HomeMarketingCara Membuat Ucapan Terima Kasih untuk Customer dengan Baik

Cara Membuat Ucapan Terima Kasih untuk Customer dengan Baik

Ucapan terima kasih untuk customer adalah sebuah kewajiban yang harus kamu berikan kepada para pelanggan.

Selain untuk menghargai keberadaan mereka, ucapan terima kasih ini juga bertujuan untuk mempererat hubungan bisnis kamu dengan para pelanggan.

Yuk, simak cara membuat dan contohnya berikut ini!

Cara Memberikan Ucapan Terima Kasih

Terdapat  cara unik memberikan ucapan terima kasih untuk customer yang bisa kamu lakukan.

Berikut adalah rangkuman lengkapnya.

1. Memberikan Kartu Ucapan

Cara pertama adalah dengan memberikan kartu ucapan kepada pelanggan setiamu. Dalam dunia bisnis, sudah banyak pebisnis yang menggunakan kartu ucapan sebagai media untuk menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para pelanggan atau partner bisnis.

Umumnya, momen yang tepat untuk memberikan kartu ucapan adalah ketika perayaan hari-hari besar seperti Idul Fitri, Idul Adha, Natalan, Tahun Baru, Hari Kemerdekaan, dan Imlek.

Namun, selain hari-hari besar tersebut, kamu juga bisa memanfaatkan momen penting lainnya untuk memberikan contoh kartu ucapan terima kasih untuk customer. Misalnya, hari anniversary brand atau toko milikmu.

Cara ini memang termasuk old school, akan tetapi dampaknya sangat besar. Apalagi jika kamu mengemas kartu ucapan dengan pilihan motif dan warna kertas atau amplop yang cantik, pelanggan pun akan merasa senang dan tersanjung.

Selain itu, pelanggan juga akan rela memamerkan kartu ucapan tersebut di akun media sosial seperti Instagram. Nah, tindakan ini secara tidak langsung akan mempromosikan atau membuat brand atau produk milikmu dikenal oleh banyak orang.

Contoh kartu ucapan terima kasih untuk customer tersebut juga bisa kamu jadikan sebagai inspirasi untuk menghargai loyalitas pelanggan terhadap bisnis milikmu selama ini.

2. Memberikan Ucapan Terima Kasih secara Langsung

Cara kedua adalah memberikan ucapan terima kasih secara langsung. Cara ini juga sudah banyak dilakukan dan sering ditemui. Kamu bisa melakukan cara ini dengan berbagai tindakan.

Pertama, kamu bisa mengucapkan rasa terima kasih setelah pelanggan selesai melakukan pembayaran. Ini merupakan cara paling umum dan mudah untuk menyampaikan rasa terima kasih secara langsung. Selanjutnya, jangan lupa ajak pelanggan untuk berkunjung kembali ke toko milikmu, ya.

Kedua, kamu bisa menyampaikan rasa terima kasih dengan mendekati pelanggan. Ajaklah mereka mengobrol dan ajukan beberapa pertanyaan seperti:

  • Apa produk yang mereka sukai.
  • Puas atau tidak dengan pelayanan yang mereka terima.
  • Nyaman atau tidak dengan desain tokonya.

Setelah mendapatkan jawaban-jawaban di atas, kamu bisa menyampaikan ucapan terima kasih secara langsung. Jika ada hal-hal yang membuat pelanggan merasa kurang puas, kamu harus meyakinkan mereka bahwa kekurangan tersebut akan segera kamu evaluasi demi kenyamanan mereka.

3. Buat Event Khusus untuk Pelanggan

Berikutnya adalah membuat event khusus untuk pelanggan. Misalnya, mengundang pelanggan setia saat launching produk baru atau pembukaan cabang toko baru. Kesempatan spesial ini akan membuat mereka senang dan menumbuhkan rasa loyalitas terhadap bisnis yang kamu jalankan.

4. Berikan Voucher Spesial

Memberikan voucher spesial juga termasuk cara unik menyampaikan ucapan terima kasih untuk customer. Kamu bisa memberikan voucher tersebut secara langsung untuk pelanggan yang menyelesaikan transaksi di atas nominal tertentu atau juga memberikannya melalui e-mail.

Selain voucher, kamu juga bisa memberikan diskon atau potongan harga sebagai bentuk ucapan terima kasih. Sebelum menetapkan potongan harga, kamu harus mempertimbangkan daya beli pelanggan terlebih dahulu. Tujuannya supaya kegiatan menarik ini bisa dinikmati oleh pelanggan yang lolos persyaratan.

Contoh, pelanggan bisa menikmati diskon 5% jika melakukan transaksi di atas Rp250.000,00. Kemudian untuk transaksi di atas Rp500.000,00 pelanggan bisa menikmati diskon hingga 15%. Jangan lupa tetapkan durasi waktu promo menarik ini agar kamu tidak mengalami kerugian, ya.

5. Mengirim Bingkisan

Cara terakhir adalah mengirim bingkisan atau hampers. Biasanya ini sepaket dengan kartu ucapan. Namun, kamu bisa melakukannya secara terpisah jika memungkinkan.

Misalnya, mengirim bingkisan ketika Hari Raya Idul Fitri atau hari besar lainnya kepada pelanggan yang sudah mendaftarkan diri mereka sebagai member. Cara ini juga sangat cocok untuk kegiatan bisnis makanan dan minuman.

Jadi, jika kamu sedang menjalankan bisnis makanan dan minuman, gunakanlah cara ini sebagai tanda ucapan terima kasih untuk customer yang loyal. Melalui cara ini, hubungan kamu dengan pelanggan akan terjalin sangat erat dan semakin baik.

Hal Penting Pada Ucapan Terima Kasih

Mengucapkan terima kasih dalam bisnis ternyata harus mempertimbangkan berbagai hal penting. Sebab, ucapan terima kasih ini akan mewakili brand yang kamu miliki dan sekaligus menumbuhkan rasa loyalitas di dalam diri konsumen.

Lantas, apa saja unsur penting saat mengucapkan terima kasih yang perlu kamu pertimbangkan? Supaya tidak bingung, simak rangkumannya berikut ini:

  • Menuliskan nama pelanggan dengan benar jika menyampaikan rasa terima kasih melalui kartu ucapan.
  • Gunakan kalimat manis dan sederhana agar mudah dipahami.
  • Sertakan pertanyaan umpan balik jika ucapan terima kasih kamu lakukan secara langsung.
  • Jangan lupa melibatkan brand atau produk saat menerapkan cara berterima kasih kepada pelanggan.

Itulah beberapa unsur penting yang perlu kamu pertimbangkan saat menyampaikan ucapan terima kasih untuk customer. Unsur-unsur di atas tentu saja akan membuat ucapan kamu lebih profesional dan tidak biasa.

Contoh Ucapan Terima Kasih untuk Customer

Mungkin kamu bingung bagaimana menyusun kalimat yang tepat untuk mengucapkan rasa terima kasih.

Jangan khawatir, ada beberapa contoh ucapan terima kasih yang bisa kamu jadikan sebagai inspirasi.

Apa saja? Berikut rangkumannya.

  • Menyebutkan Nama Toko

Selain menyebutkan nama pelanggan, kamu juga bisa menggantinya dengan menyebutkan nama toko. Contoh kalimatnya seperti ini:

“Dear pelanggan Toko Kopi Kipo, 

Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan sudah mempercayakan kami sebagai kedai kopi favoritmu. Terus beri masukan dan saran pelayanan kami menjadi lebih baik.”

  • Mengingatkan Pelanggan untuk Memberi Penilaian

Contoh kedua kamu bisa mengucapkan rasa terima kasih serta mengingatkan pelanggan untuk memberikan penilaian. Ini sangat dianjurkan bagi kamu yang menjalankan bisnis online, baik lewat e-commerce atau layanan ojek online di mana penilaian ini akan bantu menaikan value brand milikmu.

Contoh kalimatnya yaitu:

“Dear (nama pelanggan), 

Terima kasih sudah melakukan pembelian di (nama toko atau brand). Semoga produk kami turut serta menghadirkan hari yang menyenangkan dan penuh keceriaan. Jangan lupa beri kami bintang 5 jika kamu puas dengan pelayanan kami. Terima kasih, (nama pelanggan).”

  • Meminta Pelanggan Melakukan Pembelian Kembali

Contoh terakhir adalah memberikan ucapan terima kasih sekaligus meminta pelanggan untuk melakukan pembelian kembali. Berikut contoh ucapan terima kasih yang tepat:

“Halo (nama pelanggan), terima kasih sudah menikmati produk (nama brand). Jangan lupa untuk melakukan re-order, ya. Selamat menikmati dan semoga harimu menyenangkan.”

Sudah Menentukan Ucapan Terima Kasih untuk Customer yang Tepat?

Demikianlah informasi mengenai cara memberikan dan contoh ucapan terima kasih untuk customer yang bisa kamu jadikan sebagai inspirasi.

Yuk, pererat hubungan kamu dan pelanggan dengan memberikan ucapan terima kasih atas partisipasi dan loyalitas mereka terhadap bisnis milikmu.


Temukan inspirasi lainnya tentang ide bisnis, marketing dan sebagainya hanya di entrepreneurcamp.id

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Pentingnya Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan

Apa saja pentingnya manajemen sumber daya manusia yang baik bagi sebuah perusahaan? Menjadi seorang pebisnis yang sukses dan handal tidak hanya berfokus pada satu titik...

JNE Trucking adalah: Kelebihan dan Syarat Menggunakan Layanannya

JNE Trucking adalah salah satu layanan express dari jasa ekspedisi JNE untuk memudahkan pengiriman barang yang beratnya minimal 10 kg. Lantas, apa saja kelebihan,...

9 Perbedaan Marketplace dan E-Commerce yang Kamu Perlu Tahu

Faktanya, ada perbedaan loh antara marketplace dan e-commerce yang selama ini kamu sering gunakan. Jika kamu masih menganggap marketplace dan e-commerce sama, sekarang saatnya untuk mengubah pemahaman tersebut. Marketplace dan...

JNE YES adalah: Pengertian, Kelebihan, dan Lama Pengirimannya

JNE YES adalah layanan Yakin Esok Sampai dari JNE. Sebagaimana banyak orang ketahui, nama ekspedisi JNE sebenarnya sudah tidak terlalu asing lagi. Nah, kira-kira...

Contoh CSR Perusahaan: Inspiratif & Menarik untuk Dicoba

Contoh CSR perusahaan yang inspiratif dan menarik sangat banyak. Seperti namanya, Corporate Social Responsibility (CSR) adalah bentuk kegiatan yang berhubungan sosial atau gerakan lingkungan yang...