Keuntungan dan Cara Menjadi Power Merchant Tokopedia – Di masa pandemi seperti sekarang ini, terlebih lagi setelah diumumkannya isu resesi di Indonesia, sebagai pebisnis kita harus mengatur strategi agar tetap bisa memaksimalkan penjualan.

Salah satu strategi yang bisa dilakukan adalah dengan memperluas dan memperkuat jaringan penjualan yang telah dimiliki.

Sebagai contoh, untuk kamu telah menjadi seller di Tokopedia, akan lebih baik jika mendaftar program power merchant untuk meningkatkan penjualan.

Seperti kebanyakan e-commerce lainnya, Tokopedia pun memiliki program khusus seller bernama power merchant tadi. Power Merchant adalah program keanggotaan para penjual atau disebut Seller untuk membantu meningkatkan penjualan dan meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Para seller yang menjadi Power Merchant akan ditawari sejumlah fitur ekslusif yang tidak didapatkan seller lain di luar keanggotaan.


Keuntungan Power Merchant Tokopedia

Sejumlah fitur eksklusif yang disebut di atas tentu menjadi pembeda antara seller biasa dengan seller power merchant. Mari kita ulas apa saja keuntungan menjadi power merchant Tokopedia.

  • Mendapatkan modal toko

Modal adalah salah satu hal terpenting ketika kita menjadi pebisnis. Kabar baiknya, jika menjadi seller dengan power merchant Tokopedia, kamu akan menjadi prioritas saat mengajukan program Modal Toko.

  • Ada promo eksklusif

Seller yang telah mendapatkan badge power merchant memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan berbagai promo yang sering diadakan Tokopedia. Mulai dari TokoPoints hingga diskon atau cashback.

  • Ekstra kredit

Kamu bisa mendapatkan ekstra kredit 5% dari setiap top-up TopAds. Tentu ini menguntungkan jika kamu termasuk seller yang sering memasang iklan.

  • Penarikan saldo yang lebih mudah

Keuntungan yang satu ini bisa memudahkan kamu ketika akan melakukan penarikan pendapatan. Kamu tidak perlu menunggu konfirmasi dari pembeli jika telah memasukkan resi pengiriman. Benefit ini sering disebut juga Saldo Prioritas.

  • Mendapatkan kepercayaan lebih

Memiliki badge power merchant akan meningkatkan kredibilitas toko kamu dibanding dengan toko lainnya. Ke depannya, hal ini akan berpengaruh pada meningkatnya penjualan dan menambah jumlah loyal customer.

Baca juga : Cara Mendapatkan Feedback Online dari Pelanggan


Cara Menjadi Power Merchant Tokopedia

Setelah melihat sederet benefit jika menjadi power merchant Tokopedia di atas, pasti akan semakin yakin untuk mendaftar. Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan sebagai cara mendaftar power merchant.

Langkah 1: Verifikasi data diri

Lakukan verifikasi data diri dengan mengunggah KTP. Caranya, buka Pengaturan Atur Akun > Dokumen Data Diri / Kartu Identitas.

Langkah 2: Pastikan Performa Toko

Salah satu syarat untuk mengajukan menjadi power merchant adalah memiliki skor performa toko minimal 75 poin. Jika belum memilikinya silakan tingkatkan dulu skor performa toko kamu.

Jika skor performa kamu lebih dari 75 poin, kamu bisa melanjutkan dengan klik menu Upgrade jadi Power Merchant di kolom sebelah kiri.

Langkah 3: Buka Pusat Seller

Masuk ke akun Tokopedia kamu di Pusat Seller lalu klik Power Merchant, setelah itu klik button Upgrade Tokomu.

Fitur Power Merchant ini penting untuk memaksimalkan penjualan dan bahkan lebih dari itu, kamu bisa menambah kredibilitas toko kamu dan meraih lebih banyak lagi loyal customer atau pelanggan tetap.

Memang, setelah menjadi Power Merchant kamu tetap harus mengatur strategi lainnya untuk tetap mempertahankan penjualan dan memaksimalkannya di masa pandemi ini.

Namun, itu tentu membutuhkan modal lainnya jika kamu ingin mengembangkan bisnis yang lebih besar.

Tidak perlu bingung untuk mencari pinjaman sebagai modal usaha kamu karena sekarang ada KoinBisnis dari KoinWorks. Dengan KoinBisnis kamu bisa medapatkan modal bisnis tanpa agunan hingga Rp 2 miliar dengan cepat dan proses yang tidak ribet.

Dapatkan info tentang KoinBisnis yang lebih lengkap di sini.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.