Melek teknologi, pahami tantangan dan solusi transformasi digital untuk bisnismu.

Kita tahu saat ini dunia digital sangat berpengaruh dalam segala bidang. Termasuk bisnis, apalagi di masa-masa pandemi yang memang mengharuskan kita untuk mengakses banyak hal dari rumah.

Membuat bisnis dapat diakses secara digital bukanlah sebuah pilihan melainkan kewajiban untuk menjaga stabilitas.

Itu sebabnya tidak sedikit yang merasakan bahwa transformasi digital sebagai sebuah tantangan.

Terlebih bagi bisnis yang dulunya beroperasi secara offline, mau tidak mau harus menyesuaikan diri untuk terjun ke dunia digital.

Di lain sisi, dibalik tantangannya transformasi digital juga merupakan sebuah solusi.

Mungkin saja banyak bisnis yang tidak dapat beroperasi secara maksimal lagi dengan prosedur offline mereka.

Itu sebabnya prosedur digital dipilih untuk menjadi solusi. Dengan adanya platform digital pun pertumbuhannya akan tetap terbantu.

Melihat kondisi ini, di bawah sudah kami rangkum beberapa tantangan dan juga solusi dari transformasi digital yang bisa kamu jadikan inspirasi. Simak ulasannya, yuk!


Tantangan Dari Segi Literasi Teknologi

Tidak bisa dipungkiri saat ini masih banyak sekali masyarakat kita yang belum terliterasi dengan baik dari segi teknologi.

Hal ini tentu saja menjadi sebuah tantangan terkait transformasi digital jika ingin dilakukan untuk bisnis.

Oleh karena itu, para pelaku usaha diharapkan untuk menggali lebih dalam lagi mengenai platform digital dengan mempelajarinya secara bertahap, mulai dari cara penggunannya hingga pengoperasiannya.

Memahami tantangan dan solusi transformasi digital bisnis sangat penting dan dapat menjadi bekal untuk nantinya mereka bisa mengembangkan bisnis secara digital.


Perlunya Mempelajari Strategi Pemasaran Bisnis Digital

Mungkin mempelajari strategi bisnis sangat mudah untuk dilakukan bagi sebagian orang, terlebih mereka yang memang memiliki akses kepada pendidikan terkait manajemen bisnis.

Tapi, para pelaku usaha di luar sana banyak yang tidak teredukasi dengan baik. Mengingat tidak semua orang memiliki background pendidikan yang sama. Tetapi, hal ini bisa dipelajari sendiri dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

Ketersediaan akses internet akan memudahkan para pelaku usaha untuk belajar sendiri bagaimana teknik digital marketing yang tepat dan sesuai dengan bisnis mereka.

Dengan begitu, pelaku bisnis akan lebih maksimal lagi dalam melakukan pemasaran di dunia maya.


Membuka Peluang Yang Lebih Baik

Disamping itu, transformasi digital juga dapat membuka peluang bisnis menjadi lebih inovatif. Misalnya, ketika bisnis dilakukan secara online dan menggunakan strategi pemasaran yang tepat maka bisnis akan lebih mudah untuk dikenal.

Tentu saja hal ini akan menjamah calon konsumen-konsumen baru yang nantinya juga akan ikut berkontribusi kepada growth sales pada bisnis yang dialihkan ke aspek digital.

Hal ini tentu saja memberikan keyakinan bagi mereka yang masih ragu untuk mencoba beralih ke digital.


Munculnya Inovasi Baru Dalam Bisnis        

Selain menjadi tantangan, tapi adanya transformasi digital ini juga membuat banyak pihak ikut berinovasi dalam menghasilkan solusi dalam bisnis.

Salah satunya adalah melalui platform digital yang memberikan kemudahan bagi para penggunanya, khususnya pelaku bisnis.

Misalnya munculnya platform yang memberikan edukasi mengenai strategi bisnis secara online berupa diskusi online atau webinar.

Seirama dengan itu, KoinWorks juga ikut hadir untuk mendukung tumbuh kenal bisnis lokal dalam platform digital pertama di Indonesia yang dapat memberikan solusi finansial dalam bisnis. Para pelaku bisnis bisa mendapatkan pinjaman modal usaha dengan bunga terjangkau bahkan hingga Rp 2 miliyar.

Selain itu, ada juga fitur lainnya yang dapat digunakan untuk meningkatkan bisnismu. Yang lebih mudah lagi, semua bisa dilakukan langsung dari smartphone tanpa harus mendaftarkan bisnismu secara tatap muka.

Cukup download aplikasinya dan nikmati segala kemudahan langsung dari satu genggaman!


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.