Tips Buat Nama Toko Online – Merintis toko online bukan hanya soal memilih produk yang tepat dan potensial di pasaran. Kamu juga harus memperhatikan detail lainnya, termasuk urusan membuat nama toko online.
Pemilihan nama toko online yang bagus dan unik sangat penting karena nama tersebut merupakan identitas bisnis yang akan dikenal banyak orang.
Apakah sekarang kamu sedang bingung menentukan nama toko online yang menarik dan cocok dengan bisnismu?
Yuk, simak ulasan lengkap berikut ini supaya kamu bisa lekas menemukan nama toko yang tepat!
Baca juga: Cara Membuat Akun Telegram, Ini Panduan Lengkapnya!
Daftar Isi
Tips Buat Nama Toko Online
1. Membuat Nama Toko Online Singkat dan sederhana
Contohnya seperti nama-nama marketplace populer di Indonesia yang terdiri dari satu hingga tiga kata saja: Shopee (6 karakter), Tokopedia (9 karakter), BukaLapak (9 karakter), Blibli (6 karakter), dan Lazada (6 karakter).
Idealnya, nama toko online hanya terdiri dari satu hingga tiga kata saja.
Nama toko pilihanmu juga harus gampang disebut dan dieja agar mudah ditemukan bila warganet menggunakan teknologi pencarian berbasis suara (voice search).
2. Tidak Menggunakan Tanda Baca
Usahakan untuk menghindari berbagai tanda baca seperti titik koma, koma, atau hyphen (tanda hubung -) yang membuat nama toko jadi susah diingat.
Hal ini penting untuk meminimalkan kesalahan pengetikan saat warganet mencari informasi tentang toko onlinemu.
Baca juga : Cara Membuat Akun Paypal Dengan Mudah Dan Cepat
3. Orisinal dan Tidak Mengandung Pesan yang Menyinggung Brand Lain
Kamu patut menghindari nama toko online yang kesannya mengekor dan menyinggung brand lain.
Jika ingin toko onlinemu sukses, pilihlah nama yang orisinal agar brand bisnismu terkesan fresh di mata calon konsumen.
Baca juga: Upload Produk Shopee di HP, Begini Caranya!
4. Mencerminkan Produk yang Dijual
Selain mempertimbangkan keunikannya, nama toko online pilihanmu juga harus mencerminkan produk yang dijual.
Sehingga calon konsumen langsung mendapatkan gambaran jelas tentang bisnismu ketika baru mendengar namanya.
Beberapa contoh nama yang cocok dengan lini bisnisnya antara lain Traveloka (startup untuk reservasi tiket dan keperluan traveling), Anteraja (perusahaan kargo dan pengiriman barang), serta Sayurbox (toko online yang menjual sayur dan buah segar).
Baca juga: 5 Tools Instagram Gratis untuk Maksimalkan Bisnismu
5. Mengandalkan Nama Pemilik Bisnis
Banyak brand bisnis besar yang sukses mengusung nama sang pemilik bisnis, misalnya:
- Gudeg Yu Djum.
- Pisang Goreng Madu Bu Nanik.
- Sambal Bu Rudy.
- Ayam Goreng Ny. Suharti.
Jadi, tak ada salahnya bila kamu juga menggunakan namamu sendiri sebagai unsur utama dalam nama toko online sehingga keunikan nama tersebut akan mendukung popularitas bisnismu.
Nama toko yang mengandung unsur nama pemilik bisnis pasti menjadi ciri khas yang membedakan bisnismu dengan kompetitor serupa.
6. Memastikan Ketersediaan Nama di Dunia Maya
Membuat nama toko online yang bagus kini bukan sekadar soal idealisme pribadi saja.
Lebih dari itu, kamu juga harus memastikan ketersediaan nama tersebut di dunia maya. Cobalah memeriksa nama pilihanmu di domain internet dan media sosial seperti Instagram, Youtube, dan Facebook.
Sebaiknya kamu memilih nama yang benar-benar orisinal agar bisa membuat akun media sosial dengan nama tersebut.
Baca juga: Mengenal WordPress Framework dan Jenis Terbaiknya
Akun media sosial sangat penting untuk menunjang kesuksesan bisnis di zaman modern karena kamu berpotensi mendapatkan banyak pelanggan bila berhasil menggugah keingintahuan warganet.
7. Mencari Referensi di Internet
Jika kamu masih bingung menentukan nama toko online, sebaiknya kamu mulai mencari referensi sebanyak-banyaknya di internet.
Kamu bisa berselancar di media sosial atau marketplace agar lekas mendapatkan inspirasi. Luangkan waktu selama beberapa saat hingga kamu bisa menemukan nama toko yang paling tepat.
Sambil mencari ide untuk membuat nama toko online yang bagus, jangan lupa menyiapkan tambahan modal untuk mendukung bisnismu, ya.
Dahulu, urusan mencari tambahan modal bisnis memang terasa merepotkan.
Namun kini permasalahan tersebut tak akan terjadi lagi sejak kamu menemukan solusinya dari KoinWorks.
KoinWorks semakin konsisten membantu para pengembang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tanah air melalui layanan KoinBisnis.
KoinBisnis adalah fasilitas pinjaman tanpa agunan yang dapat dimanfaatkan untuk memperoleh tambahan modal bisnis.
Bunga cicilan yang rendah (berkisar antara 0,75% sampai 1,67%), proses pencairan dana yang cepat, dan cara membayar cicilan yang mudah membuatmu tak perlu ragu memanfaatkan KoinBisnis.
Layanan KoinWorks yang satu ini sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga keamanannya terjamin. KoinBisnis membuatmu lebih leluasa mengembangkan potensi toko online semaksimal mungkin.
Temukan berbagai tips menarik memulai bisnis dan manajemen mengembangkan bisnis lainnya hanya di Entrepreneurcamp.id.