HomeMemulai BisnisCara Berjualan di Shopee Food: Keuntungan, Sistem dan Tips Sukses

Cara Berjualan di Shopee Food: Keuntungan, Sistem dan Tips Sukses

Bagi kamu pemilik bisnis kuliner tentu kamu sudah tidak asing dengan layanan pesan antar. Layanan ini semakin menjamur, terlebih di masa pandemi yang menyebabkan konsumen tidak bisa dine-out di restoran. Perusahaan layanan antar makanan seperti Gojek dengan Gofood nya, dan Grab dengan Grabfood melaporkan kenaikan signifikan pengguna jasa tersebut. Saat ini, muncul layanan serupa oleh Shopee yaitu Shopee Food. Apakah kamu sudah tahu cara berjualan di Shopee Food?

Untuk kamu pemilik bisnis kuliner, sayang sekali jika melewatkan kesempatan untuk berkolaborasi dengan Shopee Food. Simak info lengkap berikut ini mengenai sistem penjualan, keuntungan menjadi partner, cara berjualan, serta tips berjualan di Shopee Food.


Apa Itu Shopee Food?

Sebelum memutuskan untuk berkolaborasi dengan Shopee Food, tentu kamu harus tahu apa sebenarnya Shopee Food itu. Shopee Food merupakan layanan pesan antar makanan yang diprakasai oleh Shopee. Pihak Shopee Food terbuka pada setiap bisnis kuliner untuk menjadi partnernya. Ketika menjadi merchant partner, bisnis kulinermu akan masuk dalam aplikasi milik mereka dan otomatis memiliki banyak calon konsumen.

Sebagai pemilik merchant, kamu hanya perlu menyiapkan makanan yang konsumen pesan melalui aplikasi startup berlogo oren tersebut dan memberikannya pada kurir atau driver yang menjemput. Mudah bukan cara berjualan di Shopee Food? Meskipun Shopee baru memperkenalkan layanan ini pada April 2020, saat ini layanan tersebut telah memiliki banyak partner dan driver.

Jika kamu pemilik bisnis di luar kota besar di Pulau Jawa, kamu masih harus bersabar pada pengembangan layanan ini. Saat ini, Shopee Food hanya bisa menjangkau wilayah Jabodetabek dan beberapa kota besar di Pulau Jawa. Namun tenang saja, pihak Shopee berjanji untuk segera memperluas wilayah layanan Shopee Food.

Baca juga: Cara Aktifkan Shopeepay Untuk Berbelanja Dengan Mudah


Kenapa Harus Shopee Food?

Sebelum kamu tahu cara berjualan di Shopee Food, simak berikut alasan mengapa kamu berjualan di platform ini.

1. Pengguna Aplikasi Shopee Sangat Banyak

Layanan Shope Food berada di aplikasi utama Shopee. Aplikasi ini termasuk salah satu aplikasi yang memiliki banyak pengunduh. Hanya di Play Store, aplikasi startup satu ini memiliki 100 juta lebih pengunduh. Tentu angkanya akan jauh lebih besar jika kita gabungkan dengan jumlah pengunduh di App Store. Sehingga kamu bisa bayangkan bahwa banyak calon konsumen yang bisa kamu dapatkan jika bekerjasama dengan Shopee Food.

2. Merek Bisnis Kuliner Semakin Terkenal

Bekerjasama dengan banyak pihak termasuk Shopee Food membuat bisnis kulinermu akan semakin dikenal oleh masyarakat luas. Dengan kata lain, bisnismu mendapatkan awareness. Banyak orang membuka aplikasi layanan pesan antar makanan tapi belum punya tujuan pasti mengenai makanan yang akan mereka beli.

Jadi mereka akan melakukan “riset” kecil-kecilan dengan membuka aplikasi tersebut dan membuka satu-persatu profil dan menu tempat makan yang ada. Dalam proses ini, tentu akan sangat menguntungkan bagi kamu yang memiliki bisnis kuliner namun namanya belum besar. Bisa jadi, restoranmu menjadi pilihan akhir mereka.

3. Menikmati Banyak Diskon yang Tersedia

Dengan bekerjasama dengan penyedia jasa layanan antar makanan seperti Shopee Food, kamu akan punya banyak kesempatan untuk ikut setiap event yang mereka adakan, seperti diskon pada waktu tertentu. Untuk saat ini, Shopee Food sendiri memiliki program diskon hingga 50% untuk menarik konsumen baru.

4. Menjangkau Pelanggan Setia

Pandemi membuat banyak hal berubah, salah satunya kebiasaan dalam membeli makanan. Tidak mengutamakan dine-out lagi, saat ini lebih banyak orang terutama generasi Z yang lebih memilih untuk menggunakan layanan delivery order. Tentu kamu tidak mau kan pelanggan setiamu beralih ke tempat makan lain karena tidak menemukan restoranmu di Shopee Food? Semakin banyak opsi untuk delivery order, maka akan semakin baik.

5. Cara Berjualan di Shopee Food Menggunakan Shopee Pay

Pembayaran Shopee Food mengandalkan dompet digital Shopee Pay. Pencairan dana di Shopee sangat mudah dan bisa langsung kamu transfer ke bank. Jadi untuk kamu yang belum mengaktifkan dompet digital ini, segera aktifkan agar kamu bisa berjualan melalui Shopee Food.

6. Inklusif

Shopee Food terbuka pada berbagai jenis bisnis kuliner. Brand besar, brand baru, atau bahkan pedagang kali lima dapat mendaftar sebagai merchant partnernya. Kolaborasi yang inklusif akan semakin membuat konsumen tertarik untuk menggunakan platform ini.

Baca juga: 5 Cara Menjadi Reseller di Shopee dengan Mudah


Bagaimana Sistem Berjualan di Shopee?

Sama seperti penyedia jasa serupa seperti Grabfood dan Gofood, Shopee Food menerapkan potongan komisi. Besarnya potongan komisi tersebut yaitu 20%. Potongan ini diambil dari setiap makanan yang terjual. 

Jadi kamu tidak perlu khawatir jika penjualanmu masih sedikit. Dua puluh persen merupakan angka yang kecil apabila kamu ingin membandingkannya dengan penyedia jasa layanan serupa. Angka ini bisa berubah kedepannya.

Baca juga: Cara Membuat Diskon Shopee, Mudah dan Cepat!


Cara berjualan di Shopee Food, Apakah Berbayar?

Apakah kamu sudah yakin untuk bergabung dengan platform ini? Perlu kamu ingat, tidak ada biaya apapun selama pendaftaran. Apabila dalam prosesnya ada pihak yang meminta transfer uang atau sejenisnya, sudah bisa kamu pastikan sendiri bawah itu penipuan. Berikut cara berjualan di Shopee Food.

  1. Pertama, kamu harus mengunduh aplikasi Shopee Partner di Play Store atau App Store, jangan sampai salah aplikasi. Selanjutnya klik “Buka” dan tunggu sesaat.Cara Mendaftar Jualan di Shopee Food
  2. Saat aplikasi Shopee Partner sudah terbuka, kamu harus geser ke kanan hingga muncul halaman seperti pada gambar di bawah ini.Cara Mendaftar Jualan di Shopee Food
  3. Selanjutnya, klik “Daftar sekarang” dan formulir Shopee Food akan muncul pada layar HP mu. Jika kamu mendaftar melalui PC atau laptop, kamu bisa klik di sini untuk langsung menuju formulir tersebut. Namun pastikan, nantinya kamu tetap mengunduh aplikasi Shopee Partner.
  4. Formulir tersebut berjumlah Sembilan halaman. Pada halaman pertama, kamu harus mengisi alamat surel pada kolom yang tersedia. Lalu kamu bisa klik “Berikutnya” yang terletak di bagian bawah.
  5. Pada halaman kedua, kamu harus mengisi kolom nama lengkap, nomor HP aktif dan alamat email. Pastikan setiap data yang kamu isi benar lalu klik “Berikutnya”.Cara Jualan di Shopee Food
  6. Setelahnya kamu akan mendapatkan pertanyaan mengenai Shopee Pay seperti pada gambar di bawah ini. Kemudian kamu bisa klik “berikutnya”
  7. Sampai pada halaman keempat, kamu harus memilih kota tempat bisnis mu berada. Jika kamu memiliki beberapa cabang di kota yang berbeda, kamu bisa memberikan centang pada setiap kota tersebut.Cara Jualan di Shopee Food
  8. Pada halaman ini, kamu harus mengisi nama usaha bisnis kuliner mu, jenis usaha, dan alamatnya. Setelah terisi semua, klik “Berikutnya”.
  9. Kemudian, kamu akan diminta untuk mengunggah foto tempat bisnis kulinermu dari tampak depan dan bagian dapurnya.Cara Berjualan di Shopee Food
  1. Pada dua halaman berikutnya, kamu tidak perlu lagi mengisi data. Kamu hanya perlu membaca secara cermat mengenai dokumen apa saja yang harus kamu persiapkan untuk menyelesaikan pendaftaran Shopee Food. Dan pada halam terakhir, kamu hanya perlu menjawab pertanyaan mengenai sumber informasi Shopee Food.Cara Berjualan di Shopee Food dengan Mudah

Tips Cara Berjualan di Shopee Food

Simak berikut tips cara berjualan di Shopee Food agar laris orderan.

1. Patuhi Aturan

Shopee Food menetapkan kebijakan mengenai makanan yang boleh dan yang tidak boleh kamu jual, kamu harus mematuhinya. Jika tidak, akun mu bisa diblokir oleh pihak manajemen platform ini dan membuat rating bisnismu buruk.

2. Selalu Update Informasi

Kolaborasi dalam event tertentu dan memberikan diskon ke konsumen tentu akan membuat konsumen mu senang dan bisnis mu semakin laris. Oleh karenanya, jangan sampai kamu ketinggal setiap informasi event tersebut. Kamu bisa mengikuti media sosial Shopee Food.

3. Menyediakan Kemasan Makanan yang Berkualitas

Salah satu isu delivery order adalah kemasan makanannya. Gunakan kemasan dengan label food-grade. Hal tersebut juga sebagai bukti bahwa kamu memberikan perhatian pada kesehatan konsumenmu.

Baca juga: Strategi Pemasaran Online yang Efektif untuk Mendukung Bisnis


Demikian informasi yang perlu kamu ketahui mengenai cara berjualan di Shopee Food, keuntungan, sistem, hingga tips nya. Sebagai pemilik bisnis kuliner, kita selalu mendapat tuntutan untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman. Bergabung dengan platform penyedia jasa layanan antar seperti ini merupakan salah satu bentuk adaptasi yang harus dilakukan.

Yuk share artikel ini ke teman-temanmu yang punya bisnis kuliner. Selamat berjualan menggunakan Shopee Food.


Temukan berbagai inspirasi ide bisnis dan tips memulai bisnis beserta strateginya hanya di entrepreneurcamp.id.

Baca juga: 



Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Cara Berjualan di AliExpress dengan Tips Lengkap Untuk Pemula!

Mengubah metode penjualan bisnis kamu menjadi online dapat meningkatkan penjualan produk kamu.  Salah satu online marketplace yang memiliki cangkupan pasar global yang luas di...

Cara Buka Toko Di Tokopedia Dengan Mudah

Cara Buka Toko di Tokopedia - Apakah kamu seorang pemula dalam dunia wirausaha? Pasti berjualan secara online pernah terpikir darimu. Salah satu alasannya karena...

Kenali 12 Fungsi Google Analytics untuk Tingkatkan Performa Bisnismu

Tahukah kamu bahwa setidaknya ada lebih dari 27 juta situs web yang sudah terhubung dengan layanan Google Analytics. Statistik inipun dikabarkan terus mengalami pertambahan...