HomeIde BisnisContoh B2B di Indonesia: Perusahaan dan Bisnis

Contoh B2B di Indonesia: Perusahaan dan Bisnis

Contoh B2B di Indonesia – Sebagai pelaku bisnis tentu saja penting untuk memiliki insight mengenai berbagai perkembangan dan juga istilah yang digunakan. Selain memperkaya pengetahuan, memahami lebih dalam tentang bidang yang sedang dijalani tentu dapat mempertajam insting saat di medan dan akan membuka peluang bisnis kedepan lebih besar lagi.

Disamping itu, dengan mengetahui istilahnya pelaku bisnis juga akan lebih mudah lagi dalam membentuk strategi yang tepat untuk diterapkan kepada target audiensya. Salah satu istilah bisnis yang kerap terdengar adalah B2B.

Pengertian B2B

B2B atau Business to Business adalah bentuk model bisnis yang memiliki target audiens bisnis lainnya. Dengan kata lain perusahaan tersebut menjual produk dan jasa kepada perusahaan lain yang membutuhkan.

Jadi, perusahaan B2B bukan menjual produk dan jasa kepada individu atau perseorangan. Dari sudut pandang ini, bisa disimpulkan kalau model bisnis tersebut juga memiliki cara pemasaran tersendiri untuk target audiens perusahaan.

Baca juga: Contoh E-Commerce B2B di Indonesia, Mana Yang Populer Digunakan?


Contoh Bisnis dan Perusahaan B2B di Indonesia

Di Indonesia sendiri contoh model bisnis B2B ada berbagai macam. Di bawah ini kami bahas beberapa contoh B2B di Indonesia sebagai gambaran untukmu.

1. Digital Agency

Familiar dengan jenis bisnis Digital Agency? Ya, ternyata Digital Agency merupakan salah satu contoh B2B di Indonesa yang cukup eksis keberadaannya. Digital Agency sendiri merupakan salah satu bisnis pelayanan jasa pemasaran yang bertugas untuk membantu perusahaan dan bisnis lain dalam melakukan promosi. Proses ini pun mengambil jalur digital sebagai media untuk melakukan promosinya.

Biasanya, dalam Digital Agency ada tim di belakang promosi bisnis tersebut. Ada designer yang bertugas dalam tampilan visual, content writer, copywriter dan juga social media officer. Tim ini yang nantinya akan berkolaborasi dalam proses kreatif untuk membuat promosi yang sesuai dengan karakter kliennya, yaitu bisnis yang menggunakan jasa Digital Agency tersebut.

Hasil dari proses kreatif ini biasanya dapat dilihat aset digital klien, mulai dari official website, microsite, hingga social media baik dalam bentuk revitalisasi tampilan website, konten, maupun social media post.

Baca juga: Mengenal Model Bisnis Ecommerce Sebelum Memulainya

2. Content Localization Service

Siapa sih yang tidak suka marathon film superhero kesayangan atau drama Korea di sela-sela kesibukan bekerja dari rumah? Pasti semua suka, terlebih hadirnya subtitle dan dubbing yang membuat kita betah untuk menyimak tayangan kesayangan sambil bersantai.

Semua ini tidak lepas dari peran Content Localization Service yang dapat memenuhi layanan untuk alih bahasa. Sebagai salah satu contoh B2B di Indonesia, mungkin bisnis Content Localization Service ini belum se-familiar itu. Namun, jika dilihat dalam kehidupan sehari-hari kita bisa menemukan berbagai produknya, mulai dari tayangan komersial di televisi, hingga layanan OTT atau Over The Top seperti Netflix.

Layanan Content Localization Service sendiri meliputi subtitle dan dubbing film atau series asing, bahkan voiceover iklan produk impor. Dengan adanya Content Localization Service ini, klien pun akan lebih mudah lagi menjangkau masyarakat dengan komunikasi konten yang lebih sesuai pada target audiens di wilayah tertentu.

3. Supplier Bahan Baku

Menjadi supplier bahan baku merupakan contoh B2B di Indonesia yang paling familiar. Bagaimana tidak? Cara kerjanya yang simpel dengan memasok bahan baku tertentu untuk proses produksi menjadikannya bisnis yang mudah dipahami.

Sebagai contoh, sebagai supplier sayuran hidroponik seorang pemilik kebun bisa menjual barang mentahnya kepada supermarket organik maupun restoran salad. Selain itu, bahan baku yang dijual juga bisa berupa jasa.

Misalnya, seseorang yang bertugas untuk menjadi supplier tenaga kerja kebersihan di kantor-kantor. Namun, supplier bahan baku lebih familiar dalam bentuk produk bahan mentahnya.

Baca juga: Contoh E-Commerce B2C di Indonesia Populer Untuk Berbisnis


Itulah tadi beberapa contoh B2B di Indonesia, cukup beragam bukan? Jika kamu tertarik untuk memulai bisnis serupa, KoinWorks siap membantumu. Sebagai solusi finansial, KoinWorks dapat memberikanmu akses permodalan.

Dengan KoinBisnis, kamu dapat menikmati kemudahan pinjaman modal usaha online yang mudah dan terjangkau hingga Rp 2 miliyar. Bunganya pun terjangkau, yaitu antara 0.75% sampai 1.67% per bulan.

Kamu juga tidak perlu takut, karena KoinWorks keamanannya sudah terjangkau dan terdaftar di OJK. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, kembangkan bisnis impianmu!


Temukan berbagai informasi menarik lainnya seputar ide bisnis, manajemen bisnis dan strategi memulai bisnis lainnya hanya di Entrepreneurcamp.id.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Miliki 12 Karakter Wirausahawan Sukses Berikut Ini

Karakteristik Wirausahawan Sukses- Menjadi seorang entrepreneur atau wirausahawan yang sukses membutuhkan karakter yang kuat agar dapat bertahan menghadapi segala tantangan dalam berbisnis yang penuh dengan...

Cara Membuat Website dengan Wix. Gratis, Mudah dan Cepat

Membuat Website Dengan Wix - Dewasa ini, website merupakan salah satu kebutuhan penting bagi suatu usaha bahkan untuk perorangan untuk keperluan branding maupun marketing....
Berlangganan Email

Berlangganan Email

Dapatkan panduan mengembangkan bisnis gratis lewat email. Masukkan email Anda dan dapatkan panduannya!

You have Successfully Subscribed!