Seller, Ini Cara Dapatkan Ribuan Followers di Tokopedia – Meskipun bagi sebagian pebisnis jumlah followers di media manapun tidak begitu dipusingkan, ternyata dalam praktiknya jumlah followers cukup memengaruhi penjualan, terlebih followers Tokopedia.

Melansir dari laman resmi Tokopedia sendiri, faktanya, ada lebih dari 20% transaksi yang terjadi di suatu toko itu dilakukan oleh pengguna Tokopedia yang telah menjadi followers di toko tersebut.

Jika sebelumnya yang menjadi concern kamu adalah bagaimana membuat foto produk yang sedemikian rupa menarik, atau bagaimana menentukan harga yang bisa bersaing di pasar, kini saatnya kamu berfokus pada bagaimana menambah followers di Tokopedia.

Sudah menjadi rahasia umum kalau jumlah followers bisa didapatkan dengan mudah melalui cara yang instan.

Namun, pun jadi rahasia umum juga kalau cara tersebut kurang bisa mengoptimalkan penjualan.

Selain itu juga followers yang didapat dari cara instan tidak akan berpengaruh pada 20% transaksi seperti yang kita bahas di awal tadi.

Nah, bagaimana cara menambah followers di Tokopedia yang jumlahnya ribuan dan semua itu organik alias followers asli. Mari simak artikel ini sampai akhir.


1. Buat promo yang menarik

Hampir semua jenis toko yang ada di berbagai ecommerce pasti memiliki promo. Hal tersebut dikarenakan harga promo adalah salah satu cara utama untuk menarik minat para pembeli ketika mereka mengunjungi toko online kamu pertama kali.

Kita sendiri pun saat mencari suatu barang di toko online pasti akan membandingkan terlebih dulu harga barang yang sama di beberapa toko yang berbeda. Mana yang memiliki promo dan harga paling menarik di situlah kita akan membelinya.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengatur strategi promo yang salah satu syaratnya adalah dengan mengikuti atau follow Tokopedia kamu.

Buatlah promo berupa voucher, baik itu voucher cashback maupun voucher gratis ongkir. Dengan begitu, jika mereka ingin mendapatkan voucher tersebut, mereka harus follow Tokopedia kamu.


2. Posting Konten Menarik di Feed

Cara ampuh lainnya adalah dengan membuat postingan menarik di fitur feed Tokopedia.

Buat dan posting konten sebanyak-banyaknya.

Mulai dari konten tentang produk-produk yang kamu jual, produk yang akan rilis, tips dan trik yang relevan, tutorial, testimonial dari para pembeli, hingga promosi.

Konten yang interaktif dan bisa memicu engagement seperti polling atau pertanyaan akan menambah jumlah followers Tokopedia dengan mudah.

Jangan lupa gunakan juga hashtag yang sedang tren atau populer di feed Tokopedia, dengan begitu toko dan produk kamu bisa dieksplor oleh para calon pembeli dan menambah followers baru.

Baca juga : 3 Tips Membuat Konten Media Sosial Agar Tepat Sasaran


3. Promosikan Akun Toko di Media Sosial

Buatlah seluruh dunia tahu tentang keberadaan akun Tokopedia kamu.

Caranya adalah dengan memaksimalkan seluruh akun media sosial yang kamu miliki; Facebook, Instagram, Twitter, dan Youtube.

Jika kamu memiliki akun Instagram, gunakan fitur link di bio untuk menaruh link Tokopedia kamu di sana.

Selain itu, maksimalkan juga fitur Instastory untuk memberi tahu promo apa saja yang bisa didapat jika menjadi followers Tokopedia bisnis kamu.

Akan lebih maksimal lagi jika kamu sudah mendapatkan akses swipe up yang bisa langsung mengarahkan ke Tokopedia kamu.

Belum memiliki fitur swipe up? Jangan khawatir, kamu bisa memanfaatkan endorsement yang call-to-action-nya adalah swipe up ke Tokopedia dan follow untuk mendapat voucher.


4. Maksimalkan Fitur Chat

Fitur chat ini sudah pasti digunakan oleh sebagian besar pengguna Tokopedia.

Saat ada pelanggan atau calon pembeli yang mengirimkan pesan untuk menanyakan stok atau mungkin menanyakan produk, kamu bisa mengirimkan pesan ajakan untuk memfollow toko kamu.

Dengan begitu, pelanggan atau calon pembeli akan lebih aware untuk menjadi followers kamu.

Dalam pesan ajakan cobalah rangkai kata-kata yang engaging seperti “Follow akun kami untuk mendapatkan voucher gratis ongkir” atau “Follow akun kami untuk update promo dan flash sale mendatang“.

Baca juga : Alasan Bisnis Harus Punya Akun Media Sosial


5. Keuntungan Menambah Banyak Followers di Tokopedia

Mungkin ada sebagian orang yang memang merasa belum perlu untuk menambah followers Tokopedia. Padahal ada banyak manfaat dan keuntungan yang diperoleh jika memiliki ribuan followers di Tokopedia.

  • Menambah tingkat kepercayaan pelanggan

Setiap pengguna Tokopedia bisa melihat berapa banyak jumlah followers yang dimiliki oleh sebuah toko.

Jumlah followers yang tinggi biasanya akan menambah tingkat kepercayaan pengguna terhadap kredibilitas toko tersebut.

Oleh karena itu, lakukanlah empat cara menambah followers Tokopedia di atas untuk merealisasikan ribuan followers dan mengoptimalkan penjualan kamu.

  • Memancing pengguna lain untuk mengikuti juga

Sebelum mengikuti atau memfollow sebuah toko, ada kebiasaan pengguna untuk melihat apakah sudah banyak pengguna lain yang follow.

Hal ini memang lumrah terjadi dikarenakan psikologi sosial.

Meskipun hanya mem-follow dan tidak melakukan transaksi pembelian saat itu juga, setidaknya ada kemungkinan yang besar pengguna tersebut melakukan pembelian saat ada promo yang dirasa menarik.

  • Meningkatkan jumlah pelanggan setia dan juga penjualan

Jika jumlah pelanggan setia atau yang biasa disebut loyal customers meningkat, tentunya penjualan akan meningkat juga.

Sangat sering terjadi saat sebuah bisnis memiliki loyal customers, mereka akan melakukan repeat order, dan bahkan yang lebih baik lagi, mereka akan merekomendasikan bisnis tersebut ke orang lain.

Jadi, mulailah menyusun strategi dan cara untuk mendapatkan banyak followers di akun Tokopedia dan meningkatkan peluang bisnis kamu.

Apabila kamu membutuhkan tambahan modal usaha untuk mengembangkan bisnismu, maka kamu bisa mencoba ajukan pinjaman modal usaha dari KoinWorks.

KoinWorks melalui KoinBisnis memiliki komitmen untuk membantu perkembangan UMKM di Indonesia dengan memberika pinjaman modal usaha sampai dengan Rp. 2 Miliar dan dengan bunga yang rendah yaitu 0.75% per bulan.

Tidak perlu ragu untuk mengajukan pinjaman modal usaha, karena pinjaman ini bukan bentuk dari pengeluaran yang sia-sia tapi justru ini sebuah investasi terhadap bisnis kamu.

Semangat dalam memajukan bisnis, ya!


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.