Pernah terbesit untuk menjual produkmu secara online? Mungkin memilih menjualnya di marketplace seperti bukalapak adalah solusinya. lalu, apa tips jualan di bukalapak agar laris manis?

Tunggu dulu!

Selain minim biaya, berjualan di marketplace juga mudah untuk dimulai.

Salah satu marketplace asal Indonesia yang banyak digunakan untuk menjual produk adalah Bukalapak.

Jika kamu juga ingin ikut berjualan di sini, bukan merupakan keputusan yang salah karena Bukalapak sudah terjamin kualitasnya dan memiliki pasar tersendiri.

Sehingga kamu tidak perlu repot untuk membuat komunitasnya dan meluangkan lebih banyak waktu dan tenaga.

Lalu bagaimana caranya agar kamu bisa berjualan dengan efektif di Bukalapak?

Kami punya tips jualan di bukalapak yang efektif dan jitu untuk menarik banyak pelanggan.


Tips Jualan Di Bukalapak Yang Efektif

1. Gunakan Foto Yang Layak

Pertama-tama yang perlu kamu pertimbangkan jika ingin efektif berjualan di Bukalapak adalah dengan memikat mata audiens.

Cara termudahnya adalah dengan menghadirkan foto yang layak dengan kualitas bagus. Jangan pernah malas untuk melakukannya, karena foto tidak layak hanya akan menurunkan daya tarik produkmu.

Pastikan kamu menggunakan fotomu sendiri dan jangan sampai kualitasnya pecah sehingga membuat pembeli tidak tertarik untuk melirik.

Foto yang layak juga akan membuat tokomu terlihat lebih kredibel.

Agar foto yang kamu upload bisa terlihat lebih cantik lagi, kamu boleh menggunakan foto editor atau aplikasi edit foto untuk meng-enhance warna maupun ketajamannya.


2. Sertakan Deskripsi Lengkap

Tips jualan di bukalapak berikutnya adalah menyertakan deskripsi produk yang lengkap.

Pernahkah kamu menginginkan suatu barang, tapi ketika membaca deskripsinya yang kurang jelas malah memadamkan keinginanmu untuk berbelanja.

Jangan sampai itu terjadi kepada produkmu, cegah dengan menyertakan deskripsi yang lengkap. Deskripsi produk akan membantu konsumenmu untuk lebih yakin lagi dalam berbelanja.

Selain itu, toko online-mu juga akan tampak lebih informatif jika dibandingkan dengan toko-toko yang hanya mencantumkan deskripsi sekenanya saja.

Pastikan juga untuk tidak mengambil deskripsi dari toko orang lain karena tentu saja akan mengurangi efektivitas saat berjualan di Bukalapak.

Agar deskripsi produkmu tampak lebih menarik, kamu bisa melihat kompetitormu sebagai referensi. Kemudian buatlah deskripsimu agar lebih menarik lagi.


3. Pelajari Teknik SEO

Siapa bilang SEO hanya akan efektif ketika digunakan untuk blog dan website? Ternyata SEO bukan hanya untuk artikel blog tapi juga bisa digunakan untuk marketplace.

Memang untuk caranya sedikit berbeda dan dibutuhkan penyesuaian yang sedikit berbeda dari SEO pada umumnya.

Untuk memulainya, kamu bisa melakukan riset keyword menggunakan mesin pencari terkait dengan produk yang kamu tawarkan. Misalnya, handwrap 5 meter.

Kamu bisa melihat resultnya di mesin pencari yang kamu gunakan dan jika memang cukup relevan bisa kamu gunakan di toko online sebagai bagian dari judul dan di dalam deksripsi.

Selain itu, kamu juga perlu menggunakan anchor text pada foto produk agar lebih relevan lagi.

Sebagai contoh, untuk mendeskripsikan produk handwrap 5 meter untuk Muay Thai-mu kamu bisa mencantumkannya dengan format ­handwrap-muay-thai-5-meter saat menyimpan gambar.

Lakukan skema ini ke semua produkmu, karena cara ini dinilai efektif untuk memulai dasar SEO dalam berjualan di Bukalapak.


4. Responsif Terhadap Pembeli

Selain memperhatikan konten yang ada di toko Bukalapak-mu, penting juga untuk memperhatikan  interaksimu dengan pembeli.

Saat ada pertanyaan yang masuk mengenai produkmu hendaklah memberikan respon dengan cepat.

Perhatikan juga keramahanmu saat memberikan respon, berikan kesan terbaik supaya pembelimu merasa terbantu.

Dengan begitu kamu bisa membangun wajah yang bersahaja dengan pelayanan yang ramah tanpa melupakan kualitas produkmu saat berjualan di Bukalapak.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba Koinworks untuk meningkatkan pertumbuhan finansial bisnismu secara online.

Lewat Koinworks,  kamu akan lebih tenang untuk mengatur keuanganmu dengan beragam kemudahan yang diberikan oleh super financial application pertama di Indonesia ini.

Jadi, kamu tidak perlu ragu lagi untuk mengembangkan bisnis impianmu!


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.