Bagaimana cara daftar grabfood?

Sistem pesan antar (delivery) makanan online semakin naik daun di tengah pandemi. Masyarakat modern yang beraktivitas #DiRumahAja kerap mengandalkan delivery makanan via ojek online sebagai solusi.

Kalau Kamu adalah seorang pebisnis kuliner, tentu Kamu mesti memanfaatkan momen ini untuk mendaftar sebagai merchant.

Cara daftar GoFood dan GrabFood ternyata mudah dan manfaatnya sangat besar untuk meningkatkan omzet bisnismu.


Manfaat Menjadi GrabFood Merchant

Cara Mendaftar Grabfood
Sumber: Kompas

Sebelum mempelajari cara daftar GrabFood, yuk kenali dulu beberapa manfaat yang bisa Kamu dapatkan jika bergabung menjadi GrabFood merchant:

  • Meningkatkan jumlah omzet harian karena memperoleh pesanan via aplikasi GrabFood. Pelanggan yang tak ingin ke luar rumah bisa tetap memesan makanan secara online.
  • Menambah popularitas bisnis kulinermu karena banyak pelanggan baru yang bisa mengenal bisnismu melalui halaman GrabFood.
  • Memperluas pangsa pasar sebab kamu dapat menjangkau pelanggan yang tempat tinggalnya jauh. Pelanggan pun bisa menerima pesanan makanannya secara cepat, aman, dan higienis.
  • Mendukung brand awareness bisnismu karena dianggap pelanggan sebagai bisnis yang mengikuti kemajuan teknologi.

Cara Cepat Daftar GrabFood

Kalau Kamu berencana mendaftarkan bisnis menjadi mitra GrabFood, maka sebaiknya Kamu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Menyiapkan Beberapa Dokumen Penting Terlebih Dahulu

Cara daftar GrabFood online harus dimulai dengan menyiapkan beberapa dokumen penting sebagai berikut:

  • Data lengkap tentang bisnis kuliner (nama restoran, alamat, nama-nama menu makanan yang dijual, nomor telepon, email pemilik, logo restoran).
  • Scan asli KTP dan NPWP pemilik bisnis.
  • Foto selfie pemilik bisnis sambil memegang KTP.
  • Foto-foto menu makanan beserta harga.
  • Foto bagian luar dan dalam restoran. Foto bagian luar harus menunjukkan identitas restoran (misalnya spanduk) dan foto bagian dalam harus menunjukkan beberapa elemen seperti kasir, dapur, dan meja pelanggan. Pastikan semua foto memiliki kualitas resolusi yang baik dan tidak blur tetapi ukurannya tidak terlalu besar.
  • Foto buku rekening atau screenshot e-banking bisnis kuliner atau pemilik bisnis.

Mengakses Website GrabFood Merchant

Cara Mendaftar Grabfood
Sumber: GrabFood

Jika Kamu sudah menyiapkan semua dokumen yang dibutuhkan, langkah selanjutnya adalah mengakses website https://www.grab.com/id/merchant/food/.

Pada halaman depan website tersebut, Kamu akan diminta mengisi data-data singkat tentang bisnis kuliner yang meliputi nama bisnis, alamat, kota, nama depan dan nama belakang pemilik, email, nomor HP, jumlah pembeli setiap hari, dan jenis restoran di GrabFood (belum terdaftar, sudah terdaftar tetapi belum bayar komisi, sudah terdaftar dan sudah bayar komisi tetapi belum restoran pilihan).

Setelah mengisi semua data tersebut, klik daftar untuk melanjutkan ke proses berikutnya.

Menerima Email Konfirmasi

Sumber: InfoJek

Selanjutnya, pihak GrabFood akan memeriksa semua data yang telah Kamu berikan. Bila data-data tersebut valid dan diterima, Kamu akan mendapatkan email konfirmasi setelah daftar GrabFood.

Email tersebut harus diklik maksimal 72 jam setelah diterima. Jangan sampai Kamu melebihi batas waktu akses email hingga harus melakukan pendaftaran ulang.

Mengisi Informasi Detail tentang Restoran

Setelah mengklik email konfirmasi, Kamu akan diarahkan untuk mengisi informasi detail tentang bisnis kuliner yang meliputi:

  • Nama bisnis kuliner.
  • Jam operasional.
  • Jenis dan isi bisnis kuliner.
  • Menu makanan dan minuman yang disajikan (harus dilengkapi dengan deskripsi singkat).
  • Harga dan foto masing-masing menu tersebut.

Menandatangani Kontrak

Jika Kamu sudah mengisi semua informasi detail tentang bisnis kuliner, Kamu akan menerima email yang berisi kontrak kerja sama dengan GrabFood. Bacalah kontrak tersebut dengan teliti sebelum Kamu menandatanganinya.

Mendapatkan Email Verifikasi Bisnis Kuliner

Tim internal Grab akan memeriksa kelengkapan persyaratan yang telah Kamu ajukan untuk menjadi mitra GrabFood. Jika pengajuan disetujui, Kamu akan menerima email verifikasi dari GrabFood. Kamu harus melakukan verifikasi dengan cara klik email tersebut maksimal 72 jam setelah email dikirimkan. Setelah lewat 72 jam, email dianggap tidak berlaku dan Kamu mesti meminta email verifikasi yang baru.

Mengaktifkan Akun OVO

Akun OVO yang akan digunakan bisnis kuliner harus disinkronkan dengan rekening bank pemilik bisnis tersebut. Jika Kamu belum punya akun OVO, Kamu harus melakukan registrasi dan aktivasi terlebih dahulu.

Menjalani Proses Training

Sumber: Tumoutou News

Langkah terakhir yang mesti Kamu lewati saat daftar GrabFood merchant adalah proses training.

Tim Grab akan menjelaskan cara penggunaan aplikasi GrabFood khusus merchant sekaligus membantu proses aktivasinya.

Pada tahapan ini, Kamu harus proaktif menanyakan hal-hal yang belum Kamu ketahui.

Baca juga: Cara Daftar Go Food, Jangkau Konsumen Lebih Banyak


Nah, kini Kamu tahu kan kalau cara daftar GrabFood online ternyata mudah dan cepat. Kamu harus lekas melakukannya agar bisnis kulinermu semakin berkembang dan dikenal banyak orang.

Tak perlu khawatir soal tambahan modal usaha sebab Kamu bisa mendapatkan pinjaman dari KoinBisnis.

KoinBisnis adalah fasilitas pinjaman tanpa agunan yang dapat dimanfaatkan untuk memperoleh tambahan modal bisnis.

Bunga cicilan yang rendah (berkisar antara 0,75% sampai 1,67%), proses pencairan dana yang cepat, dan cara membayar cicilan yang mudah membuatmu tak perlu ragu memanfaatkannya.

Layanan KoinWorks yang satu ini sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga keamanannya terjamin. KoinBisnis membuatmu lebih leluasa mengembangkan potensi bisnis kuliner semaksimal mungkin.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.