal lain yang ada di dunia ini, WordPress Framework juga memiliki dua sisi, kelebihan dan kekurangan. Mari kita ulas apa saja yang bisa jadi bahan pertimbangan kamu sebelum memilihnya nanti.

Baca juga: Cara Upload IGTV dan Pentingnya Bagi Bisnis

Kelebihan

  • Coding yang kuat – Beberapa framework telah di-coding dengan baik dan akan sesuai dengan standar coding WordPress, serta akan kompatibel dengan plugin yang juga memiliki coding yang baik. Tinggal pilih saja WordPress Framework yang memiliki pengguna dan komunitas paling banyak.
  • Mudah dikembangkan – Menggunakan framework bisa membuat waktu pengembangan dan update jadi lebih efisien, serta mengurangi risiko kehilangan kode dan kustomisasi saat meng-update tema website.
  • Support tim developer – Sebagian besar WordPress framework, yang gratis dan berbayar, telah satu paket dengan support dari tim developer mereka atau pun komunitas pengguna mereka. Bahkan, beberapa framework menyediakan keduanya. Selalu periksa terlebih dulu apakah framework yang kamu pilih memiliki kelebihan ini.

Kekurangan

  • Kode yang mubazir – Beberapa framework dilengkapi dengan fitur dan kode yang biasanya tidak kamu butuhkan jika kamu hanya pengguna biasa bukan developer.
  • Cukup rumit bagi pemula – WordPress frameworks memang lebih rumit penggunaannya ketimbang tema biasa. Selain harus familiar dengan berbagai terminologi di dalamnya, pengguna juga mesti mengerti cara penggunaan secara maksimal dari framework yang dipilih.
  • Harga – Di antara banyaknya WordPress framework yang gratis, tetap saja performanya tidak bisa dibandingkan dengan framework yang berbayar. Nah, di antara WordPress framework yang berbayar harganya pun variatif, ada yang cukup sekali bayar, ada pula yang menggunakan pembayaran tahunan agar framework bisa terus di-update.

Rekomendasi WordPress Framework Terbaik

Seperti yang sudah dikatakan di atas tadi, setelah dikembangkan selama beberapa tahun sejak kemunculannya, market WordPress framework semakin luas.

Karena itu, ada banyak jenis framework yang lahir di pasaran. Dari sekian banyak framework tersebut, berikut adalah yang paling direkomendasikan berdasarkan jumlah pengguna dan user community yang dimiliki.

Genesis Framework – ini adalah salah satu framework premium yang paling populer. Genesis telah digunakan di lebih dari 271.000 website dan mengambil bagian hingga 9,1% di market share tema.

Thesis 2.0 – Thesis tetap bertahan menjadi salah satu WordPress framework yang paling terkenal dan menjadi satu-satunya kompetitor langsung dari Genesis. Framework ini telah digunakan di lebih dari 57.000 website.

Headway – Satu lagi framework yang populer dan telah digunakan untuk 47.000 website lebih. WordPress framework satu ini disebut-sebut sebagai salah satu solusi sempurna untuk para user yang menginginkan kontrol penuh pada website mereka tanpa harus belajar dan mengerti tentang coding.

Nah, itulah tadi ulasan mengenai WordPress framework yang bisa kamu pelajari dan jadi pilihan untuk website bisnis online kamu.

Memang, butuh melakukan beberapa langkah yang rumit, namun percayalah bahwa itu semua akan worth it jika kamu konsisten menggunakannya untuk memajukan bisnis dan meningkatkan penjualan.


Soal tambahan modal, kamu tidak perlu khawatir. Tidak sesulit mendaftar dan mengaplikasikan framework ternyata.

Perkenalkan, produk KoinBisnis yang diluncurkan oleh KoinWorks.

Produk yang dikembangkan dengan tujuan untuk mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan bunga pinjaman rendah yang berada di kisaran 0,75% hingga 1,67% per bulannya.

Keunggulan lainnya, tidak ada biaya tersembunyi yang akan dikenakan karena semua dijalankan secara transparan.

Produk pinjaman tanpa agunan ini memberikan kamu kesempatan untuk mendapatkan pinjaman hingga 2 milyar rupiah.

Jadi bisnis apapun yang sedang kamu jalankan bisa mendapat tambahan modal dalam waktu singkat.

Selamat mencoba!


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.