7 Kesalahan Menggunakan Instagram yang Dilakukan Online Shop – Instagram adalah salah satu media sosial yang paling banyak digunakan oleh para pebisnis online untuk berjualan.

Platform yang awalnya identik sebagai aplikasi berbagi foto ini, kini semakin ramai pengguna dan telah menembus 1 milliar orang di seluruh dunia. Indonesia tentu menjadi salah satu negara dengan pengguna Instagram terbanyak.

Baca Juga: Daftar Perlengkapan untuk Memulai Bisnis Online Shop

Bagi Anda yang menjalankan online shop atau toko online di Instagram, sudahkah Anda mencapai target penghasilan yang diharapkan? Jika belum, mungkin karena Anda telah melakukan beberapa kesalahan.

Jika jualan sepi, Anda patut memperhatikan penggunaan akun Anda. Pastikan hal-hal berikut ini tidak Anda lakukan lagi.


Hindari 7 Kesalahan Menggunakan Instagram Ini!

1Feed yang Berantakan

media sosial instagram

Kalau Anda bermain Instagram hanya untuk posting foto-foto pribadi, Anda tidak harus mengatur tampilan feed ig supaya rapi dan keren. Anda bebas memposting foto ala kadarnya.

Namun untuk Instagram bisnis, Anda seharusnya lebih kreatif dalam mengelola akun Anda. Perhatikan setiap desain konten yang diunggah. Usahakan feed Anda tampil menarik ala selebgram profesional, sehingga orang-orang suka melihatnya.

Baca Juga: 9 Keuntungan Menjadi Wirausaha yang Perlu Diketahui

2Foto Kurang Bagus

kualitas konten instagram bisnis

Anda boleh saja memakai handphone untuk memotret produk Anda. Zaman sekarang smartphone juga sudah canggih sekali dan memiliki kamera berkualitas.

Meski begitu, jangan asal jepret dan edit. Namun, cobalah lebih kreatif dengan memakai properti pendukung atau model, sehingga foto produk terlihat lebih artistik dan hidup.

Baca Juga: 7 Tips Agar Bisnis Cepat Untung Walau Baru Dimulai

3Membeli Likes atau Followers

alasan jangan membeli followers instagram untuk bisnis online
gambar: dft.ba

Memang jumlah likes dan followers dapat menciptakan impresi yang baik terhadap bisnis Anda. Calon konsumen mungkin bisa tertarik saat pertama kali mengunjungi akun Anda.

Namun, jika Anda cuma mengandalkan likes dan followers palsu, itu hanya sementara saja memberikan dampak yang positif. Sebab, semuanya tidak nyata dan Anda seperti membohongi diri sendiri.

Baca Juga: Cara Menambah Followers Instagram Tanpa Menambah Following

4Asal Memakai Hashtag

hashtag atau tagar media sosial instagram
gambar: lanfrancostefano.com

Penggunaan hashtag atau tagar cukup berpengaruh untuk mendapatkan like, komen, dan follower. Sebab, sejumlah orang kerap mencari sesuatu melalui hashtag dan bisa saja dengan tidak sengaja menemukan postingan Anda.

Namun, jangan asal memakai hashtag. Sebaiknya, gunakan beberapa hashtag yang relevan dengan bisnis Anda supaya Anda bisa bertemu dengan orang-orang yang sesuai dengan target pasar Anda.

Baca Juga: 4 Alasan Kenapa Banyak Orang Tertarik Belanja Online

5Jarang Posting

Jangan malas untuk update. Anda harus lebih aktif memposting agar pengikut akun Anda selalu mengingat dan tahu perkembangan Anda. Akun yang aktif juga berpeluang untuk mendapatkan follower baru.

Jika Anda bingung mau memposting apa, Anda boleh memposting hal lain di luar produk. Misalnya, Anda berjualan pakaian, Anda bisa posting tips memilih baju pesta yang tepat. Konten Anda tetap relevan dan bisa sebagai trik soft-selling yang ampuh.

Baca Juga: 7 Cara Melatih Kedisiplinan Diri dalam Bekerja

6Posting Terlalu Sering

jualan online di instagram

Memang akun Anda harus selalu aktif, tapi jangan sampai terlalu sering posting. Sebab, followers Anda bisa risih dan akhirnya melakukan unfollow.

Sebaiknya, buat jadwal posting secara berkala. Beri jarak waktu antar setiap postingan. Misalnya, Anda mau memposting dua konten setiap hari, maka Anda bisa mempostingnya setiap pagi dan malam hari.

Baca Juga: Lakukan 6 Hal Ini untuk Memuaskan Pelanggan Bisnis Anda

7Melakukan Spamming

bisnis endorsement instagram kylie jenner
gambar: instagram @kyliejenner

Banyak akun online shop yang melakukan kesalahan menggunakan Instagram dengan spamming di kolom komentar dan men-tag para selebriti. Spamming tersebut sangat tidak etis, meski terkadang bisa menjangkau konsumen baru.

Maka dari itu, jika Anda ingin membangun reputasi bisnis yang baik, jangan pernah nge-spam. Jika nasib Anda buruk, risikonya akun Anda malah di-report dan di-block oleh para netizen.

Baca Juga: 10 Jurus Sukses dalam Menjalankan Bisnis


Nah, itulah sejumlah kesalahan menggunakan Instagram. Ingat, persaingan bisnis online di Instagram semakin ramai. Oleh sebab itu, Anda harus lebih berhati-hati dan semakin profesional dalam mengelola akun Anda untuk berjualan.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.