HomeMarketingDigital MarketingCara Lengkap Aktifkan Instagram Shopping

Cara Lengkap Aktifkan Instagram Shopping

Cara Lengkap Aktifkan Instagram Shopping – Instagram yang awalnya merupakan sebuah platform media sosial untuk berbagi foto dan video, ternyata seiring perkembangannya mampu menjadi wadah untuk promosi bisnis online yang menjanjikan, terlebih ketika Instagram Shopping Indonesia sudah aktif dan resmi dirilis.

Apa itu Instagram Shopping?

Mengutip dari laman resminya, Instagram Shopping adalah sebuah fitur yang diciptakan untuk memudahkan pengguna Instagram dalam menjelajahi berbagai produk yang dijual para pebisnis online di platform tersebut.


Bagi pengguna sekaligus calon pembeli di Instagram, fitur Instagram Shopping ini lebih memudahkan mereka untuk “window shopping” dan mungkin ingin melakukan perbandingan produk dengan online shop lainnya.

Sementara itu, bagi penjual atau pemilik bisnis online di Instagram, fitur ini tentu bagaikan sebuah etalase yang menjejerkan produk yang dijual lengkap dengan label harga dan deskripsi yang sekali diketuk akan mengarahkan calon pembeli ke landing page atau situs yang ditentukan.

Dengan adanya peluang tersebut, tentunya sayang apabila kamu melewatkan fitur ini.

Syarat dan ketentuan membuat Instagram Shopping

  • Kamu sudah memiliki akun Instagram Bisnis atau Kreator
  • Akun Instagram Bisnis atau Kreator tersebut sudah terhubung dengan Facebook Page bisnis kamu.
  • Bisnis kamu ada di dalam wilayah yang bisa mengakses Instagram Shopping.
  • Produk yang kamu jual memenuhi persyaratan.
  • Bisnis kamu mematuhi perjanjian pedagang dan kebijakan perdagangan dari Instagram dan Facebook.
  • Terdapat domain atau situs web yang untuk jual beli bisnis kamu.
  • Kamu sudah terhubung dengan katalog produk di Facebook.

Cara mengunggah katalog produk untuk Instagram Shopping

Jika sudah memiliki akun Instagram Bisnis dan sudah terhubung dengan Facebook Page bisnis kamu, berarti tinggal beberapa langkah lagi untuk mengaktifkan Instagram Shopping.

Namun, jika kamu belum memiliki unggahan katalog produk, berikut caranya yang dilansir dari laman resmi Facebook for Business.

  1. Buka www.facebook.com/products.
  2. Pilih menu “Buat Katalog
  3. Pilih jenis inventaris, lalu klik “Berikutnya
  4. Jika kamu telah memiliki akun Ecommerce dan memiliki katalog produk disana, Anda bisa memillih “Hubungkan Platform Ecommerce“. Jika belum, pilih menu “Unggah Info Produk” dan lengkapi semua deskripsi, harga, link situs Anda, dan lain sebagainya.
  5. Pilih akun Pengelola Binsis
  6. Lengkapi nama katalog
  7. Klik “Buat

Baca juga: Kenali Cara Membaca Instagram Insight, Apakah Sulit?

Cara Aktifkan Instagram Shopping

Setelah semua persyaratan di atas sudah terpenuhi, Anda sudah memiliki katalog produk, maka Anda tinggal mengaktifkan Instagram Shopping dengan langkah berikut.

  1. Masuk ke profil Instagram Bisnis kamu
  2. Buka “Pengaturan
  3. Pilih “Bisnis
  4. Lalu pilih “Sign Up for Shopping
  5. Terakhir, pilih “Accept Term“.

Dari langkah tersebut kamu tinggal menunggu peninjauan akun kamu.

Jika berhasil disetujui maka kamu sudah bisa membuat postingan Instagram Shopping dengan cara berikut ini.

  1. Buka profil Instagram Bisnis kamu, lalu pilih garis tiga di pojok kanan atas
  2. Pilih “Pengaturan
  3. Pilih “Bisnis” lalu pilih “Belanja
  4. Pilih “Katalog Produk” yang ingin kamu promosikan di Instagram Shopping
  5. Unggah foto yang Anda inginkan, pilih “Tag Product“. Kamu bisa menandai/tag lima produk sekaligus dalam satu kali posting.
  6. Lalu pilih “Selesai“.

Tidak hanya membuat tag Instagram Shopping pada postingan yang baru, Kamu juga bisa menandai postingan lama yang sudah diupload, caranya adalah berikut ini.

  1. Pilih postingan yang ingin Anda tandai dengan Instagram Shopping
  2. Tap “Edit
  3. Lalu pililh “Tag Product

Selain sebagai tag kamu juga bisa memanfaatkan fitur Instagram Shopping ini di Instastory.

Caranya adalah dengan menambahkan stiker.

  1. Lakukan langkah seperti biasa saat kamu ingin mengupload Instagram Story.
  2. Lalu setelah selesai mengedit tap menu stiker “Product” dan pilih produk dari katalog Anda yang ingin dipromosikan.
  3. Atur ukuran dan letak posisi stiker. Kamu juga bisa mengubah warna stiker tersebut.
  4. Setelah itu semua sudah dilakukan Instastory siap untuk dibagikan.

Cukup mudah bukan cara untuk membuat Instagram Shopping di akun bisnis kamu. Tentunya ini adalah salah satu cara yang efektif untuk mengoptimalkan penjualan Anda.

Terlebih jika kamu sudah memiliki situs web sendiri untuk menjadi tempat transaksi produk yang kamu jual.

Instagram Shopping ini bisa membantu produk jadi lebih mudah ditemukan calon pembeli dan tentunya sekaligus bisa menambah trafik ke situs kamu.

Baca juga : Cara Membuat Linktree di Instagram

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Apa Itu Valuasi: Cara Menghitung, Manfaat, dan Faktornya

Ketika mendengar berita, membaca artikel, ataupun melakukan diskusi seputar ekonomi dan investasi, kamu akan sering menemukan suatu istilah penting yakni valuasi. Istilah ini memang...

Apa itu Newsletter? Ini Manfaat dan Cara Membuatnya

Mungkin kamu belum memahami betul apa itu newsletter? Namun, tanpa sadar kamu bisa saja sudah menemukannya jika sering memeriksa email. Email yang berisikan promosi...

Apa itu Profit? Berikut Jenis dan Cara Menghitungnya

Melakukan bisnis harus melalui berbagai riset dan strategi, terutama dalam pengembangan produk dan pemasaran. Apabila kamu telah melakukan pemasaran dengan baik, maka kamu akan...

Ketahui Apa Itu ROI dan Cara Penghitungannya!

Setiap investasi pasti memiliki resiko keuntungan dan kerugian. Oleh karena itu, kedua aspek untung dan rugi tersebut perlu dilakukan perhitungan dan proyeksi terhadap investasi...
Berlangganan Email

Berlangganan Email

Dapatkan panduan mengembangkan bisnis gratis lewat email. Masukkan email Anda dan dapatkan panduannya!

You have Successfully Subscribed!