HomeMemulai BisnisCara Membuat Promo di GrabFood Merchant dengan Mudah

Cara Membuat Promo di GrabFood Merchant dengan Mudah

Cara Membuat Promo di GrabFood – Dengan maraknya kemunculan aplikasi berbasis kuliner membuat industri Food and Beverage (F&B) atau bisnis kuliner semakin ramai peminat. Tidak sedikit dari calon konsumen yang lebih memilih menggunakan jasa aplikasi pengantar online untuk memudahkan mereka dalam memesan makanan.

Salah satu aplikasi pengantar yang populer di Indonesia adalah Grab. Grab sendiri mempunyai berbagai fitur menarik, termasuk fitur yang bernama GrabFood. GrabFood adalah fitur yang disediakan oleh Grab untuk membantu menjual dan memesan makanan dengan mudah, hanya melalui Smartphone dan secara online

Biasanya masyarakat umum akan mencari banyak promo dalam membeli sesuatu, tak kecuali pada pembelian makanan online. Promo yang menarik dalam jumlah diskon tertentu akan membuat calon konsumen tergiur untuk membelinya.

Pembeli akan memilih promo yang sesuai dengan budget atau harga makanan kesukaan mereka. Jadi dengan adanya promo, maka toko dari penjual akan ramai peminat karena merasa penasaran dan tergugah atas promo yang berlaku.

Sebelum membahas ke topik utama mengenai cara membuat promo di GrabFood Merchant, kamu juga harus mengetahui apa yang dimaksud dengan GrabFood Merchant. Untuk itu simak penjelasan lengkapnya pada ulasan di bawah ini.


Pengertian GrabFood Merchant

GrabFood merupakan sebuah layanan khusus untuk delivery makan yang populer di Indonesia, bahkan Asia Tenggara. Di Indonesia, GrabFood memiliki jumlah merchant mitra yang terbilang sangat besar dan mencapai angka ratusan ribu.

Agar dapat mendukung adanya perkembangan dalam industri usaha restoran, pihak Grab sendiri memberikan layanan GrabFood Merchant kepada restoran yang terpilih. 

GrabFood Merchant sendiri adalah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk mengelola tampilan restoran bagi pemilik restoran di aplikasi Grab. Aplikasi ini akan sangat menguntungkan bagi para penjual.

Baca juga: Cara Daftar Grabfood Merchant untuk Memulai Bisnis Kuliner


Keuntungan Menggunakan GrabFood Merchant bagi Penjual

Jika kamu adalah pemilik restoran yang menggunakan aplikasi GrabFood  Merchant, maka kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan dari aplikasi ini. Sebab aplikasi GrabFood Merchant memiliki fitur lengkap yang akan bermanfaat untuk meningkatkan penjualan pada restoran kamu.

Sejumlah keuntungan yang akan kamu peroleh diantaranya meliputi peraturan jam operasional, penambahan menu dan sajian pada restoran, dapat memeriksa rincian pesanan dengan mudah, dan pembuatan promosi yang menarik.

Selain itu, kamu juga bisa secara langsung mengetahui orderan makanan yang masuk ke restoran milikmu. Kamu bisa dengan mudah mengelola dan menerima pesanan yang masuk dari aplikasi GrabFood.

Baca juga: Cara Berjualan di Shopee Food: Keuntungan, Sistem dan Tips Sukses


Cara Membuat Promo di GrabFood

Kamu harus membuat daftar tujuan, anggaran, dan pengeluaran uang yang ingin dicapai, baru setelah itu buatlah promo paling menarik di GrabFood untuk membantu konsumen semakin tergugah membeli makanan dari restoran kamu.

Berikut cara membuat promosi di GrabFood dengan menggunakan hidangan gratis sebagai contoh : 

  1. Langkah pertama, klik menu “Pilih Hidangan”

Memilih Hidangan untuk membuat promo

  1. Kemudian pilih makanan dan minuman yang ingin kamu jadikan sebagai hidangan gratis.

Pilih Makanan dan Minuman yang mau dibuat promo

  1. Lalu klik tombol “Berikutnya”

Pilih Tombol Berikutnya unutk melanjutkan membuat promo grabfood

  1. Setelah itu, atur jumlah untuk minimal pembelian pada hidangan yang kamu pilih tadi. Kemudian klik tombol “Berikutnya”.

Atur Jumlah Minimal Pembelian dalam pembuatan promo

  1. Langkah Selanjutnya, masukan keadaan promosi restoran kamu. Mulai dari waktu promosi, target pelanggan, hingga batas penukaran promosi tersebut.

Masukkan Detail Promo GrabFood

  1. Untuk langkah terakhir, kamu hanya perlu melakukan pemberian ulasan dan konfirmasi pada promosi yang kamu buat.
    Lakukan Konfirmasi Pembuatan Promo GrabFood

Cara Melakukan Pengolahan Orderan Pada GrabFood Merchant 

Sebenarnya, hanya restoran yang memiliki status pilihan untuk bisa menggunakan aplikasi GrabFood Merchant ini. Jadi, jika restoran milik kamu ternyata belum terdaftar sebagai restoran pilihan.

Oleh karena itu, kamu harus mengurus syaratnya dengan melalui Customer Service GarbFood terlebih dahulu atau langsung pergi ke kantor GrabFood terdekat di kota tempat restoran kamu berada.

Setelah kamu berhasil mengaktifkan aplikasi GrabFood Merchant, maka kamu juga perlu untuk mengelola setiap orderan yang masuk ke restoran milikmu dari aplikasi tersebut. 

Berikut langkah-langkah mengolah orderan GrabFood Merchant:

  1. Sesudah calon pelanggan membuka aplikasi GrabFood, mereka akan memilih dan melakukan pemesan makanan atau minuman dari menu yang terdapat restoran kamu.
  2. Lalu setelah itu kamu akan menerima pesanan itu melalui aplikasi GrabFood Merchant, ini berlaku untuk restoran pilihan.
  3. Apabila menu yang dipesan oleh calon pelanggan ternyata tidak tersedia, maka kamu bisa melakukan pembatalan orderan dengan melalui aplikasi GrabFood Merchant atau bisa juga menghubungi pelanggan secara langsung.
  4. Apabila kamu menyetujui untuk melakukan penyelesaian pada pesanan, maka mitra driver yang sedang berada pada tempat terdekat akan mengambil pesanan pelanggan tersebut.
  5. Kemudian, pelanggan juga bisa untuk melakukan pemantauan atau melihat progress dari pesanan. Dengan cara melihatnya melalui aplikasi GrabFood.
  6. Setelah pesanan yang kamu buat sudah selesai, maka driver akan menyerahkannya kepada pelanggan untuk mengakhiri pesanan yang telah selesai.

Baca juga: Cara Daftar GoFood, Jangkau Lebih Banyak Konsumen


Cara Menerima Orderan Melalui GrabFood Merchant

Untuk menerima dan menyerahkan pesanan pelanggan GrabFood kepada mitra driver sangatlah mudah dilakukan. Pada aplikasi GrabFood Merchant, kamu akan melakukan penerimaan atau penyerahan pesanan untuk pelanggan dengan cara yang cepat.

Berikut langkah-langkah untuk menerima dan menyerahkan pesanan pelanggan dengan cara yang mudah :

Menerima Orderan Pelanggan GrabFood

  1. Langkah pertama, kamu klik Pesanan yang ada pada menu utama. Hal ini berfungsi untuk melihat semua orderan yang masuk ke restoran kamu.
  2. Lalu pada bagian Cek Pesanan dan Sedang Menyiapkan, maka orderan yang tidak kamu terima akan dibatalkan secara otomatis. Oleh karena itu, kamu harus memasang telepon pengingat agar dapat terhindar dari pesanan yang hilang.
  3. Jika kamu memilih untuk menyanggupi orderan tersebut, maka tekan tombol Terima Pesanan untuk memulai menyiapkan orderan yang tertera.
  4. Kemudian setelah orderan sudah kamu terima, maka orderan itu akan pindah status menjadi Sedang Menyiapkan.

Menyerahkan Orderan ke Driver

  1. Jangan lupa untuk memeriksa kembali rincian dari orderan, tidak terkecuali catatan khusus yang dibuat oleh pelanggan pada aplikasi GrabFood. Kamu harus memastikannya semua telah benar dan tidak ada yang salah sama sekali.
  2. Buatlah kemasan yang telah terbungkus secara baik agar makanan atau minuman tidak mengalami masalah, seperti misalnya tumpah dan miring. Hal ini kemasan yang baik juga berfungsi untuk menjaga kesegaran pesanan pelanggan.
  3. Jangan lupa untuk memeriksa nomor orderan pelanggan dan konfirmasi kepada driver, sebelum mengirim orderan tersebut.

Itulah beberapa informasi lengkap dan cara membuat promo di GrabFood Merchant yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Bagi kamu pelaku industri pada usaha Food and Beverage sangatlah patut untuk mencoba berjualan di aplikasi GrabFood Merchant, karena aplikasi ini bisa membantu membuat restoran kamu memiliki branding yang baik dan peningkatan signifikan.

Baca juga: Cara Buat Promo di GoFood, Pemilik Resto Wajib Coba!

Selain itu, jangan lupa untuk menghadirkan berbagai promo yang menarik. Hal ini bertujuan agar banyak calon pelanggan yang merasa penasaran dan akhirnya memesan makanan atau minuman pada restoran kamu. Unduh aplikasi ini untuk mencoba menggunakannya.


Temukan berbagai tips memulai bisnis dan kembangkan bisnis lainnya hanya di entrepreneurcamp.id.



Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Pengertian Produk Digital dan Cara Menjualnya

Sejak pandemi, bisnis online semakin marak bermunculan dengan produk yang semakin variatif. Hal ini juga membuat kita menyadari bahwa tingginya peluang bisnis di ranah...

Jenis-Jenis Pembayaran Online yang Perlu Diketahui

Jenis-jenis Pembayaran Online - Sebagai seorang shoppaholic rasanya tidak afdol kalau belum pernah mencoba belanja online. Selain mudah untuk dilakukan, belanja online juga lebih...

Apa itu COD? Bagaimana sistem COD bekerja dan manfaatnya?

Apa itu COD? - Pasti kamu pernah mendengar soal pemberitaan mengenai pembeli yang bersitegang dengan kurir saat menerima paket. Diketahui pembeli tersebut menggunakan sistem...

Mini Survey
Dapatkan ebook untuk meningkatkan performa toko onlinemu dengan cara isi survey ini