Raih Omset 10 Juta Pertama di Shopee – Popularitas Shopee di tanah air sejak beberapa tahun terakhir memang tak perlu diragukan lagi. Walaupun eksistensinya terbilang baru dibandingkan Tokopedia, BukaLapak, dan Lazada, Shopee berhasil merebut hati mayoritas pengguna e-commerce di Indonesia.

Data iPrice menyatakan bahwa Shopee mendapatkan 71,5 juta kunjungan selama kuartal-1 2020. Jumlah kunjungan tersebut berbanding lurus dengan peningkatan transaksi jual beli di Shopee.

Tak mengherankan jika omset penjualan bisnis online di Shopee rata-rata mengalami peningkatan selama tahun 2020.

Cara meningkatkan omset penjualan di Shopee ternyata tidak sesulit yang kamu bayangkan. Kamu bisa meraih omset 10 juta pertama di Shopee dengan menerapkan tujuh strategi berikut ini:


1. Meningkatkan Kualitas Produk Secara Konsisten

Hal pertama yang patut kamu lakukan untuk meningkatkan omset penjualan adalah meningkatkan kualitas produk secara konsisten. Calon pelanggan yang terbiasa menggunakan e-commerce kini lebih cermat membandingkan kualitas produk sebelum membeli.

Oleh sebab itu, kamu harus berkomitmen menghadirkan produk berkualitas sesuai ekspektasi pelanggan sehingga risiko kekecewaan pelanggan dapat diminimalkan.

Jika saat ini kamu masih bekerja sama dengan pihak supplier, maka kamu harus memilih supplier terbaik yang mampu menyediakan produk berkualitas secara berkesinambungan.

Jangan menyerah untuk meraih omset 10 juta pertama di shopee!

2. Mengunggah Foto dan Deskripsi Produk yang Jelas

Pelanggan biasanya melakukan transaksi jual beli di Shopee ketika sudah yakin dengan seller pilihannya. Salah satu strategi efektif untuk meyakinkan pelanggan Shopee yaitu mengunggah foto dan deskripsi produk yang jelas. Usahakan untuk menyiapkan foto beresolusi tinggi tanpa kesan blur.

Kemudian, jangan lupa menulis deskripsi produk dengan detail agar pelanggan tidak repot mencari informasi produk sebelum membeli. Foto dan deskripsi produk yang jelas menandakan bahwa kamu adalah seller Shopee yang profesional.

3. Memperbanyak Diversifikasi Produk

Diversifikasi (penganekaragaman) produk juga menjadi cara meraih omset 10 juta pertama di shopee yang berikutnya. Sebaiknya kamu menyiapkan jenis produk yang beragam dari segi ukuran, warna, maupun motif.

Ketersediaan produk yang beragam akan membuat calon pelanggan leluasa memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan seleranya. Risiko calon pelanggan beralih ke seller lain pun akan semakin kecil jika kamu bisa menyiapkan pilihan produk yang beragam.

4. Mengikuti Momen Diskon Secara Rutin

Shopee menerapkan strategi pemasaran yang membuatnya berhasil mengungguli para kompetitor, yaitu ajang diskon besar-besaran secara rutin. Selain memanfaatkan momen hari raya seperti Idul Fitri, Natal, dan Imlek, momen diskon lainnya juga dilakukan di tanggal cantik (misalnya tanggal 9-9 atau 11-11) dan hari belanja online nasional (Harbolnas).

Kamu harus memanfaatkan momen diskon besar-besaran Shopee sebagai momentum untuk meningkatkan omset penjualan secara drastis. Mayoritas pengguna Shopee akan meluangkan waktu untuk berbelanja pada momen diskon tersebut. Kamu harus memanfaatkannya dengan cara menjual produk secara diskon dan menjual produk-produk baru.

5. Menggunakan Fitur Iklanku di Shopee

Iklanku adalah salah satu fitur promosi Shopee yang dapat membantumu meningkatkan intensitas kemunculan produk (exposure) sehingga bisa menjangkau lebih banyak pelanggan. Kamu hanya perlu menentukan keyword terbaik yang sering digunakan pelanggan Shopee agar penggunaan fitur Iklanku semakin tepat sasaran.

Ketika calon pelanggan mencari produk menggunakan keyword yang berhubungan dengan produkmu, maka produk yang kamu iklankan akan muncul pada hasil pencarian teratas di Shopee. Hal ini akan membuat produkmu jadi lebih menarik karena mudah ditemukan calon pelanggan.

Kamu hanya perlu membayar biaya penggunaan Iklanku sesuai performa per klik yang kamu dapatkan. Jadi, biaya yang kamu keluarkan tentu sebanding dengan popularitas yang kamu peroleh di Shopee. Upaya meningkatkan omset penjualan pun akan berlangsung mulus kalau kamu jeli memanfaatkan fitur Iklanku.

6. Memanfaatkan Fitur Voucher Toko

Para pelanggan Shopee biasanya gemar berbelanja di toko yang memberikan voucher diskon. Jadi, sebaiknya kamu memanfaatkan hal tersebut sebagai salah satu cara meningkatkan omset penjualan di Shopee.

Siapkan voucher toko untuk pelanggan yang sudah follow toko Shopee-mu. Voucher diskon tersebut bisa digunakan saat pelanggan berbelanja dengan jumlah minimal yang sudah kamu tetapkan.

Baca juga: Dapatkan Omset 10 Juta Pertama di Tokopedia

7. Melakukan Promosi di Media Sosial

Peningkatan transaksi jual beli di Shopee juga erat kaitannya dengan promosi di media sosial. Sebaiknya kamu menyiapkan akun media sosial khusus bisnis online di Instagram, Facebook, dan Tiktok. Sekarang, metode promosi dengan teknik unboxing sedang populer di Instagram dan Tiktok.

Kamu harus membuat video unboxing untuk menarik perhatian para pengguna media sosial. Video tersebut harus menonjolkan kelebihan produkmu, misalnya harga yang terjangkau, banyak bonus produk lainnya, sangat bermanfaat, atau membuat rumah kelihatan lebih estetik.

Jangan lupa mencantumkan nama toko Shopee-mu di media sosial supaya pengguna media sosial bisa mengaksesnya secara mudah.


Usai menyimak ulasan ini, kamu pasti tak akan kesulitan menerapkan strategi untuk meningkatkan omset penjualan di Shopee. Soal urusan tambahan modal, kamu bisa mendapatkan solusinya dengan memanfaatkan KoinBisnis.

KoinBisnis adalah fasilitas pinjaman tanpa agunan dari KoinWorks dengan bunga rendah (antara 0,75% hingga 1,67%) yang dapat membantu memenuhi kebutuhan modal bisnis. Kamu bisa menyesuaikan tenor pinjaman dengan kondisi finansialmu, mulai dari 6 hingga 24 bulan.

Proses pencairan dananya berlangsung sangat cepat dan praktis, berkisar antara 1 hingga 3 hari langsung ke rekening bank-mu. Proses pembayaran melalui rekening virtual juga membuatmu tak perlu repot melunasi cicilan setiap bulan.

Masalah modal tak akan lagi menghambat bisnismu jika kamu memanfaatkan KoinBisnis secara cermat.

KoinBisnis dari KoinWorks siap mendukungmu mengembangkan bisnis online secara maksimal!


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.