HomeMarketingDigital Marketing7 Skill Digital Marketing yang Wajib Kamu Punya

7 Skill Digital Marketing yang Wajib Kamu Punya

Skill Digital Marketing – Laporan yang dirilis HootSuite dan We Are Social tentang pengguna internet global tahun 2021 menyatakan bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta jiwa atau sekitar 73,7% dari total populasi sebesar 274,9 juta jiwa. Data tersebut menunjukkan bahwa peran internet di tanah air kian besar sehingga para pebisnis pun harus memiliki skill digital marketing yang memadai untuk mencapai target bisnis.

Strategi digital marketing terus berkembang seiring berjalannya waktu. Selalu ada ilmu baru terkait digital marketing yang harus dipelajari dan diimplementasikan dalam proses pemasaran bisnis. Itulah sebabnya kamu harus memahami definisi serta berbagai skill digital marketing yang penting untuk mendukung kelangsungan bisnis.


Apa Itu Digital Marketing?

Sumber: GoodNewsFromIndonesia.id

Digital marketing adalah strategi pemasaran promosi sebuah brand melalui internet yang bertujuan meningkatkan omzet penjualan produk atau jasa brand tersebut. Tujuan digital marketing sebenarnya sama dengan strategi marketing konvensional, yaitu menarik perhatian pelanggan dan calon pelanggan dengan cepat serta memperluas pangsa pasar. Di samping itu, implementasi digital marketing yang tepat juga dapat mendukung personal branding bisnis supaya makin populer dan selalu diingat masyarakat.

Baca juga: Rekomendasi Kursus Digital Marketing Gratis dan Bersertifikat


7 Skill Digital Marketing yang Wajib Dimiliki 

Agar dapat meraih pangsa pasar secara maksimal dan mencapai target bisnis, kamu wajib memiliki 7 skill digital marketing berikut ini:

1. Pengelolaan Website

Skill Digital Marketing Pengelolaan Website
sumber: websitebasket.com

Keberadaan website sangat penting untuk menunjang profesionalitas bisnis. Jadi, pengelolaan website adalah skill yang wajib dikuasai saat belajar digital marketing. Sebenarnya, mengelola website tidak sesulit yang kamu bayangkan dan tidak membutuhkan kemampuan bahasa pemrograman tingkat tinggi.

Sekarang, kamu bisa mengandalkan perangkat lunak yang disebut Content Management System (CMS) untuk mengatur konten website.

Baca juga: Apa itu CMS ( Content Management System ) dan Kelebihan CMS


 

2. Search Engine Optimization (SEO)

Skill Digital Marketing SEO
sumber: fruitylogic.com

SEO adalah upaya optimasi konten agar muncul sebagai hasil teratas pada mesin pencarian. Konten internet berbentuk teks harus disertai dengan teknik SEO yang tepat supaya mudah ditemukan netizen dan lekas populer. Beberapa prinsip dasar SEO yang wajib diimplementasikan pada setiap konten, antara lain:

  • Menggunakan kata kunci yang populer dan sering dicari pengguna internet.
  • Memuat kata kunci lainnya yang berhubungan dengan kata kunci utama (semantic keyword).
  • Artikel relevan dengan kata kunci dan tidak terlalu pendek (minimal 500 kata).
  • Disertai gambar atau video pendukung.

Baca juga: Artikel SEO Friendly, Begini Cara Tepat Membuatnya!


3. Search Engine Marketing (SEM)

Skill Digital Marketing SEM
sumber: mbizmarket.com

Banyak orang menganggap skill digital marketing yang satu ini sama dengan SEO meskipun keduanya memiliki perbedaan. SEO dan SEM sama-sama bertujuan meningkatkan jumlah kunjungan netizen terhadap suatu konten. Bedanya, SEM dilakukan secara berbayar sedangkan SEO bisa diimplementasikan secara gratis.

Konsep SEM merupakan iklan berbayar yang mengharuskanmu mengeluarkan biaya berdasarkan intensitas klik pada iklan tersebut. Iklan berbayar wajib diselaraskan dengan keyword yang sesuai dengan bisnismu, contohnya keyword jual mobil populer akan menampilkan hasil pencarian teratas berupa iklan website tertentu.

Baca juga: Cara Mencari Keyword yang Paling Banyak Dicari


4. Social Media Marketing

Skill Digital Marketing Social Media Marketing
sumber: campaignasia.com

Kehadiran media sosial membawa keuntungan tersendiri bagi sektor bisnis. Kini, media sosial dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk mengembangkan personal branding, menarik perhatian calon pelanggan, dan memperluas pangsa pasar. Sebuah bisnis sebaiknya memiliki akun media sosial khusus agar bisa menarik perhatian netizen dan membangun komunikasi secara intensif dengan para pelanggan.

Strategi digital marketing yang satu ini tentu selalu berkembang karena kemunculan media sosial baru, misalnya keberadaan Tiktok yang mulai marak dijadikan media promosi sejak tahun 2020.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online di Media Sosial

5. Online Advertising

Skill Digital Marketing Online Advertising
sumber: foru.co.id

Skill digital marketing berupa online advertising juga tak kalah penting dibandingkan skill lainnya. Faktanya, iklan berbayar memang membutuhkan bujet khusus tetapi hasilnya sering kali lebih memuaskan daripada iklan organik.

Kamu harus memadukan konsep visual yang menarik dan informasi promosi yang jelas agar iklan online bisa menarik perhatian banyak netizen. Salah satu contohnya adalah banner iklan pembalut yang ditampilkan pada website bertema gaya hidup wanita modern.

Baca juga: Native Advertising: Pengertian, Jenis dan Keunggulannya

6. Video Marketing

Skill Marketing Video Marketing
sumber: digination.id

Tak dapat dipungkiri bahwa konten berformat audio visual (video) lebih digemari daripada konten audio atau visual karena dianggap lebih interaktif. Kecenderungan inilah yang membuat video marketing menjadi salah satu strategi digital marketing yang penting untuk mendukung bisnis.

Kamu bukan hanya harus memiliki kemampuan videografi dan video editing yang memadai, tetapi juga wajib membuat konten video secara konsisten untuk menarik perhatian netizen. Video marketing harus disertai info yang menarik dan berkaitan dengan tren yang sedang digandrungi agar tidak membuat netizen cepat bosan.

7. Email Marketing

Skill Marketing Email Marketing
sumber: techfor.id

Satu strategi digital marketing lagi yang wajib dikuasai adalah email marketing. Kamu harus membangun komunitas pelanggan yang solid agar dapat mempraktikkan strategi ini secara maksimal. Email marketing biasanya berisi info promosi bisnis terbaru yang dikirimkan kepada para pelanggan setia. Format email harus singkat, jelas, disertai ilustrasi menarik, dan tidak bertele-tele supaya mudah dimengerti oleh para penerimanya.

Bila kamu sudah belajar digital marketing dan menguasai 7 skill tersebut, niscaya kamu bisa mengembangkan bisnis secara maksimal di internet dan memenangkan persaingan pasar yang ketat. Kamu tak perlu mengkhawatirkan urusan keuangan bisnis karena bisa memulainya dengan modal kecil. Saat kamu membutuhkan tambahan pinjaman modal, ada KoinBisnis yang siap menjadi solusinya.

Baca juga: Video Marketing Instagram Cocok untuk Bisnis? Simak 7 Alasannya


KoinBisnis adalah fasilitas pinjaman tanpa agunan dari KoinWorks yang dapat dimanfaatkan untuk memperoleh tambahan modal bisnis. Bunga cicilan yang rendah (berkisar antara 0,75% sampai 1,67%), proses pencairan dana yang cepat, dan cara membayar cicilan yang mudah membuatmu tak perlu ragu memanfaatkan KoinBisnis.

Layanan KoinWorks yang satu ini sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga keamanannya terjamin. Kini, KoinBisnis juga menyediakan layanan Instant Approval yang membuatmu bisa memperoleh pinjaman dengan persetujuan otomatis mencapai 50 juta rupiah.

Yuk, cari tahu info selengkapnya tentang KoinBisnis agar masalah pinjaman modal usaha bisa segera diselesaikan.


 

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Apa Itu Valuasi: Cara Menghitung, Manfaat, dan Faktornya

Ketika mendengar berita, membaca artikel, ataupun melakukan diskusi seputar ekonomi dan investasi, kamu akan sering menemukan suatu istilah penting yakni valuasi. Istilah ini memang...

Apa itu Newsletter? Ini Manfaat dan Cara Membuatnya

Mungkin kamu belum memahami betul apa itu newsletter? Namun, tanpa sadar kamu bisa saja sudah menemukannya jika sering memeriksa email. Email yang berisikan promosi...

Apa itu Profit? Berikut Jenis dan Cara Menghitungnya

Melakukan bisnis harus melalui berbagai riset dan strategi, terutama dalam pengembangan produk dan pemasaran. Apabila kamu telah melakukan pemasaran dengan baik, maka kamu akan...

Ketahui Apa Itu ROI dan Cara Penghitungannya!

Setiap investasi pasti memiliki resiko keuntungan dan kerugian. Oleh karena itu, kedua aspek untung dan rugi tersebut perlu dilakukan perhitungan dan proyeksi terhadap investasi...

Apa Itu Seed Funding? Begini Cara Mendapatkannya

Apa itu seed funding? Seed funding adalah pendanaan tahap awal berbasis ekuitas yang dilakukan secara resmi. Setiap perusahaan pasti membutuhkan modal awal untuk bisa...
Berlangganan Email

Berlangganan Email

Dapatkan panduan mengembangkan bisnis gratis lewat email. Masukkan email Anda dan dapatkan panduannya!

You have Successfully Subscribed!