Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online di Media Sosial – Facebook, Instagram, Twitter, dan Path merupakan media sosial terpopuler di Indonesia.
Kecuali Path, ketiga jenis media sosial tersebut adalah yang paling umum digunakan untuk berjualan barang online.
Baca Juga: Peran Penting Customer Service Dalam Bisnis Online
Bisnis online di media sosial memang sudah tidak asing lagi di Tanah Air. Dahulu fungsi media sosial hanya menjadi tempat menjalin pertemanan di dunia maya, tapi sekarang fungsinya juga sudah menjadi media jual-beli online.
Berdasarkan data dari perusahaan riset We Are Social, jumlah pengguna media sosial di Indonesia pada tahun 2017 sudah mencapai 106 juta orang dari 132,7 juta pengguna internet. Tak heran, jika kini banyak orang memanfaatkan media sosial untuk berbisnis.
Baca Juga: Manfaatkan Teknologi Mobile, Berikut Tips Meningkatkan Penjualan via Mobile
Namun, menjalankan bisnis online di media sosial memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan. Di antaranya:
Daftar Isi
Kelebihan Bisnis Online di Media Sosial
Media sosial dapat membantu Anda terlibat dengan pelanggan dan mencari tahu apa yang dikatakan orang tentang bisnis Anda. Anda juga dapat menggunakan media sosial untuk iklan, hadiah promosi, dan aplikasi seluler.
Berikut adalah kelebihan sosial media untuk bisnis anda:
- Menarik pelanggan, mendapatkan umpan balik pelanggan, dan membangun loyalitas pelanggan.
- Meningkatkan jangkauan pasar Anda, termasuk pasar internasional.
- Dapat melakukan riset pasar dan kurangi biaya pemasaran.
- Meningkatkan pendapatan dengan membangun jaringan pelanggan dan periklanan.
- Sederhana dan dapat digunakan dengan mudah.
- Dapat meningkatkan lalu lintas ke situs web Anda dan meningkatkan peringkat mesin pencari.
Menjual barang di media sosial adalah strategi pemasaran online yang paling banyak dilakukan di Indonesia. Alasannya karena sangat mudah membuat sebuah akun dan kemudian bisa langsung memposting foto produk yang dijual. Cara yang simpel.
Baca Juga: Memahami Algoritma Instagram 2021
Bermain media sosial tidak perlu bayar alias gratis. Pengguna tidak perlu membayar biaya apapun kepada perusahaan media sosial tersebut. Terkecuali Anda memasang iklan untuk mempromosikan akun dan produk Anda. Jadi, yang Anda butuhkan minimal hanya sebuah smartphone dan jaringan internet untuk dapat memposting produk jualan Anda kapan saja Anda mau.
Baca Juga: Tingkatkan Penjualan, Ikuti 5 Tips Menarik Minat Pembeli Online
Kekurangan Bisnis Online di Media Sosial
Media sosial mungkin tidak cocok untuk setiap bisnis. Jika Anda tidak siap dan meluncurkan kehadiran Anda di media sosial tanpa perencanaan, Anda dapat membuang waktu dan uang yang berharga.
Berikut adalah kekurangan sosial media untuk bisnis anda:
- Jika Anda tidak memiliki strategi pemasaran atau media sosial yang jelas, manfaatnya dapat berkurang.
- Anda mungkin membutuhkan sumber daya tambahan untuk mengelola kehadiran bisnis online Anda.
- Media sosial bersifat langsung dan membutuhkan pemantauan setiap hari.
- Jika Anda tidak secara aktif mengelola akun media sosial Anda, Anda mungkin tidak melihat manfaat nyata apa pun
- Anda mungkin mendapatkan perilaku yang tidak diinginkan atau tidak pantas di situs Anda, termasuk complain.
- Eksposur online dapat menarik risiko seperti umpan balik negatif, kebocoran informasi atau peretasan.
- Klaim palsu atau menyesatkan yang dibuat di media sosial Anda (oleh bisnis Anda atau pelanggan) dapat tunduk pada undang-undang konsumen. Anda dapat didenda jika seorang penggemar pelanggan memposting informasi yang menyesatkan atau menipu, terutama tentang produk atau layanan pesaing.
Bagi bisnis online yang masih baru, konsumen akan sedikit ragu untuk berbelanja. Apalagi jika jumlah follower atau pengikut akun Anda masih sedikit dan Anda tidak punya website bisnis sendiri.
Solusinya, Anda pun harus berusaha keras untuk menarik perhatian dan meyakinkan calon pembeli dengan melakukan sejumlah strategi promosi.
Contohnya, dengan mengelola timeline postingan secara kreatif, melakukan endorsement, atau memasang iklan.
Baca Juga: Cara Dapatkan Banyak Followers Di Tokopedia
Anda akan kerepotan dalam memproses pemesanan. Terkadang, ada saja calon konsumen yang bertanya atau memesan lewat kolom komentar. Jika sudah begitu, Anda harus mengeceknya dengan saksama, terlebih jika komentar yang masuk begitu banyak.
Anda harus mengecek secara manual di postingan mana komentarnya, apa username akunnya, siapa nama penggunanya, dan apa yang dipesannya.
Solusinya, Anda harus aktif mengecek akun media sosial dan meminta konsumen untuk melakukan closing pemesanan melalui pesan pribadi via LINE, WhatsApp, dan aplikasi chat lainnya. Ini akan mempermudah Anda mendata pembelian yang masuk dan segera mengirimkan pesanan kepada konsumen.
Baca Juga : Cara Membuat Blog Gratis, Mudah Dan Cepat
Dengan melihat kelebihan dan kekurangan dari bisnis online di media sosial diatas. Pastinya bagi kalian yang ingin memulai bisnis online melalui media sosial harus tau benar ya kelebihan dan kekurangannya. Apa pun risikonya, memiliki strategi media sosial dan mempersiapkan kebijakan serta prosedur Anda dengan cermat sebelumnya dapat membantu Anda mengelolanya.
Baca Juga: Pastikan Hal Ini Ada Pada Website Bisnis Online Anda