Trik Berjualan dengan Twitter Marketing – 

Twitter please do your magic

Kembali populernya Twitter beberapa waktu belakangan harus dimanfaatkan sebagai peluang untuk bisnis kamu. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan Twitter Marketing.

Twitter marketing adalah suatu strategi promosi untuk bisnis online kamu. Cara kerjanya secara garis besar adalah dengan memperbanyak interaksi dengan audiens atau calon pembeli.

Banyak yang memang masih terkesan meremehkan hal tersebut. Padahal sudah terbukti kalau percakapan dengan audiens atau calon pembeli bisa meningkatkan branding dan penjualan.

Fakta lainnya, menurut Mike Park, VP of Publisher Products Twitter, 31% orang lebih mengingat apa yang ada di Twitter ketimbang informasi yang mereka dapat dari search engine atau Google.

Jadi potensi promosi di Twitter cukup besar untuk meningkatkan penjualan bisnis kamu.


Salah satu kelebihan Twitter adalah fitur-fiturnya yang mudah digunakan, bahkan oleh pemula sekalipun. Karena itu, kamu bisa memaksimalkan Twitter Marketing dalam waktu singkat.

Buat profil yang menarik dan lengkap

Halaman profil adalah yang pertama kali akan dilihat target audiens kamu. Pastikan untuk membuat profil yang lengkap dan semenarik mungkin.

1. Gunakan username yang singkat dan jelas

Ini akan memudahkan audiens kamu untuk mencari profil Twitter kamu. Akan lebih baik lagi jika menggunakan nama yang mudah diingat. Pastikan username yang kamu gunakan juga merepresentasikan branding dari bisnis kamu.

2. Foto profil dengan logo

Buat foto profil yang eye-catching dan memang memuat logo bisnis kamu. Ini demi memunculkan rasa familiar setiap kali audiens atau calon pembeli melihat Twitter kamu serta kemasan packaging bisnis kamu (jika ada).

3. Foto header yang representatif

Kamu bisa mengunggah foto kantor atau produk bisnis kamu sebagai header di profil Twitter. Buat sekreatif mungkin dan ingat untuk menyesuaikannya dengan rasio 3:1.

Manfaatkan fitur yang ada

Twitter memiliki fitur-fitur yang sangat mendukung konten kreatif. Jika kamu telaah lebih jauh, kamu bisa membuat konten yang sangat menarik hanya dengan menggabungkan dua foto hingga menjadi kolase.

Atau bisa juga dengan membuat polling di Twitter demi mendapat banyak engagement seperti berikut.

Ini adalah fitur yang sangat mudah dibuat dan pengguna lainnya pun hanya butuh satu ketukan untuk berpartisipasi dalam polling seperti ini.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan fitur gif, gambar, dan video untuk mendukung konten atau tweet yang kamu sebarkan.

Ada juga fitur terbaru Twitter yakni Voice Feature. Fitur ini memungkinkan kamu hanya men-tweet suara. Jika bisnis kamu relevan dengan sesuatu yang bersuara atau mungkin punya podcast juga, voice feature bisa menjadi salah satu jalan untuk memaksimalkan Twitter Marketing kamu.

Selalu ikuti trending topic

Setiap harinya di Twitter selalu ada trending topic yang berbeda. Nah, kamu harus mengikuti dan membuat konten yang relevan dengan topik tersebut untuk bisnis kamu.

Jangan lupa juga untuk menyertakan tagar atau hashtag supaya tweet kamu bisa dieksplor banyak orang. Ingat, buatlah tweet kamu jadi konten kreatif dan tetap relevan.

Menurut riset yang dilakukan tim di Twitter sendiri, dua tagar akan meningkatkan engagement sebuah tweet hingga 21% dibanding dengan tweet yang disertai banyak tagar. Jadi gunakan tagar secukukpnya, ya.

Baca juga : 6 Cara Sederhana Belajar Bisnis

Gunakan komunikasi yang interaktif

Di Twitter, banyak sekali brand yang berkomunikasi dengan audiens mereka seperti sedang mengorol dengan teman.

Dengan hanya batasan 280 karakter, tentu saja bahasa yang terlalu baku dan formal memang akan kurang mendukung.

Sebenarnya bisa saja untuk dijadikan sebuah thread, namun jika bisnis online kamu memiliki target audiens millennial akan sangat tepat untuk menggunakan bahasa percakapan.

Reply atau Quote Tweet postingan viral

Sebelum mengikuti trik ini, pastikan untuk memahami etika tidak tertulis ketika akan me-reply di postingan viral.

Hindari untuk men-tweet promosi bisnis kamu secara hard selling di postingan yang sifatnya belasungkawa, berita duka, atau info tentang hal tidak menyenangkan lainnya.

Lagipula, ada banyak selebtweet atau influencer yang memang menyediakan “lapak” untuk mereka yang memiliki jualan online untuk me-reply dan mempromosikan jualannya.

Berinteraksi dengan audiens

Desain Twitter yang begitu compact memang sangat cocok untuk para pemilik bisnis yang ingin terhubung dengan para audiensnya.

Tidak aneh juga jika banyak brand besar yang menggunakan Twitter khusus untuk layanan customer care mereka.

Jika ada audiens kamu yang mengajukan pertanyaan lewat mention di tweet atau direct message, pastikan kamu membalasnya.

Begitu pula ketika ada pembeli yang men-tweet testimoni mereka tentang produk kamu, segera retweet dan like supaya followers kamu bisa melihatnya juga.

Maksimalkan Twitter Ads

Tidak hanya Instagram dan Facebook yang memiliki layanan iklan berbayar, Twitter pun juga. Cara kerjanya tidak berbeda jauh dengan ads yang ada di dua platform lainnya.

Dengan menggunakan Twitter Ads, kamu bisa berpeluang untuk mendapatkan followers baru, pengunjung website, atau pembeli baru.

Target iklan di Twitter juga bisa dibuat secara spesifik sesuai dengan objektif yang kamu miliki.

Bukan hal yang sulit bukan untuk melakukan Twitter Marketing sebagai jalur lain mempromosikan bisnis online kamu.

Jika bisnis kamu sedang berkembang pesat, ada baiknya untuk tetap produktif berinvestasi agar aset kamu tetap terjaga.


Untuk meningkatkan pengembalian aset, kamu bisa melakukan pendanaan produktif melalui peer to peer lending dari KoinP2P hanya dengan pendanaan mulai dari Rp100.000.

Semoga artikel ini membantu and may Twitter’s magic helps you.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.