Di era digital seperti sekarang ini, jenis-jenis pemasaran online semakin canggih dan beragam.
Mulai dari memanfaatkan website, media sosial, hingga optimasi Search Engine Optimization (SEO).
Selain itu, beragam pemasaran online ini juga terbukti lebih efektif jika kamu bandingkan dengan pemasaran secara offline.
Bahkan, melakukan promosi bisnis secara online juga terbukti ampuh untuk menghemat budget promosi. Terlebih lagi, bagi kamu yang menjalankan bisnis e-commerce dan golongan startup.
Lalu, apa saja teknik dan strategi pemasaran bisnis online paling efektif? Yuk, simak artikel ini selengkapnya!
Daftar Isi
9 Jenis Pemasaran Online Paling Efektif
Langsung saja, ini dia macam macam pemasaran online paling efektif untuk meningkatkan omset bisnis, di era digital.
Simak penjelasan lengkapnya:
1. Social Media Marketing
Tidak bisa dipungkiri, saat ini media sosial menjadi gaya hidup dan tren bagi seluruh lapisan masyarakat di Indonesia.
Bahkan, media sosial juga menjadi wadah bertukar informasi terkait apa pun secara cepat, tanpa mengenal batasan wilayah.
Atas dasar inilah mengapa media sosial sangat efektif untuk menjadi strategi pemasaran online.
Melalui media sosial, bisnis yang kamu jalankan dapat teroptimasi sesuai dengan target pasar.
Bahkan, saat ini media sosial juga mempunyai fitur bisnis yang berfungsi sebagai platform pengelola bisnis untuk berbagai jenis produk.
Dari segi efektivitas, pemasaran lewat media sosial adalah strategi yang sangat ampuh di era digital ini.
Selain itu, media sosial merupakan wadah yang sangat tepat untuk proses branding dan promosi produk yang akan kamu jual.
2. Search Engine Optimization (SEO)
Jenis jenis pemasaran online kedua adalah strategi Search Engine Optimization (SEO).
Search Engine Optimization adalah sebuah metode optimasi bisnis di berbagai platform digital dengan memanfaatkan kata kunci secara spesifik.
Nantinya, melalui kata kunci inilah calon konsumen dapat dengan mudah mencari produk yang ingin mereka beli.
Selain itu, SEO juga dapat kamu manfaatkan sebagai tools untuk melakukan promosi di berbagai platform digital.
Namun, agar tools SEO pada produk atau bisnis tersebut efektif, maka perlu optimasi secara detail terkait struktur SEO itu sendiri.
Misalnya, optimasi kata kunci, tampilan platform yang user friendly, dan juga optimasi terkait konten promosi produk yang ingin kamu tawarkan.
3. Search Engine Marketing (SEM)
Search Engine Marketing (SEM) adalah sebuah tools pemasaran digital yang memanfaatkan media website mesin pencari sebagai wadah promosi.
Namun, untuk menggunakan SEM, kamu perlu membuat planning anggaran untuk pembayaran iklan pada platform Google.
Dari segi efektivitas, SEM tidak memerlukan struktur optimasi yang rumit.
Jadi, nantinya melalui SEM kamu hanya perlu menargetkan keyword bisnis, target pasar, dan jangkauan konsumen sesuai dengan strategi bisnis yang kamu kelola.
Kemudian, mesin pencari akan secara otomatis menampilkan platform bisnis kamu dalam urutan teratas mesin pencari, sesuai kata kunci.
Sangat mudah, bukan?
4. Email Marketing
Jenis-jenis pemasaran online keempat adalah email marketing.
Email marketing adalah strategi promosi dengan memanfaatkan email atau surat elektronik sebagai media informasi produk dan bisnis.
Strategi ini terbilang cukup efektif untuk proses branding dan melakukan promosi produk tertentu kepada konsumen.
Biasanya, email marketing berisi informasi, serta penawaran kepada konsumen dalam bentuk kalimat promosi yang disusun dengan tampilan menarik.
Namun, perlu kamu garis bawahi juga jika menggunakan email marketing sebagai media promosi, gunakanlah secara optimal.
Selain itu, hindari pengiriman email yang terkesan terlalu sering atau spam, agar konsumen tidak merasa terganggu dengan informasi bisnis yang kamu kirim tersebut.
5. Online Advertising
Macam-macam pemasaran online selanjutnya adalah online advertising.
Online advertising adalah strategi periklanan berbayar dengan memanfaatkan platform tertentu sebagai media promosi dan iklan digital.
Saat ini, banyak sekali platform yang bisa kamu manfaatkan untuk optimasi bisnis lewat strategi online advertising. Misalnya, iklan Facebook, Google Ads, Instagram Ads, dan lain sebagainya.
Strategi ini juga sangat efektif untuk meningkatkan omset bisnis dan branding, karena iklan teroptimasi akan tampil sesuai dengan struktur target pasar dari bisnis yang kamu kelola.
Selain itu, melakukan promosi lewat iklan digital juga terbukti ampuh untuk menghipnotis konsumen jika kamu eksekusi dengan konten yang menarik.
6. Influencer Marketing
Tak cukup hanya sebatas lewat media sosial saja, jenis pemasaran online selanjutnya adalah influencer marketing.
Influencer marketing sendiri adalah teknik pemasaran digital dengan cara melakukan kerja sama dengan pihak influencer ataupun content creator.
Nantinya, influencer ini akan melakukan promosi terkait produk yang kamu tawarkan melalui media sosial.
Memanfaatkan jumlah pengikut media sosial dengan jumlah yang banyak, influencer marketing diharapkan mampu menjaring konsumen baru.
Strategi promosi lewat influencer marketing ini terbilang efektif jika kamu eksekusi dengan matang.
Namun, pastikan kamu memilih influencer ternama dengan engagement akun yang tinggi agar calon konsumen tertarik untuk mencoba produk milikmu.
7. Instant Message Marketing
Hampir sama dengan email marketing, instant message marketing adalah strategi promosi dan branding bisnis dengan cara memberikan informasi kepada konsumen melalui platform chat.
Misalnya, promosi lewat WhatsApp, Facebook Messenger, Instagram, Telegram, dan lain sebagainya.
Kemudian, dalam chat tersebut kamu bisa memberikan informasi produk, promosi, atau branding dari bisnis yang kamu kelola.
Sama halnya dengan email marketing, penggunaan instant message marketing sebagai media promosi harus teroptimasi dengan baik dan benar.
Selain itu, hindari pengiriman pesan yang terkesan seperti spam dan berpotensi mengganggu konsumen.
8. Affiliate Marketing
Jenis pemasaran online selanjutnya, yaitu affiliate marketing atau kerjasama digital.
Affiliate marketing mempunyai tujuan untuk saling menguntungkan antara dua belah pihak. Cara ini dapat kamu lakukan dengan bisnis lain, yang bergerak di bidang yang hampir sama dengan bisnis yang kamu kelola (collabs).
Contohnya, perusahaan bisnis sepatu yang bekerja sama dengan bisnis kaos kaki.
Kedua produk tersebut memiliki keterkaitan satu sama lain, sehingga kamu bisa melakukan kerja sama dengan cara promosi digital dalam setiap pembelian produk sepatu.
Selain itu, kamu juga membuat konten promosi atau iklan digital di berbagai platform untuk keperluan branding bersama.
Hal tersebut tentu bermanfaat untuk menjaring konsumen baru, terutama bagi kamu yang saat ini sedang mengelola bisnis startup.
9. Content Marketing
Jenis pemasaran online terakhir, yaitu content marketing.
Content marketing adalah strategi bisnis yang cukup efektif di era digital. Melalui promosi konten, kamu dapat mempromosikan produk atau bisnis dengan mudah dan menjangkau target pasar yang sangat luas.
Selain itu, platform yang bisa kamu manfaatkan untuk menjalan strategi content marketing ini juga sangat beragam, mulai dari media sosial hingga website perusahaan sekalipun.
Sudah Tahu Apa Saja Jenis Pemasaran Online?
Itulah beberapa jenis pemasaran online paling efektif untuk branding dan meningkatkan omzet bisnis.
Bagi kamu yang saat ini sedang menjalankan bisnis, pemasaran digital adalah strategi terbaik agar usaha dapat berkembang.
Selain itu, optimalkan juga media sosial sebaik mungkin agar pendapatan bisnis terus meningkat!