GRATIS! Ini 6 Channel Youtube untuk Belajar Bisnis – Tahukah kamu bahwa pengguna internet di Indonesia merupakan terbesar keenam di dunia?

Survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia pada kuartal II 2020 mencatat jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 196,7 juta jiwa.

Artinya kamu punya peluang pasar yang besar untuk berbisnis online.

Kalau kamu berminat memanfaatkan peluang besar ini, kamu tentu harus meng-update ilmu tentang belajar bisnis online melalui para pakar.

Kabar baiknya, beberapa pentolan pebisnis sukses saat ini rutin berbagi ilmu bisnis di Youtube.

Kalau kamu ingin belajar bisnis online, jauh lebih baik jika kamu punya wawasan tentang bisnis  dalam skala makro hingga penguasaan skill pada tataran praktikal.

Hal ini karena dunia berubah sangat cepat, kombinasi wawasan luas disertai skill praktikal adalah kunci menghadapi pasar online.

Mengenai hal tersebut, kamu bisa menyimak ulasan berikut untuk rekomendasi kanal belajar bisnis di Youtube.


Ada beberapa rekomendasi channel belajar bisnis di Youtube, sbb:

1. Tung Desem Waringin

Channel Youtube untuk Belajar BIsnis

 (Sumber : pikiran-rakyat.com)

Marketing tidak bisa kamu lewatkan ketika belajar bisnis. Hal ini karena kamu butuh tahu teknik pemasaran (marketing) untuk mendapatkan pelanggan.

Tung Desem Waringin adalah seorang pengusaha sukses di bidang properti dan juga dikenal sebagai pakar marketing.

Mungkin kamu pernah mendengar berita uang ratusan juta rupiah disebar dari atas helikopter di langit Serang. Kejadian ini merupakan strategi marketing untuk bukunya Marketing Revolution.

Strategi kontroversial ini membuat beliau terkenal sehingga bukunya terjual dengan jumlah yang fenomenal. Kamu dapat belajar bisnis khususnya marketing di kanal Youtube Pak Tung, menyimak obrolan bermakna terkait bisnis, serta tips-tips yang sangat bermanfaat untuk kamu belajar bisnis.

Baca juga : 6 Jenis Youtube Ads yang Wajib Kamu Tahu


2. Sandiaga Uno

Channel Youtube untuk Belajar Bisnis

(Sumber: bisnis.com)

Kanal Youtube Sandiaga Uno menarik ditonton oleh kamu yang sedang belajar bisnis. Selain berkiprah di dunia politik, penyandang gelar orang terkaya di Indonesia versi Forbes ini adalah pengusaha sukses yang belakangan aktif mengunggah video di Youtube.

Konten Youtube-nya bermacam-macam, namun yang wajib kamu tonton adalah talkshow-nya yang rutin mendatangkan pelaku usaha untuk bincang-bincang terkait bidang usaha narasumbernya.

Tentunya menyimak bincang-bincang Sandiaga dengan berbagai pengusaha adalah hal bagus untuk menambah perspektif kamu yang sedang belajar bisnis.

Selain itu, Sandiaga sendiri sebagai pendiri Saratoga Grup tentu omongannya berharga untuk kamu dengar karena kiprahnya di dunia bisnis.

Perhatian dan dukungannya terhadap UMKM, anak muda, dan bisnis kreatif juga menjadi alasan mengapa video bisnis di kanal Sandiaga wajib kamu simak.


3. Gita Wirjawan

(Sumber: jatimtimes.com)

Ada ribuan channel dengan konten belajar bisnis di Youtube. Namun kanal Youtube Gita Wirjawan, seorang mantan musisi yang juga pebisnis sukses ini tidak boleh kamu lewatkan.

Mantan Menteri Perdagangan ini punya program bernama Endgame di kanal Youtube-nya.

Program Endgame menghadirkan pengusaha sukses dari berbagai bidang untuk berbagi cerita perjalanan hidupnya, bagaimana merintis usaha, perjalanan usahanya, hingga sampai pada titik yang disebut sukses pada bidangnya.

Obrolan mendalam Gita Wirjawan pada program Endgame tentu dapat menambah wawasan dan perspektif kamu mengenai dunia, bisnis, serta membantu kamu memberi gambaran seperti apa kondisi Indonesia serta dunia di masa depan.

Sebagai pebisnis tentu kamu harus selalu update informasi agar dapat memproyeksikan masa depan bisnismu.

Gita Wirjawan sebagai seorang intelektual, pebisnis yang matang, serta punya segudang pengalaman tentu akan mengajukan pertanyaan cerdas pada narasumbernya, omongannya sendiri juga sudah merupakan wejangan untuk kamu yang sedang belajar bisnis.

Baca juga : Mudah, Begini Cara Mengiklankan Video Youtube


4. SuccessBefore30

(Sumber: lifepal.co.id)

Membangun mindset bagi seorang pebisnis adalah hal penting.

Hal ini karena bisnis bukanlah hal yang mudah. Ketahanan kamu menggeluti dunia bisnis sangat bergantung pada mindset yang kamu bangun dan yakini.

Untuk belajar mengenai seperti apa mindset yang harus kamu bangun sebagai pebisnis, kamu dapat menyimak video bisnis yang berisi edukasi mengenai aspek-aspek kesuksesan serta bagaimana memulai membangun bisnis. Kanal SuccessBefore30 ini milik seorang pengusaha sukses bernama Chandra Putra Negara.

Selain pengusaha sukses, Chandra juga seorang penulis buku dan pembicara publik perihal belajar bisnis. Berdasarkan latar belakang ini, pandangan Chandra mengenai mindset berbisnis patut kamu dengarkan.


5. Rico Huang

(Sumber: Youtube.com)

Bisnis online sedang banyak digandrungi saat ini. Tentu saja karena memiliki pasar yang besar di Indonesia. Jika kamu juga ingin terjun dalam bisnis online, kamu bisa belajar bisnis online di kanal Youtube Rico Huang. Rico mulai berjualan sejak SMA.

Dalam perjalanannya berdagang, jualannya pernah merugi hingga belasan juta rupiah. Hal inilah yang menjadi titik awal Rico beralih ke bisnis online dengan membuka online shop. Berkat kegigihannya Rico kini sukses berbisnis online dan menjadi co-founder DropshipAja.Com yang merupakan supplier produk custom.

Jika kamu ingin materi belajar bisnis online yang lebih praktikal, kamu bisa menonton video bisnis di Youtube milik Rico Huang.

Di kanal Youtube-nya, Rico mengulas berbagai tema terkait belajar bisnis online dalam playlist khusus seperti cara tepat menjadi dropshipper, reseller, tips menarik pelanggan, hingga cara mendapatkan omset besar dari modal kecil.


6. Denny Santoso

(Sumber: Mebiso.com)

Ketika belajar bisnis online tentu saja tidak bisa lepas dari penjualan secara digital atau digital marketing.

Digital marketing adalah bidang yang harus kamu pelajari agar dagangan online-mu laris. Kamu bisa belajar digital marketing pada video bisnis di kanal Denny Santoso.

Pada kanal Youtube-nya terdapat playlist video bisnis Youtube khusus mengupas tuntas mengenai digital marketing. Pendiri Tribelio.com ini sudah dikenal reputasinya di bidang digital marketing.

Beliau juga seorang pengusaha sukse dan penulis buku-buku mengenai belajar bisnis online.


Demikian rekomendasi channel youtube untuk belajar bisnis. Jika kamu sedang mencari modal tambahan untuk ekspansi bisnismu, kamu bisa mempertimbangkan pinjaman modal KoinBisnis dari KoinWorks.

KoinBisnis menawarkan pinjaman tanpa agunan hingga 2 milyar rupiah dengan bunga rendah antara 0,75%-1,67% perbulan. Kemudahan lainnya adalah tenor yang fleksibel 6-24 bulan dapat dipilih sesuai kebutuhan.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.