HomeMarketingDigital MarketingStrategi Pemasaran Online yang Efektif untuk Mendukung Bisnis

Strategi Pemasaran Online yang Efektif untuk Mendukung Bisnis

Internet of Things (IoT) turut membawa perubahan besar bagi perkembangan bisnis di tanah air. Kamu bisa melakukan banyak hal dengan mengandalkan internet, mulai dari mencari referensi tren yang sedang digandrungi, melakukan strategi pemasaran online, hingga mendapatkan pinjaman modal usaha.

Beberapa strategi marketing online yang efektif di Indonesia dan mudah diterapkan, yaitu:


Content Marketing

Content marketing adalah strategi bisnis yang memberikan informasi tentang bisnis yang bersangkutan.

Informasi tersebut bisa berupa sejarah produk, inovasi terbaru yang sesuai kebutuhan masyarakat, manfaat dan tips, tutorial merawat produk, dan masih banyak lagi.

Strategi online marketing ini wajib dikemas secara menarik dengan format visual (infografis dan komik) dan audio visual (video ulasan dan iklan).

Saat ini, para pebisnis modern semakin kreatif menyajikan content marketing dengan format berupa ulasan produk (unboxing) dan web series.

Baca juga: Perbedaan Remarketing dan Retargeting


Visual Marketing

Sebenarnya, visual marketing adalah pengembangan strategi content marketing dengan fokus pada konten visual.

Minat baca yang minim di tanah air membuat strategi visual marketing lebih efektif karena mudah dipahami dan bisa menjangkau seluruh kalangan usia.

Bisnis yang ingin menggunakan strategi visual marketing harus memiliki staf yang ahli di bidang desain visual dan editing video.

Sehingga bisnis tersebut bisa memperlihatkan personal branding yang berkesan di mata masyarakat.

Baca juga: Apa itu GDN (Google Display Network)?


Mobile Marketing

Hampir sama dengan visual marketing, mobile marketing juga merupakan hasil pengembangan konsep content marketing.

Strategi marketing online yang satu ini membidik target pasar dari kalangan pengguna smartphone dan tablet PC.

Ciri khas mobile marketing adalah tampilan konten yang mobile friendly, tepat sasaran, dan tidak terlalu kompleks sehingga nyaman disimak melalui perangkat mobile.

Konsep visual mobile marketing juga dirancang sedemikian rupa supaya terlihat menarik dan membuat netizen betah berlama-lama mengakses informasi dari perangkat mobile.


Search Engine Optimization (SEO)

SEO adalah strategi pemasaran online menggunakan kata kunci tertentu yang banyak digunakan netizen di mesin pencarian.

Hingga saat ini, SEO memegang peranan penting dalam meningkatkan popularitas bisnis. Contohnya, brand bisnis yang mengusung produk keripik pedas menggunakan kata kunci “manfaat makanan pedas” dan “keripik pedas murah” agar produknya muncul di halaman teratas pada mesin pencarian.

Selain mengandalkan kata kunci tertentu, teknik SEO juga harus disertai dengan muatan konten yang relevan dan panjang teks yang memadai.

Pada umumnya, konten yang memuat minimal 600 kata lebih mudah muncul di mesin pencarian dibandingkan konten yang muatannya lebih singkat.


Drip Marketing

Drip marketing (juga dikenal dengan istilah continuous marketing) adalah strategi pemasaran bisnis yang kerap dilakukan secara perlahan-lahan dan butuh waktu lama, persis seperti menunggu tetesan-tetesan air.

Strategi pemasaran online ini biasanya dilakukan melalui email dan media sosial. Tim marketing menyiapkan bahan untuk dikirim atau dipublikasikan secara berulang-ulang dalam jangka waktu lama.

Sehingga bisnis dapat membangun personal branding sekaligus menarik masyarakat untuk membeli produk atau jasanya.

Contohnya, portal lowongan kerja online senantiasa menyajikan informasi ringan, kekinian, dan sesuai dengan tren yang sedang viral untuk menggugah ketertarikan generasi muda pencari kerja.


Native Advertising (Native Ads)

Kemunculan iklan di halaman website memang menyebalkan. Itulah sebabnya inovasi berupa native advertising dihadirkan sebagai strategi marketing online yang tidak mengganggu kenyamanan netizen. 

Native advertising adalah strategi pemasaran berupa iklan yang ditampilkan dengan mengikuti format sesuai layout website atau media placement yang bersangkutan.

Misalnya, website yang membahas gaya hidup wanita memuat iklan pembalut di bagian bawah website dengan desain banner yang sangat mirip dengan tampilan website tersebut.

Native advertising merupakan revolusi besar di dunia periklanan karena tampilannya lebih menyerupai konten daripada iklan sehingga netizen lebih tergugah untuk mengetahui info selengkapnya tentang iklan tersebut.

Baca juga: Native Advertising: Pengertian, Jenis dan Keunggulannya


Integrated Digital Marketing

Gabungan beberapa strategi pemasaran online dikenal dengan istilah integrated digital marketing.

Bisnis yang menggunakan konsep integrated digital marketing biasanya memanfaatkan semua sumber daya digital, mulai dari blog, media sosial (Facebook, Instagram, Youtube, Tiktok), kontak pribadi (WhatsApp), dan aplikasi lainnya.

Sehingga netizen lebih mudah mengakses bisnis tersebut untuk berbagai kebutuhan, mulai dari menyimak informasi, melakukan pemesanan, membuat ulasan produk, hingga menyampaikan komplain.

Integrasi sistem pemasaran online secara tak langsung menunjukkan kalau brand bisnis tersebut sudah kredibel dan profesional dibandingkan kompetitor tanpa strategi yang sama.

Di antara beberapa strategi online marketing tersebut, manakah yang sudah kamu terapkan untuk meningkatkan popularitas bisnismu?

Jangan malas mengeksplorasi berbagai strategi online marketing supaya bisa memperoleh hasil terbaik.


Soal tambahan modal bisnis, kini kamu tak perlu bingung lagi karena ada KoinBisnis yang siap jadi solusinya.

KoinBisnis adalah fasilitas pinjaman tanpa agunan dari KoinWorks dengan bunga rendah (berkisar antara 0,75% hingga 1,67%) untuk mendukung pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tanah air.

Kalau kamu memanfaatkan KoinBisnis untuk memperoleh tambahan modal bisnis, kamu bebas menentukan tenor pinjaman sesuai kebutuhan (antara 6 hingga 24 bulan).

Proses pencairannya sangat cepat dan hanya membutuhkan waktu satu sampai tiga hari saja. Selain itu, proses pembayarannya pun mudah karena bisa dilakukan melalui rekening virtual dengan sistem penagihan sesuai prosedur Otoritas Jasa Keuangan (OJK).



Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Cara Berjualan Di Lazada, Ramah Untuk Pemula!

Cara Berjualan di Lazada - Adaptasi bisnis ke dunia digital menjadi sebuah langkah yang tepat. Terlebih saat semua serba canggih seperti sekarang ini, memutuskan...

Cara berjualan Di Tokopedia, Mudah Untuk Pemula!

Cara Berjualan di Tokopedia - Siapa yang tidak kenal Tokopedia? Platform untuk berbelanja secara online yang sangat nyaman digunakan ini begitu familiar di telinga...