9 Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Online yang Efektif – Setiap pebisnis pasti ingin memiliki omzet yang terus meningkat. Namun, angka penjualan terkadang tidak menunjukkan peningkatan yang signifikan dan bahkan bisa bergerak turun.

Tentu saja, meningkatkan penjualan butuh upaya ekstra agar target bisnis bisa tercapai. Anda tidak bisa mengandalkan strategi promosi dan pemasaran yang biasa-biasa saja untuk menghasilkan penjualan yang luar biasa.

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Online yang Wajib Dicoba Sekarang Juga

Bagi pebisnis online, berikut beberapa cara efektif yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan konsumen dan meningkatkan penjualan produk Anda.

9 Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Online

1Menjaga dan Meningkatkan Kualitas Produk

Kualitas produk yang selalu terjaga akan meningkatkan kredibilitas bisnis di mata konsumen. Konsumen yang sudah percaya dengan mutu produk Anda, pasti tidak akan berpikir ulang untuk berlangganan. Bahkan Anda bisa saja menaikkan harga jual jika kualitas produk Anda semakin meningkat. Konsumen tidak akan mempermasalahkannya jika harga mahal sebanding dengan kualitasnya.

Baca Juga: 8 Kesalahan Dalam Pemasaran Produk yang Harus Dihindari

2Aktif Menggunakan Media Sosial

Gunakan berbagai platform media sosial yang populer untuk berbagi informasi dan membangun hubungan dengan target market Anda. Mulailah membuat konten tulisan, foto dan video kreatif tentang produk Anda, jadwalkan postingan setiap hari, serta berinteraksi dengan followers. Optimalkan fungsi media sosial untuk memperluas promosi dan membangun komunitas di dunia maya.

3Lakukan Pemasaran Konten di Website

Cara meningkatkan penjualan lewat pemasaran konten atau content marketing harus diterapkan bagi Anda yang menjalankan website toko online. Menulis artikel-artikel menarik dan bermanfaat dapat meningkatkan jumlah pengunjung yang mungkin membeli produk Anda juga. Pastinya, Anda juga harus memaksimalkan SEO (Search Engine Optimization), sehingga setiap artikel dapat mudah ditemukan saat orang-orang mencari kata kunci tertentu di mesin pencari.

Baca Juga: 4 Kriteria Barang yang Paling Cocok Dijual Online

4Perbanyak Kanal Penjualan Online

Pasarkan produk-produk Anda di berbagai kanal e-commerce. Anda tidak cukup hanya mengandalkan media sosial dan website toko online Anda. Namun, Anda juga bisa memasarkannya di berbagai website marketplace dan forum jual-beli online. Semakin banyak kanal penjualan online, semakin mudah Anda bertemu dengan konsumen potensial yang sebelumnya belum mengenal bisnis Anda.

Baca Juga: 4 Layanan yang Bisa Dimanfaatkan dalam Membuat Situs Gratis untuk Bisnis Online

5Iklankan Produk di Internet

gambar: thesempost.com

Beriklan di internet memang mengeluarkan biaya, tapi Anda perlu memperkenalkan produk Anda agar bisa terjual lebih banyak. Pemasangan iklan yang efektif dapat menjangkau banyak konsumen baru dan pastinya berpengaruh terhadap peningkatan penjualan. Untuk itu, cobalah memasang iklan di Facebook, Instagram, Twitter, Google, dan website atau blog orang lain.

Baca Juga: 6 Cara Menjual Barang Online yang Bisa Anda Coba

6Perluas Jaringan Secara Offline

Lewat pemasaran offline, Anda dapat melakukan penjualan langsung. Mungkin Anda akan mengeluarkan biaya tambahan, tapi Anda dapat memperluas jaringan pelanggan. Misalnya, dengan mengikuti bazar dan memasang booth, Anda berkesempatan untuk berinteraksi langsung dengan banyak orang yang mungkin tertarik membeli produk Anda.

7Berikan Penawaran Khusus

Siapa yang tidak suka mendapatkan potongan harga? Cobalah Anda memberikan penawaran khusus berupa diskon untuk memenangkan konsumen baru dan membuat konsumen lama kembali untuk berbelanja. Diskon dapat menaikkan penjualan dalam waktu cepat. Lakukan perhitungan yang tepat sebelum memberikan penawaran, agar bisnis Anda bisa tetap mendapatkan keuntungan yang layak.

Baca Juga: 5 Keuntungan Memberikan Diskon Saat Menjual Produk Anda

8Berikan Insentif Pada Karyawan

gambar: smart-money.co

Pemberian insentif dapat memotivasi karyawan pada bagian sales untuk bekerja lebih giat. Mereka akan lebih berusaha untuk mendapatkan pembeli sebanyak mungkin demi memperoleh insentif. Insentif dapat berupa komisi uang, hadiah barang, dan penghargaan sebagai karyawan teladan. Berikan apresiasi untuk karyawan yang berprestasi dalam memenuhi target penjualan.

9Layanan yang Terbaik

Tentu saja, pelayanan yang terbaik akan menambah kepuasan dan membuat konsumen jadi pelanggan yang setia. Tidak cukup hanya mengandalkan produk yang berkualitas, harga promosi, dan strategi pemasaran lainnya. Namun, Anda juga perlu memperhatikan kualitas layanan Anda. Untuk itu, selalu tunjukkan pelayanan yang ramah, responsif, dan bertanggung jawab.

Baca Juga: 5 Manfaat Teamwork Bagi Diri Sendiri dan Perusahaan


Nah, itulah 9 cara meningkatkan penjualan bisnis online yang efektif. Kembangkan terus strategi pemasaran Anda. Jangan pernah berhenti berinovasi, karena dunia bisnis online penuh dengan persaingan dan selalu mengalami perkembangan.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (APR - %)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Total Bunga
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here