Cara Cari Reseller yang Tepat agar Bisnis Berkembang!

234

Bagaimana cara cari reseller yang tepat untuk mengembangkan bisnismu menjadi lebih besar lagi?

Mempunyai bisnis yang sukses adalah impian para entrepreneur. Salah satu cara untuk membuat bisnis berkembang adalah memiliki banyak mitra, seperti reseller.

Namun, masalahnya tidak semua orang bisa amanah. Maka dari itu kamu butuh informasi tentang cara mencari reseller yang baik dan berkualitas.

Reseller profesional akan akan membawa banyak keuntungan untukmu.

Salah satunya membantu untuk memperluas pasar, dan memperkenalkan brand ke seluruh masyarakat. Hanya saja mendapatkan orang-orang yang memiliki konsistensi dan semangat juang tinggi bukan suatu perkara yang mudah.

Kamu harus benar-benar selektif dalam memilih agar tepat sasaran. Keberhasilan kamu dalam mencari reseller akan menentukan keberhasilan bisnis di masa yang akan mendatang.

Yuk, cari tahu caranya lewat artikel ini!

9 Cara Cari Reseller untuk Pebisnis yang Ingin Sukses

Sebenarnya untuk mendapatkan reseller yang baik juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti kualitas produk, harga, promosi, feedback, dan lain sebagainya.

Apabila kamu sudah berhasil membuat produk berkualitas, maka reseller akan datang dengan sendirinya. Berikut adalah beberapa cara atau langkah yang bisa kamu terapkan:

1. Lakukan riset

Cara cari reseller pertama adalah dengan melakukan riset.

Tujuannya adalah untuk mengenali calon penjual dengan baik, seperti mencari tahu apakah benar mereka mau bergabung untuk menjual produk yang kamu miliki, atau hanya sekadar penasaran saja. 

Jika ada seseorang yang ingin bergabung, langsung cari tahu latar belakangnya.

Mungkin kamu tidak akan bisa menggali informasi secara keseluruhan, karena bagaimana pun mereka datang dari media online. Oleh karena itu, kamu bisa memberikan formulir yang mereka isi dengan biodata lengkap. 

Mulai dari nama, media sosial, pengalaman, pendidikan, dan lain sebagainya. Melalui cara seperti ini kamu akan mengetahui latar belakang mereka, dan mendapatkan calon reseller potensial yang dapat membantu meningkatkan penjualan.

Baca Juga: 5 Cara Menjadi Reseller Online yang Sukses Bagi Pebisnis Pemula

2. Produk harus berkualitas dengan pangsa pasar besar

Perekrutan reseller bertujuan untuk memperluas pasar, mendapatkan konsumen, dan memperbanyak penjualan.

Hanya saja semuanya akan percuma jika produk yang kamu tawarkan tidak berkualitas baik. Orang-orang tidak akan pernah kembali lagi atau melakukan repeat order meskipun produk kamu harganya murah.

Karena itu, kamu wajib memiliki produk dengan kualitas yang baik.

Buat masyarakat percaya bahwa produk kamu mampu memenuhi kebutuhan mereka. Selain itu, pastikan juga produk mempunyai pangsa pasar yang baik. Kamu pasti tidak ingin bukan kalau penjualan hanya berhenti di satu daerah saja, bukan?

Pasalnya tujuan utama bisnis adalah untuk mendatangkan keuntungan.

Semakin besar pangsa pasar, semakin tinggi pula pendapatannya. Apabila produk tersebut memiliki market potensial, reseller akan membantu perkembangan bisnis. Namun, jika pangsa pasar terbatas, sebanyak apa pun penjualnya pasti akan tetap sia-sia.

3. Informasikan manfaat dengan jelas

Orang bergabung menjadi mitra bisnis kamu tidak mungkin jika tak mengharapkan benefit atau imbalan apa pun.

Oleh karena itu, cara cari reseller selanjutnya adalah dengan menginformasikan dengan jelas apa saja imbalan yang kamu tawarkan untuk mereka. 

Semakin banyak benefit, maka semakin besar pula rasa ketertarikan orang untuk bergabung menjadi reseller bisnis kamu.

Baca Juga: Cara Sukses Menjadi Reseller di Tokopedia

4. Gunakan media sosial

Zaman sekarang, media sosial menjadi platform yang sangat penting untuk kamu manfaatkan, baik untuk kebutuhan pribadi maupun bisnis.

Melalui media sosial kamu bisa mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan konsumen. 

Namun, selain untuk melihat potensi pasar, kamu juga bisa menggunakannya sebagai cara untuk mencari reseller yang potensial.

Kamu dapat menyebar informasi untuk mitra yang ingin bergabung dengan benefit atau keuntungan yang sudah kamu tetapkan dengan lebih mudah. 

5. Selalu ikuti tren

Seorang pemilik bisnis tidak hanya wajib memiliki pengetahuan tentang bagaimana menjual produk dengan baik, namun kamu juga harus mampu mengikuti tren yang muncul untuk menarik perhatian, baik dari sisi konsumen maupun calon reseller.

Tren juga akan memudahkan bisnis muncul ke permukaan dengan lebih mudah. Mereka yang tidak tahu sebelumnya akan menjadi tahu karena tren tersebut.

Jadi, salah satu cara cari reseller adalah dengan rajin mengatur waktu untuk melakukan riset, melalui berbagai platform. Misalnya, melalui media sosial agar kamu bisa mengetahui apa yang tengah viral saat ini. 

Baca Juga: 5 Cara Menjadi Reseller di Shopee dengan Mudah

6. Pastikan bisnis menonjol

Jika kamu bandingkan dengan bisnis yang baru, usaha yang sudah berjalan dan memiliki nama memang lebih mudah untuk menarik perhatian.

Namun, bukan berarti tantangan tersebut membuat kamu harus berkecil hati. Bagaimana pun juga, kamu harus berusaha sebaik mungkin untuk membuat bisnis lebih menonjol dari kompetitor.

Cara mendapatkan reseller yang satu ini akan memberikan dampak positif untuk bisnis kamu, karena ketika bisnis terlihat menonjol, orang-orang yang datang sebagai mitra juga pasti berkualitas.

Maksudnya, mereka sudah berpengalaman dalam berjualan dan pasti akan serius dalam menawarkan produk kamu.

7. Jadikan mereka sebagai mitra

Cara cari reseller selanjutnya adalah dengan memberikan kenyamanan dengan menjadikan mereka partner bisnis.

Secara sederhana, reseller adalah tim marketing bisnis yang tidak mendapatkan gaji per bulannya. Sebaiknya jangan menempatkan diri kamu sebagai bos di depan mereka, karena itu bisa menimbulkan kesan negatif.

Jadilah seorang pemimpin yang mengayomi. Jika ada keluhan, segera berikan solusinya, agar para reseller merasa nyaman saat menjadi mitra bisnis kamu. 

Jagalah hubungan dengan sebaik mungkin, karena hubungan ini dapat memberikan keuntungan untuk kedua belah pihak sekaligus; baik kamu sebagai pemilik usaha dan mereka sebagai penjualnya.

Baca Juga: Cara Menjadi Reseller Lazada dengan Mudah dan Cepat

8. Perkenalkan diri kamu dengan baik

Tidak baik jika para mitra tidak mengenali siapa yang menjadi pemilik dari bisnis yang produknya mereka jual.

Meskipun kemungkinan besar kalian tidak pernah melakukan tatap muka secara langsung, namun tetap saja kamu harus memperkenalkan diri dengan baik. 

Figur pengusaha ternyata terbukti memberikan pengaruh yang cukup besar untuk para reseller. Bahkan, cara mendapatkan reseller ini sudah pernah dibuktikan oleh beberapa pakar. 

Para mitra yang tergabung tidak terlalu memperdulikan apa merek dari produk yang mereka jual. Namun, biasanya mereka ingin bergabung karena memiliki rasa kekaguman terhadap pemimpin bisnisnya.

Jadi, kamu wajib memperkenalkan diri dengan baik pada setiap reseller.

9. Berikan pengetahuan menjual produk agar laris

Selain memperkenalkan diri, cara cari reseller yang terakhir adalah dengan memberikan pengetahuan untuk menjual produk agar laris manis.

Meskipun beberapa reseller kemungkinan sudah memiliki pengalaman, namun mereka yang ingin terus berkembang pasti akan mempertimbangkan setiap pengetahuan yang kamu berikan.

Ilmu ini akan mereka terapkan dengan baik, sekaligus dapat menciptakan kesan dan penilaian positif bahwa kamu adalah seorang pebisnis yang humble, dan tidak pelit ilmu.

Baca Juga: 6 Cara Mudah Menjadi Reseller di Bukalapak dengan Untung Melimpah

Sudah Tahu Bagaimana Cara Cari Reseller untuk Bisnismu?

Setelah membaca beberapa cara cari reseller di atas, apakah kamu siap menerapkannya dalam bisnis kamu?

Jika iya, segera terapkan dan lakukan antisipasi dengan strategi-strategi penjualan yang bagus untuk mendapatkan keuntungan besar. 

Jadi, mulailah bergerak persaingan tak akan menunggu untuk bisa melewati usaha kamu. Semoga sukses!